Cara Mudah Membuat Podcast di Spotify, Bisa Langsung Siaran!

Walaupun kamu masih tergolong pemula dan belum pernah membuat podcast sebelumnya, kamu bisa memulainya dari sekarang kok guys. Pembuatan podcast ini tidaklah sulit. Perangkat yang kamu butuhkan meliputi alat perekam, aplikasi edit suara dan platformnya. Ada beberapa tips buat kamu yang ingin membuat podcast. Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Salah satu media tempat kamu bisa mendengarkan berbagai podcast adalah aplikasi streaming musik yang sangat hits, yap bener Spotify. Podcast adalah salah satu konten digital yang akhir – akhir ini banyak digunakan selain konten dalam bentuk video. Sebenarnya tren podcast ini sudah ada sejak bertahun – tahun yang lalu kalau di luar negeri. Namun di Indonesia konten digital yang satu ini nampaknya baru diminati dan menjadi populer akhir – akhir ini guys.

Tren podcast semakin marak dan menjadi kian populer belakangan ini. Salah satu media tempat kamu bisa mendengarkan berbagai podcast adalah aplikasi streaming musik yang sangat hits, yap bener Spotify. Podcast adalah salah satu konten digital yang akhir – akhir ini banyak digunakan selain konten dalam bentuk video. Sebenarnya tren podcast ini sudah ada sejak bertahun – tahun yang lalu kalau di luar negeri. Namun di Indonesia konten digital yang satu ini nampaknya baru diminati dan menjadi populer akhir – akhir ini guys.

Walaupun kamu masih tergolong pemula dan belum pernah membuat podcast sebelumnya, kamu bisa memulainya dari sekarang kok guys. Pembuatan podcast ini tidaklah sulit. Perangkat yang kamu butuhkan meliputi alat perekam, aplikasi edit suara dan platformnya. Ada beberapa tips buat kamu yang ingin membuat podcast. Yuk simak ulasan berikut ini!

  • Menyiapkan topik dan narasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat podcast adalah menentukan topik apa yang akan kamu bahas guys. Sebaiknya kamu memilih topik yang sesuai dengan minat dan bidang yang kamu kuasai supaya pembuatan narasi bisa kamu lakukan dengan lebih mudah. Narasi podcast juga sangat perlu kamu buat. Narasi ini berisikan poin – poin yang akan kamu bahas di dalam podcast nantinya guys. Hal selanjutnya yang perlu kamu buat adalah cover gambar untuk Spotify podcast milikmu.

  • Merekam suara untuk podcast

Pastikan alat perekam suara yang akan kamu gunakan berfungsi dengan baik ya. Setelah semuanya OK, kamu bisa memulai proses perekaman suara untuk konten podcastmu guys. Lakukan perekaman di ruangan yang tidak terlalu berisik, jauh dari keramaian. Akan lebih bagu lagi jika kamu merekam suara di ruangan yang kedap suara guys whehe. Ohya jangan lupa berikan salah pembuka dan salah penutup yaa. Perhatikan intonasimu saat berbicara dan juga tempo suaramu ya.

  • Mengedit hasil rekaman suara

Langkah selanjutnya yang diperlukan dalam membuat podcast adalah proses pengeditan suara. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi pengedit suara dalam hal ini. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan adalah Audacity guys. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghilangkan suara pengganggu atau noise. Selain itu, kamu juga bisa memberikan jeda atau menambahkan musik di dalam podcast milikmu. Setelah itu, simpan hasil editan tersebut ke dalam format MP3 yaa. 

  • Membuat RSS Feed

RSS Feed perlu kamu buat sebagai tempat meletakkan hasil rekamanmu. Fungsinya adalah untuk mengupdate informasi terbaru mengenai podcas yang kamu upload guys. Pasalnya kamu haris mengupdate setiap platform secara manual setiap membuat episode baru jika tidak menggunakan RSS feed ini. Tentu saja hal tersebut tidak praktis.

  • Upload podcast ke Spotify

Buka laman Spotify for Podcaster dan tekan tombol Get Started. Masukkan link RSS Feed milikmu ke kota yang disediakan dan klik Next. Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode 8 digit dan tekan Next. Isilah detail podcast dan isi semua kategori. Seetlah itu, lakukan review dan submit podcast milikmu dengan cara menekan tombol submit guys, selesai deh!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat podcast dan juga menguploadnya ke Spotify yaa. Siapapun bisa menjadi seorang podcast kreator dan menuangkan idenya ke dalam bentuk konten tersebut. Penting sekali memilih topik yang pas supaya kamu bisa konsisten guys. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah Menggunakan OmeTV, Bisa Ketemu Bule Deh!

Leave A Reply

Your email address will not be published.