Cara Mudah Membuat e-KTP secara Online di Tahun 2020

Jika kamu masih menggunakan KTP yang lama, maka sebaiknya kamu harus segera mengganti KTP tersebut dengan e-KTP yang nantinya akan berlaku seumur hidup yaa. Kamu tak perlu bingung dan pusing karena cara membuat e-KTP ini sangat mudah loh. Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya yaa!

0

KTP ini adalah kartu yang akan menunjukkan identitas penduduk. Sekarang KTP yang digunakan adla Sebelum membahas bagaimana cara membuat e-KTP, kamu perlu mengetahui dulu bahwa kedua KTP ini tetap sama. Hanya sebutannya saja yang diganti guys. Apakah kamu sedang ingin membuat e-KTP, namun bingung bagaimana cara memulainya?

KTP atau singkatan dari Kartu Tanda Penduduk adalah dokumen penting yang harus dan wajib dimilih oleh semua penduduk yang tinggal di Indonesia jika sudah berumur 17 tahun keatas. KTP ini adalah kartu yang akan menunjukkan identitas penduduk. Sekarang KTP yang digunakan adla

Sebelum membahas bagaimana cara membuat e-KTP, kamu perlu mengetahui dulu bahwa kedua KTP ini tetap sama. Hanya sebutannya saja yang diganti guys. Apakah kamu sedang ingin membuat e-KTP, namun bingung bagaimana cara memulainya?

Jika kamu masih menggunakan KTP yang lama, maka sebaiknya kamu harus segera mengganti KTP tersebut dengan e-KTP yang nantinya akan berlaku seumur hidup yaa. Kamu tak perlu bingung dan pusing karena cara membuat e-KTP ini sangat mudah loh. Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya yaa!

Cara membuat e-KTP di tahun 2020

Sebelum membuat KTP, kamu harus memastikan dulu kalau kamu sudah memenuhi syarat agar bisa membuat KTP guys. Setelah itu,  ada beberapa berkas – berkas yang perlu kamu siapkan guys. kamu tak perlu repot pergi ke tempat fotokopi, kamu bisa melakukan scan saja pada berkas tersebut menggunakan aplikasi scanner supaya kamu tak perlu repot guys. Setelah itu, kamu perlu mengupload dokumen secara jelas. 

Syarat utama membuat e-KTP adalah kamu harus sudah berusia 17 tahun dan memiliki izin untuk tinggal tetap. Berikut adalah dokumen yang kamu butuhkan:

  1. Surat pengantar RT/RW
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Fotokopi Akta Kelahiran
  4. Surat Keterangan Pindah yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota dari daerah asal (jika pindahan dari luar negeri).
  5. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana (jika pindahan dari luar negeri)
  6. Melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (KTP lama update ke e-KTP, tapi biasanya akan difoto ulang langsung di lokasi)
  7. Formulir Penerbitan e-KTP atau Formulit Permohonan Perpanjang KTP lama ke e-KTP

Berikut adalah langkah – langkah membuat e-KTP secara online:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Alpukat Betawi. Aplikasi resmi dari dukcapil Jakarta yang memberi akses secara langsung pada layanan Pemerintah untuk penduduk secara online. 
  2. Lakukan login dan registrasi. Setelah itu, isi form registrasi dengan lengkap dan seakurat mungkin dengan data kamu.
  3. Tekan pada menu percetakan e-KTP, maka kamu akan dibawa ke laman selanjutnya
  4. Pilih permohonan yang sesuai dengan keperluan kamu. Setelah itu tekan baru untuk daftar e-KTP Online. Warga yang belum melakukan perekaman di kantor pemerintah belum bisa lanjut melakukan percetakan KTP guys. ohya hanya warga yang sudah lulus kebenaran saja yang baru mencetak KTP.
  5. Isi semua ceklis persyaratan untuk membuat e-KTP dan siapkan berkas – berkas yang sudah kamu scan sebelumnya
  6. Pastikan hasil scan berkas yang kamu miliki sudah jelas dan lengkap. Setelah itu tekan pada tombol selanjutnya
  7. Pilih service point kelurahan yang sesuai dengan domisilimu sekarang
  8. Selesai deh! sekarang kamu tinggal menunggu.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat e-KTP yaa guys. Kamu hanya perlu menunggu e-KTP tersebut selesai dicetak. Kamu bisa langsung mengambil e-KTP sesuai dengan tanggal yang kamu input. Mudahdan praktis sekali kan guys. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.