Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop Berbagai Merk

Beberapa pengguna laptop yang awam dan jarang mengotak atik laptop biasanya masih agak bingung bagaimana cara mengecek spesifikasi laptopnya. Padahal hal ini sangat penting sekali supaya kamu tidak kecolongan saat membeli laptop. Yuk simak bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop berikut ini!

0

Tentu saja bakalan konyol dan kesel juga rasanya jika kamu sudah membayar laptop dengan core i7 terbaik, namun ternyata laptop yang kamu dapatkan justru memiliki prosesor yang jauh lebih rendah daripada spesifikasi yang ditawarkan tadi. Cara melihat spesifikasi laptop sangat mudah sekali untuk dilakukan guys. Kamu juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengotak atik sistem laptopmu untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi laptop milikmu.

Hal yang sangat perlu diperhatikan ketika akan membeli laptop adalah memperhatikan spesifikasinya. Spesifikasi laptop ini akan mempengaruhi kinerja dan beban yang mampu diampu oleh laptop tersebut. Tentu saja bakalan konyol dan kesel juga rasanya jika kamu sudah membayar laptop dengan core i7 terbaik, namun ternyata laptop yang kamu dapatkan justru memiliki prosesor yang jauh lebih rendah daripada spesifikasi yang ditawarkan tadi.

Cara melihat spesifikasi laptop sangat mudah sekali untuk dilakukan guys. Kamu juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengotak atik sistem laptopmu untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi laptop milikmu.

Namun beberapa pengguna laptop yang awam dan jarang mengotak atik laptop biasanya masih agak bingung bagaimana cara mengecek spesifikasi laptopnya. Padahal hal ini sangat penting sekali supaya kamu tidak kecolongan saat membeli laptop. Yuk simak bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop berikut ini!

Cara mengecek spesifikasi laptop melalui control panel

Cara pertama mengecek spesifikasi laptop adalah melalui control panel. Cara ini bisa kamu lakukan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Kali ini langkah – langkahnya dilakukan menggunakan Windows 10. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Langkah pertama adalah membuka file explorer dengan cara klik kanan pada ikon start menu dan pilih opsi File Explorer. Kamu juga bisa mengakses opsi ini melalui ikon Taskbar.
  2. Carilah opsi This PC di bagian sebelah kanan layar. Opsi ini biasanya muncul pada nama Computer jika kamu menggunakan sistem operasi Windows versi lama dan pilih saja opsi Properties untuk mengecek spesifikasi laptop.
  3. Selesai! Kamu akan diberikan informasi mengenai spesifikasi dari laptop tersebut deh guys. sayangnya kamu hanya bisa melihat prosesor, RAM dan juga versi sistem operasi saja guys. 

Cara melihat spesifikasi laptop melalui DxDiag

Cara lain untuk melihat spesifikasi laptop yang bisa kamu lakukan adalah melalui tool DxDiag yang merupakan bagian dari antarmuka pemrograman Direct X. Cara yang satu ini berbeda dengan cara diatas dimana DxDiag ini sudah menjadi ritual bagi gamer yang dapat digunakan sebagai cara mengecek VGA laptop gaming terbaik. Cara ini bisa digunakan pada laptop dengan sistem operasi Windows semua versi. Jadi kamu juga bisa menggunakannya jika ingin mengecek spesifikasi laptop dengan sistem operasi Windows 7. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka program Run dengan cara menekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard laptopmu
  2. Kotak perintah akan muncul, ketikkan dxdiag pada kotak tersebut dan klik OK untuk menjalankan tool diagnostik.
  3. Spesifikasi laptopmu akan ditampilkan di layar guys.
  4. Kmau bisa melihat VGA yang digunakan pada laptop tersebut dengan cara menekan opsi Display. 
  5. Selesai deh! kamu sudah berhasil melihat spesifikasi laptop tersebut guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek spesifikasi laptop dengan sistem operasi Windows yaa. Caranya mudah sekali kan. Kamu tinggal memilih saja cara yang cocok dengan versi Windows yang digunakan oleh laptop tersebut.

Masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecek spesifikasi laptop loh guys. Cranya adalah mengecek menggunakan HwiNFO. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengecek spesifikasi laptop secara komprehensif. Kamu juga bisa memonitor kondisinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.