Cara Mudah Melihat History WiFi Orang Lain, Bisa Memantau Data!

Pasti seru sekali ya jika kamu bisa mengetahui website yang dikunjungi, media sosial yang digunakan dan video yang ditonton oleh pengguna WiFi lain. Kamu bisa melihat history WiFi karena beberapa router WiFi memiliki fitur URL log yang akan mencatat setiap alamat website yang dikunjungi oleh pengguna jaringan guys. Namun biasanya layanan WiFi rumah dengan router murah tidak memiliki fitur ini. Namun ada cara lain yang  bisa kamu gunakan guys.

0

Apalagi jika kamu sedang menjalakan aktivitas online yang penting, misalnya saja lagi wfh, rapat dan sebagainya. Koneksi internet WiFi yang melambat tersebut bisa jadi disebabkan adanya pencuri WiFi yang menggunakan jaringan WiFi milikmu tanpa permisi guys. Ternyata kamu bisa loh mengetahui semua pengguna WiFi jadi kamu bisa melakukan tindakan pencegahan deh. Apakah kamu pernah penasaran dan ingin melihat website yang diakses oleh pengguna WiFi lainnya? Kamu bahkan bisa melihat link gambar, video dan file lainnya yang diunduh loh guys. Semua data yang diakses oleh pengguna WiFi melalui jaringan WiFi tersebut disebut dengan history WiFi.

Koneksi internet jaringan WiFi di rumah yang melambat tentu akan membuatmu kesal sekali guys. Apalagi jika kamu sedang menjalakan aktivitas online yang penting, misalnya saja lagi wfh, rapat dan sebagainya. Koneksi internet WiFi yang melambat tersebut bisa jadi disebabkan adanya pencuri WiFi yang menggunakan jaringan WiFi milikmu tanpa permisi guys. Ternyata kamu bisa loh mengetahui semua pengguna WiFi jadi kamu bisa melakukan tindakan pencegahan deh.

Apakah kamu pernah penasaran dan ingin melihat website yang diakses oleh pengguna WiFi lainnya? Kamu bahkan bisa melihat link gambar, video dan file lainnya yang diunduh loh guys. Semua data yang diakses oleh pengguna WiFi melalui jaringan WiFi tersebut disebut dengan history WiFi.

Pasti seru sekali ya jika kamu bisa mengetahui website yang dikunjungi, media sosial yang digunakan dan video yang ditonton oleh pengguna WiFi lain. Kamu bisa melihat history WiFi karena beberapa router WiFi memiliki fitur URL log yang akan mencatat setiap alamat website yang dikunjungi oleh pengguna jaringan guys.

Namun biasanya layanan WiFi rumah dengan router murah tidak memiliki fitur ini. Namun ada cara lain yang  bisa kamu gunakan guys. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya. Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya!

Cara melihat history WiFi menggunakan software Wireshark

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melihat history WiFi adalah melalui Wireshark. Wireshark merupakan software yang bisa melakukan analisis apket data pada jaringan secara real time dan akan menampilkan hasilnya dalam format yang mudah kamu pahami sebagai pengguna. Software ini bisa melakukan filtering, paket color coding, proses sniffing dan berbagai fitur lainnya. Berikut adalah langkah – langkah melihat history WiFi menggunakan Wireshark:

  1. Unduh dan pasanglah software Wireshark pada laptop atau PC yang kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resminya di https://www.wireshark.org/download.html
  2. Hubungkan perangkatmu dengan jaringan LAN, WiFi atau Ethernet. Setelah itu pilih jaringan yang ingin kamu pantau pada tabel Interface List. Klik start untuk memulainya.
  3. Wireshark akan memberikan paket – paket data yang berjalan pada jaringan yang sudah kamu pilih tadi guys. Ketik http pada kolom filter dan tekan enter untuk melihat website yang sedang dibuka
  4. Pilih salah satu data yang terdapat kata GET dan ada nama yang bisa dibaca di sampingnya. Klik pada Hypertext Transfer Protocol di bagian bawah untuk melihat alamat website . Alamat IP pembuka website bsia kamu ketahui melalui bagian source
  5. Selesai deh! Namun kamu tidak bisa mengetahui website yang diakses jika menggunakan HTTPS yaa guys. Pasalnya data – data yang dikirimkan oleh HTTPS akan terenkripsi.

Cara mengakses WiFi History menggunakann custom firmware pada router

Firmware adalah sistem operasi pada router. Firmware ini sudah didesain dan di-install oleh perusahaan router ketika kamu membelinya. Namun kamu bisa melakukan kustomisasi firmware ini guys. Jika router yang digunakan mendukung, maka kamu bisa mencari custom firmware untuk memiliki fitur URL logging sebagai cara melihat history WiFi. Kamu bisa menggunakan OpenWrt dalam hal ini guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya melihat history WiFi yaa guys. Kamu bisa menggunakan software seperti cara pertama atau melakukan kustomisasi pada router yang kamu gunakan. Semoga bermanfaat yaa.

READ  Cara Menggunakan Split Mode Pada IOS

Leave A Reply

Your email address will not be published.