Cara Mudah Melacak Akun Facebook yang Palsu, Anti Ketipu!

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna dan sudah menjadi jejaring bagi jutaan penggunanya. Beberapa orang menggunakan Facebook ini untuk berbuat yang tidak baik. Ada juga yang mencuri informasi pengguna lain untuk mendapatkan keuntungan darinya. Bahkan ada yang sampai menghancurkan nama baik seseorang melalui Facebook.

0

Penggunaannya yang mudah membuat beberapa oknum memanfaatkan Facebook untuk membuat akun palsu yang digunakan untuk hal – hal yang bersifat merugikan orang lain. Pengguna akun palsu ini membuat akun tersebut dengan berbagai tujuan. Ada yang hanya sekedar iseng saja, ingin mematai – matai orang lain atau bahkan menggunakannya untuk penipuan. Tidak sedikit pengguna Facebook  terganggu dengan adanya oknum tidak bertanggung jawab yang membuat akun palsu tersebut.

Facebook bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang. Penggunaannya yang mudah membuat beberapa oknum memanfaatkan Facebook untuk membuat akun palsu yang digunakan untuk hal – hal yang bersifat merugikan orang lain. Pengguna akun palsu ini membuat akun tersebut dengan berbagai tujuan. Ada yang hanya sekedar iseng saja, ingin mematai – matai orang lain atau bahkan menggunakannya untuk penipuan.

Tidak sedikit pengguna Facebook  terganggu dengan adanya oknum tidak bertanggung jawab yang membuat akun palsu tersebut. Pasti menyebalkan sekali bila ada akun Facebook yang tidak dikenal tiba – tiba sering mengirim pesan kepadamu, seperti diteror oleh orang yang tidak diketahui. Jika kamu mengalami hal ini, maka jangan diabaikan begitu saja guys. Kamu bisa kok melacak akun Facebook yang palsu tersebut. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna dan sudah menjadi jejaring bagi jutaan penggunanya. Beberapa orang menggunakan Facebook ini untuk berbuat yang tidak baik. Ada juga yang mencuri informasi pengguna lain untuk mendapatkan keuntungan darinya. Bahkan ada yang sampai menghancurkan nama baik seseorang melalui Facebook. Berikut adalah langkah – langkah melacak akun Facebook yang palsu:

  • Ambillah foto profil akun Facebook palsu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengambil foto profil yang digunakan oleh akun palsu tersebut. Setelah itu, masuklah ke dalam browser yang ada di perangkat yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan Google agar lebih mudah. 

  • Bukalah Google di browser yang kamu gunakan

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka Google di browser yang kamu gunakan. Setelah itu, klik ikon kamera yang terdapat di bagian kanan atas kolom pencarian tersebut. 

  • Masukkan foto atau alamat url foto profil akun palsu

Masukkan foto dari akun Facebook palsu yang sudah kamu ambil tadi ke Google. Kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan meng-copy alamat url dari foto profil tersebut, lalu melakukan search by image. 

  • Lihatlah hasil yang diberikan

Google akan memberikan kamu semua data yang berkaitan dengan foto profil tersebut. Kamu akan bisa menjawab kecurigaanmu selama ini. Akun yang menggunakan foto profil yang digunakan orang lain bisa kamu curigai sebagai fake account guys. Namun jika data yang keluar hanya satu – satunya dari pengguna tersebut, maka bisa dikatakan akun tersebut asli guys.

Facebook juga sudah melakukan kerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk memberantas akun palsu ini dan juga masalah – masalah yang mungkin akan ditimbulkan oleh akun tersebut. Pihak Facebook akan mencatat alamat IP yang digunakan semua akun beserta lokasinya saat GPS diaktifkan. Maka Facebook hanya perlu memfilter nama akun yang menggunakan IP yang sama dengan IP fake account ini untuk melacaknya. Meskipun akun palsu menggunakan VPN, polisi tetap bisa melacak IP sebenarnya dengan cara khusus. 

Salam teknologi! Begitulah caranya mengecek apakah akun Facebook yang sering mengikutimu palsu atau memang asli guys.

Kamu bisa juga membawa masalah ini ke polisi jika memang sudah sangat merugikan agar diberikan penanganan lebih lanjut. Sebaiknya kamu waspada dengan memperhatikan dulu akun yang menghubungimu, baik dari profil dan juga aktivitasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.