Cara Mudah Membuat Barcode secara Gratis di HP dan PC

Barcode merupakan sebuah pola berbentuk vertikal yang biasanya digunakan sebagai kode produk. Biasanya digunakan pada produk yang dimasukkan ke supermarket dan kini bahkan juga sudah digunakan pada tiket transportasi umum. Kini semakin banyak saja lini yang menggunakan barcode ini.

0

Barcode sangat cocok digunakan buat kamu yang memiliki bisnis dan akan melakukan jual beli dalam skala besar. Soalnya barcode ini akan memudahkan kamu dalam mengidentifikas jenis barang tersebut. Proses pembuatan barcode bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa membuatnya melalui HP ataupun PC guys. Bahkan kamu bisa membuat barcode ini secara gratis loh tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali. Barcode yang diperuntukkan untuk produk berupa barang biasanya memuat data mengenai kode barang, kuantitas dan juga harga dari barang tersebut.

Barcode merupakan sebuah pola berbentuk vertikal yang biasanya digunakan sebagai kode produk. Biasanya digunakan pada produk yang dimasukkan ke supermarket dan kini bahkan juga sudah digunakan pada tiket transportasi umum. Kini semakin banyak saja lini yang menggunakan barcode ini.

Barcode sangat cocok digunakan buat kamu yang memiliki bisnis dan akan melakukan jual beli dalam skala besar. Soalnya barcode ini akan memudahkan kamu dalam mengidentifikas jenis barang tersebut. Proses pembuatan barcode bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa membuatnya melalui HP ataupun PC guys. Bahkan kamu bisa membuat barcode ini secara gratis loh tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Barcode yang diperuntukkan untuk produk berupa barang biasanya memuat data mengenai kode barang, kuantitas dan juga harga dari barang tersebut. Tergantung dari data apa yang kamu masukkan guys. Lalu bagaimana sih caranya membuat barcode ini melalui HP dan PC? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya yaa!

Cara membuat barcode menggunakan aplikasi CorelDraw

Cara pertama membuat barcode adalah menggunakan aplikasi CorelDraw guys. Yap! Aplikasi edit gambar ini mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode loh. Cara ini bisa digunakan oleh para pemula dan juga profesinal. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi CorelDraw yang terdapat di laptopmu dan klik pada new document dengan menggunakan format kertas yang kamu butuhkan.
  2. Klik pada opsi Object yang terdapat pada bagian kiri atas layar dan pilih opsi Insert Barcode.
  3. Pilihlah tipe barcode yang akan kamu gunakan, bisa pilih tipe UPC(A). Setelah itu, masukkan nomor barcode milikmu dan klik tombol next
  4. Aturlah format barcode sesuai keinginan, diantaranya resolusi hingga besar dari barcode tersebut. Klik tombol next untuk lanjut ke halaman format tulisan pada barcode dan klik tombol finish.
  5. Selesai! Hasil barcode pun akan ditampilkan dan bisa kamu simpan guys.

Cara membuat barcode melalui website

Cara diatas membuat kamu harus mempunyai aplikasi CorelDraw terlebih dahulu guys. Selain itu kamu juga tidak bisa menggunakan cara tersebut pada ponsel. Nah cara yang satu ini lebih praktis dan fleksibel karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan sama sekali guys. Kamu bisa membuat barcode melalui website loh. Salah satu website yang bisa kamu gunakan adalah Tec-it. Berikut adalah langkah – langkah membuat barcode melalui website Tec-It:

  1. Bukalah browser yang ada di perangkatmu, setelah itu bukalah website Tec-it.
  2. Pilihlah tipe barcode yang ingin kamu buat di opsi pilihan yang terdapat pada bagian kiri layar. Misalnya saja kamu menggunakan tipe Barcode ISBN.
  3. Isilah nomor barcode yang sudah kamu buat tersebut pada kolom data. Setelah itu, klik pada refresh untuk melakukan regenerate barcode.
  4. Hasil barcode bisa kamu atur melalui menu pengaturan yang terdapat pada bagian kanan atas kolom barcode. Kamu juga bisa mengubah resolusi, gambar, format gambar dan juga warna dari barcode tersebut. Klik opsi close saat kamu sudah selesai mengaturnya guys. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat barcode yang bisa kamu lakukan melalui HP ataupun PC yaa guys. Cara pertama membutuhkan aplikasi tambahan, namun kamu tidak memerlukan koneksi internet guys. berbeda dengan cara kedua yaa. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.