Cara Mudah Melakukan Monetize pada Akun Youtube

0

Hello guys!

Youtube kini menjadi platform tempat berbagi video terbesar di dunia. Hal ini bukanlah hal yang mengherankan mengingat membuat konten di platform ini bisa membuat penggunanya kaya raya guys. Pandemi Covid-19 sekarang ini membuat semakin banyak orang tergiur untuk mencari uang dari rumah menggunakan kreativitas yang dimiliki. Sebenarnya ada banyak sekali cara mencari uang melalui Youtube. Namun cara yang paling umum digunakan adalah dengan melakukan monetize pada akun.

Semua orang yang mempunyai akses internet dan kamera seperti kamera profesional atau smartphone bisa menjadi content creator di Youtube. Tentu saja tidak semua content creator ini menjadi partner atau digaji oleh Youtube. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Jumlah pengguna Youtube yang semakin banyak menjadi Youtube membuat aturan dan syarat melakukan monetize menjadi semakin ketat. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki akun yang terverifikasi, memiliki jam tayang minimal 4000,memiliki subscriber 1000 keatas, memiliki akun Adsense dan juga yang paling penting adalah tidak melanggar kebijakan Youtube.

Cara monetize akun Youtube sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selama kamu memenuhi syarat – syarat agar akun kamu bisa dimonetize. Tentu saja tidak mudah untuk memenuhi semua syarat yang diminta. Butuh kerja keras dan juga konsistensi supaya syarat – syarat tersebut tercapai. Jadi kamu harus selalu semangat dan giat guys. Lalu bagaimana sih cara melakukan monetize pada akun Youtube? Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar Google AdSense. Tentu saja kamu wajib memiliki akun Youtube terlebih dahulu guys. Kunjungilah situs Google AdSense pada alamat https://www.google.com/adsense/start/. Setelah itu, klik Mulai pada pojok kanan atas halaman.
  2. Masukkan URL channel Youtube milik mu pada kolom Your Website. Selanjutnya, masukkan juga email di kolom selanjutnya. Jika sudah selesai, klik Save & Continue.
  3. Bukalah channel Youtube milikmu, lalu loginlah ke Youtube tersebut. Setelah itu, klik pada foto profilmu di pojok kanan, lalu klik pada opsi Your Channel untuk membuka channel Youtube-mu.
  4. Setelah masuk ke channel milikmu tersebut, klik opsi Youtube Studio  yang terdapat pada bagian kanan atas halaman tersebut untuk masuk ke menu Dashboard.
  5. Klik opsi Monetization pada laman Youtube Studio tersebut yang ada di kolom sebelah kiri. Jika akunmu sudah memenuhi syarat yang diminta, maka kamu akan diminta menyetujui persyaratan menjadi Youtube Partner program. Klik opsi Accept jika kamu menyetujuinya.
  6. Kamu akan diminta untuk menyambungkan ke akun Youtube AdSense-mu. Kamu bisa langsung melanjutkannya jika belum memiliki akun AdSense. Klik Create Account, lalu masukkan identitas pribadi yang diminta secara akurat. Langkah ini sangat penting untuk memastikan kode verifikasi AdSense terkirim ke alamatmu guys. Klik tombol Submit jika sudah selesai.
  7. Tunggu proses review dari pihak Youtube.
  8. Kamu bisa mengatur iklan yang masuk jika akunmu sudah disetujui untuk di monetize. Klik Start pada Set monetization preference. Kamu bisa mengatur peletakan iklan yang akan berpengaruh terhadap pendapatan AdSense milikmu guys. Ada 4 pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu Display Ads, Overlay Ads, Skippable Ads dan Sponsored Cards.

Baca Juga : .

  1. Cara Menonaktifkan Mode Terbatas Aplikasi Youtube
  2. Cara Menjadi Youtber Sukses Dengan 10 Langkah Mudah
  3. Cara Nonton Live Streaming di Youtube
  4. Cara Memblokir Youtube di Laptop atau PC

Nah, begitulah caranya melakukan monetisasi pada akun Youtube milikmu guys. Tunggu apalagi jika kamu punya akses internet dan juga kamera. Semua orang bisa menjadi Youtuber sekarang. Tentu saja kamu membutuhkan kreativitas. Daan sebaiknya konten yang kamu upload tersebut positif dan bermanfaat ya guys. Selamat mencoba!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.