Cara Mudah Membatasi Pengguna WiFi IndiHome, Tidak Digunakan Seenaknya!

Apalagi jika besaran bandwich WiFi yang kamu gunakan terbatas. Jadi sebaiknya kamu menerapkan pembatasan jumlah pengguna serta kecepatan antar perangkat jika menggunakan IndiHome guys. Hal ini perlu dilakukan supaya setiap pengguna bisa menggunakan jaringa dengan baik dan besaran yang sama. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Hal ini tentu membuat kamu kesal karena IndiHome ini seharusnya memberikan kecepatan internet sesuai yang kamu beli. Ternyata ada beberapa faktor yang bisa membuat WiFI IndiHome ini menjadi lemot loh guys. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak pengguna yang mengaksesnya dalam waktu bersamaan. Kapasitas WiFi yang terbatas dan digunakan oleh banyak pengguna tentu akan membuat jaringan WiFi tersebut menjadi lemor.

Sebagai pengguna WiFi IndiHome yang menyediakan jaringan WiFi populer, pernahkah kamu merasa kecepatan WiFi yang kamu miliki tiba – tiba berkurang? Hal ini tentu membuat kamu kesal karena IndiHome ini seharusnya memberikan kecepatan internet sesuai yang kamu beli. Ternyata ada beberapa faktor yang bisa membuat WiFI IndiHome ini menjadi lemot loh guys. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak pengguna yang mengaksesnya dalam waktu bersamaan.

Kapasitas WiFi yang terbatas dan digunakan oleh banyak pengguna tentu akan membuat jaringan WiFi tersebut menjadi lemor. Apalagi jika besaran bandwich WiFi yang kamu gunakan terbatas. Jadi sebaiknya kamu menerapkan pembatasan jumlah pengguna serta kecepatan antar perangkat jika menggunakan IndiHome guys. Hal ini perlu dilakukan supaya setiap pengguna bisa menggunakan jaringa dengan baik dan besaran yang sama. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Membatasi pengguna modem WiFi IndiHome FiberHome

Cara pertama membatasi pengguna yang bisa mengakses WiFi IndiHome adalah dengan langsung masuk ke dalam sistem modemnya. Cara ini sangat simpel dan praktis untuk dilakukan. Terutama untuk kamu yang tidak menggunakan jenis modem lain. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan perangkatmu sudah terhubung ke ONT Fiberhome, baik dari jaringan WIFi atau LAN.
  2. Bukalah browser yang ada di perangkatmu, setelah itu masukkan alamat IP 12.168.1.1 ke dalam address bar browser yang kamu gunakan. Lakukan login menggunakan username: admin dan password: admin.
  3. Bukalah pengaturan untuk Network, pilihlah opsi Wlan Settings lalu pilih WiFi Control
  4. Ubah nilai 0 pada SSID yang ingin  kamu batasi penggunanya. Angka yang kamu masukkan menunjukkan banyaknya pengguna yang bisa mengakses jaringan tersebut.
  5. Klik opsi Apply jika kamu sudah memasukkan data yang sesuai. Selesai!

Cara membatasi pengguna IndiHome di modem Huawei HG8245

Kamu juga bisa membatasi pengguna WiFi IndiHome melalui modem Huawei HG8245H. Proses ini bisa kamu lakukan secara manual melalui HP. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Sambungkan perangkat yang kamu gunakan dengan ONT Huawei melalui jaringan WiFi atau jaringan LAN.
  2. Masukkan alamat IP 12.168.100.1 ke dalam browser yang kamu gunakan di perangkat tersebut. Lakukan login menggunakan username: telecomadmin, password:admintelecom .
  3. Bukalah pengaturan dan ambil WLAN dan pilihlah opsi WLAN Basic Configuration
  4. Ubahlah nilai pada kolom Number of Assosiated Devices sesuai dengan keinginanmu. Misalnya kamu memasukkan angka 10, maka artinya ada 10 perangkat yang bisa terhubung dengan WIFi milikmu tersebut yaa guys. 
  5. Jika kamu sudah selesai memasukkan data tersebut, klik tombol Apply.

Cara membatasi pengguna WiFi di modem ZTE

Pengguna modem ZTE juga bisa membatasi pengguna WiFi guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Hubungkan perangkat yang kamu gunakan ke ONTE ZTE
  2. Ketik alamat IP 192.168.1.1 di browser yang kamu gunakan dan login dengan username: user, password: user.
  3. Buka menu pengaturan Network dan pilih SSID Settings
  4. Pilih SSID yang akan dimasukkan dan ubah angka pada Maximum Client.

Nah begitulah cara membatasi jumlah pengguna yang bisa mengakses WiFi IndiHome milikmu yaa guys. Jadi tak perlu khawatir ada orang yang diam – diam menggunakan WiFi IndiHome milikmu deh. Semoga bermanfaat yaa. Salam teknologi!

READ  5 Tips Menjadi Selebgram Biar Antri Endorsan

Leave A Reply

Your email address will not be published.