Cara Mudah Melakukan Setting pada TP Link, Internet Makin Kencang!

Router merupakan salah satu perangkat atau komponen penting yang berfungsi utuk menhubungkan dua jaringan atau lebih, sehingga jumlah perangkat yang bisa terhubung pada jaringan bisa lebih banyak. Router ini bisa menyediakan koneksi internet bagi perangkat apapun yang terhubung dengannya.

0

TP Link merupakan salah satu router WiFi terbaik yang memiliki kualitas yang tak perlu kamu ragukan lagi. Router ini banyak digunakan oleh para pemilik WiFi. Apakah kamu baru saja membeli router TP Link namun tidak tau bagaimana cara melakukan setting pada router tersebut? Wajar saja hal ini terjadi jika kamu adalah pengguna baru guys. Kamu tak perlu bingung dan memanggil teknisi untuk melakukan hal ini. Kamu juga bisa kok melakukan setting pada sendiri pada router TP Link ini.

Router merupakan salah satu perangkat atau komponen penting yang berfungsi utuk menhubungkan dua jaringan atau lebih, sehingga jumlah perangkat yang bisa terhubung pada jaringan bisa lebih banyak. Router ini bisa menyediakan koneksi internet bagi perangkat apapun yang terhubung dengannya. TP Link merupakan salah satu router WiFi terbaik yang memiliki kualitas yang tak perlu kamu ragukan lagi.

Router ini banyak digunakan oleh para pemilik WiFi. Apakah kamu baru saja membeli router TP Link namun tidak tau bagaimana cara melakukan setting pada router tersebut? Wajar saja hal ini terjadi jika kamu adalah pengguna baru guys.

Kamu tak perlu bingung dan memanggil teknisi untuk melakukan hal ini. Kamu juga bisa kok melakukan setting pada sendiri pada router TP Link ini. Caranya tidak terlalu sulit kok untuk dilakukan.  Yuk simak bagaimana cara melakukan setting pada router TP Link berikut ini!

Cara melakukan setting pada router TP Link

Router tidak hanya bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat saja. Namun juga bisa digunakan sebagai Access Poin dan Repeater. Perangkat ini bisa mengembalikan sinyal yang hilang di ruangan – ruangan yang sulit menangkap sinyal. Berikut adalah langkah – langkah melakukan setting pada router TP Link:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyalakan router. Pastikan semua kabel sudah tersambung dan masukkan jack yang satunya ke input daya router yang terletak pada bagian belakang.
  2. Sambungkan router ke modem menggunakan kabel. Masukkan salah satu kabel ke port internet atau WAN. Biasanya port tersebut berwarna biru atau abu – abu. Sambungkan kabel yang satunya ke port Ethernet atau LAN yang mempunyai LAN berwarna kuning. Pastikan kabel yang kamu pasang tidak tertukar dan perangkat modem sudah dikenali dengan router
  3. Hubungkan komputer pada router. Hindari menggunakan koneksi WiFi dari router selama proses instalasi berlangsung supaya koneksi stabil.
  4. Sekarang buka web TP-Link dan masukkan alamat web http://linkwifi.net ke dalam address bar. Kamu juga bisa membukanya menggunakan alamat IP http://192.168.1.1 atau http://10.0.0.1
  5. Lakukan login ke akun TP Link dengan memasukkan username dan password. Biasanya username dan password default adalah admin. Kamu bisa memastikannya dengan mengecek terlebih dahulu di buku panduan guys.
  6. Masukkan data dan konfigurasi router berdasarkan provider internet yang  kamu gunakan. Pastikan juga semua lampu indikator sudah menyala seperti seharusnya.
  7. Ubah nama jaringan dengan menekan Wireless 2.4 GHz dan pilih opsi Wireless Settings. Kamu bisa langsung megubah Wireless Network Name yang akan tampil ketika kamu mencari perangkat WiFi ini. Beberapa model router mengharuskan kamu untuk menekan menu Advanced dan tekan sub menu Wireless dan pilih opsi Wireless Settings untuk mengganti nama jaringan.
  8. Aturlah Version  yang terleyak sebelum kata sandi dengan memilih opsi WPA2-PSK
  9. Ganti kata sandi WiFi tersebut dan klik save 
  10. Sambungkan perangkatmu pada router untuk memastikan bahwa router tersebut sudah menyala dan selesai deh.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melakukan setting pada router TP-Link yaa guys. perangkatmu akan tersambung secara otomatis ke jaringan WiFi ketika perangkat milikmu dan WiFi tersebut baru dinyalakan jika kamu sudah melakukan semua langkah – langkah diatas. Semoga berhasil yaa guys. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.