Cara Mudah Melakukan Screenshot di PC atau Laptop

0

Hello guys!

Screenshot seringkali kita lakukan untuk menyimpan informasi yang tertera di layar, baik di ponsel maupun di laptop atau PC. Tidak sedikit orang yang kebingungan bagaimana caranya melakukan screenshot di laptop atau PC. Kebanyakan pengguna laptop atau PC menggunakan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot. Apakah benar hanya dengan menekan tombol tersebut saja? Ternyata ada loh cara lainnya juga yang bisa kamu gunakan guys.

Sistem operasi Windows, baik Windows 7, Windows  maupun Windows 10 mempunyai beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot guys. Jadi kamu tak perlu khawatir ataupun panik jika ternyata tombol Print Screen (prtsc) yang terdapat di laptop ataupun PC yang kamu gunakan tidak berfungsi guys. Ada metode lain yang bisa kamu gunakan. Lalu bagaimana saja sih caranya mengambil screenshot di laptop atau PC tersebut? Yuk simak cara yang bisa kamu gunakan berikut ini!

Cara mengambil screenshot dengan menekan Print Screen

Cara pertama yang kita bahas adalah dengan memanfaatkan tombol Print Screen guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah halaman yang ingin kamu ambil screenshot di PC ataupun laptop yang kamu gunakan.
  2. Tekanlah tombol Prt Sc yang terdapat pada sudut kiri atas pada tombol di laptop atau PC yang kamu gunakan. Hasil screenshot yang kamu ambil tersebut akan tersimpan pada clipboard dan kamu tinggal melakukan paste saja ke tempat lain.
  3. Bukalah aplikasi Paint lalu tempelkan hasil screenshot yang sudah kamu ambil tadi ke aplikasi tersebut. Setelah itu, tekanlah tombol Save untuk menyimpan hasil screenshot tersebut guys. 

Cara mengambil screenshot di PC menggunakan tombol Alt+Print Screen

Kombinasi tombol lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di PC ataupun laptop adalah Alt+Print Screen. Kamu bisa menggunakannya untuk mengambil screenshot pada jendela yang sedang aktif saja guys. Jadi tidak mengambil semua layar ya. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah tampilan yang akan kamu ambil screenshot. Misalnya saja screenshot saat sedang bermain game.
  2. Tekanlah kombinasi tombol Alt+Prtsc secara bersamaan untuk menyimpan rekaman layar pada clipboard.
  3. Bukalah aplikasi Paint yang ada di laptop atau PC, lalu tekan tombol paste untuk memindahkah hasil screenshot tadi guys.
  4. Simpan hasil screenshot dengan menekan tombol Save dan selesai deh!

Cara mengambil screenshot di PC dengan menekan tombol Windows+Print Screen

Kombinasi tombol Windows dan Print Screen juga bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot guys. Cara yang satu ini memungkinkan kamu untuk menyimpannya langsung tanpa perlu mengeditnya dengan Paint. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah halaman yang akan kamu ambil rekaman layarnya. 
  2. Tekanlah kombinasi tombol Windows dan juga Prt Sc secara bersamaan. 
  3. Lihatlah hasil screenshot yang sudah kamu ambil tersebut di folder C:Users[nama user]\Pictures\Screenshots.
  4. Selesai deh!

Baca Juga : 

  1. Cara Scren shot Panjang di Android
  2. Cara Screenshot di Smartphone Vivo
  3. Cara Menggunakan fiter Screenshot Pada Windows 10
  4. Cara Screenshot Realme X2
  5. Cara Backup SMS Smartphone Android Otomatis

Nah, itulah 3 metode yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot pada PC atau laptop yaa guys. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhanmu ya. Apakah ingin mengambil semua layar atau jendela yang aktif saja. Kamu juga bisa memilih apakah ingin mengedit hasil screenshot atau langsung menyimpannya tanpa perlu melalui proses pengeditan. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.