Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Pada Layar Sentuh Android

Penurunan kinerja layar sentuh ini bisa dilihat dari responnya yang kurang cepat. Namun kalian tak perlu khawatir jika hal ini terjadi guys. Kamu juga tak harus membawanya ke tempat service HP. Solusi dari permasalahan ini bisa kamu atasi dengan cara melakukan kalibrasi pada layar sentuh tersebut. Yuk simak cara melakukan kalibrasi pada layar sentuh Android berikut ini!

0

Komponen yang satu ini sangat memiliki peran penting dalam mengoperasikan Android guys. Androidmu akan sulit digunakan jika ada masalah yang terjadi pada layar sentuhnya tersebut. Ditambah lagi dengan kondisi dimana hampir semua HP sekarang sudah mengusung teknologi layar sentuh ini yang membuatnya semakin penting. Terkadang kinerja layar sentuh ini juga mengalami penurunan meskipun sudah kamu rawat sedemikian rupa.

Layar sentuh adalah salah satu komponen utama dari Android yang akan membuat ponsel bisa digunakan secara optimal. Komponen yang satu ini sangat memiliki peran penting dalam mengoperasikan Android guys. Androidmu akan sulit digunakan jika ada masalah yang terjadi pada layar sentuhnya tersebut. Ditambah lagi dengan kondisi dimana hampir semua HP sekarang sudah mengusung teknologi layar sentuh ini yang membuatnya semakin penting.

Terkadang kinerja layar sentuh ini juga mengalami penurunan meskipun sudah kamu rawat sedemikian rupa. Penurunan kinerja layar sentuh ini bisa dilihat dari responnya yang kurang cepat. Namun kalian tak perlu khawatir jika hal ini terjadi guys. Kamu juga tak harus membawanya ke tempat service HP. Solusi dari permasalahan ini bisa kamu atasi dengan cara melakukan kalibrasi pada layar sentuh tersebut. Yuk simak cara melakukan kalibrasi pada layar sentuh Android berikut ini!

Cara melakukan kalibrasi layar sentuh Android menggunakan Touchscreen Callibration

Kalibrasi layar sentuh Android bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi tambahan yang menyediakan fitur tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan dalam hal ini adalah Touchscreen Callibration. Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena kamu akan dipandu guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi Touchscreen Callibration di Android. Kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store yaa guys. Jadi tak usah khawatir mengenai keamanan aplikasi ini ya.
  2. Bukalah aplikasi yang sudah terpasang tersebut dan kamu akan dibawa ke laman utamanya guys.
  3. Tekan tombol calibrate untuk memulai proses kalibrasi layar sentuh Androidmu tersebut. Kamu akan dipandu untuk tahapan selanjutnya guys.
  4. Kamu harus melakukan beberapa hal sesuai yang diminta, seperti ketukan tunggal, ganda, sentuhan lama, geser dan juga zoom. 
  5. Notifikasi berupa kotak dialog akan muncul jika proses kalibrasi ini sudah selesai dilakukan. Kamu akan diminta melakukan restart guys, klik tombol OK pada kotak dialog tersebut.
  6. Lakukan restart pada ponselmu sesuai yang diminta dan selesai deh!

Cara melakukan kalibrasi menggunakan Screen Repair and Callibrator

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kalibrasi layar sentuh Android adalah Screen Repair and Callibrator. Aplikasi ini akan membuat peforma layar sentuh Androidmu meningkat setelah melakukan kalibrasi guys. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi Screen Repair and Callibrator pada ponselmu sesuai dengan langkah – langkah biasanya. Nama aplikasi ini akan berubah menjadi TouchScreen Repair ketika sudah dipasang di ponselmu guys.
  2. Bukalah aplikasi yang sudah terpasang di Androidmu tersebut.
  3. Mulai proses kalibrasi layar sentuh Androidmu dengan cara menekan tombol Start pada tampilan awal aplikasi tersebut.
  4. Lakukan 3 stage sesuai yang diminta oleh aplikasi tersebut. Kamu hanya perlu menekan setiap kotak yang disediakan guys.
  5. Kotak dialog akan muncul dan tekan OK.
  6. Lakukan restart pada ponselmu tersebut dan selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan kalibrasi layar sentuh pada Androidmu yaa guys. Caranya mudah dan tidak ribet kan. Jadi tak perlu panik duluan ya kalau layar sentuh Androidmu tidak bekerja seperti biasanya. Tinggal lakukan kalibrasi saja kok. Semoga berguna.

READ  Cara Mudah Melakukan Restart iPHone yang Bermasalah

Leave A Reply

Your email address will not be published.