Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran yang Menarik

Video yang menarik sangat diperlukan untuk membuat para murid dan mahasiswa betah untuk menyimak video tersebut dari awal sampai akhir. Jadi para pengajar pun dituntut untuk memutar otak dan juga berani berkreativitas dalam membuat video ini. Lalu bagaimana sih caranya membuat video yang interaktif? Yuk simak cara berikut!

0

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pengajar ini adalah dengan menyalurkan materi ke dalam bentuk video pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan untuk ditonton. Mengajar jarak jauh ini memang suatu tantangan tersendiri bagi para pengajar, termasuk guru, dosen dan pengajar lainnya. Video pembelajaran tentu harus dibuat semenarik dan seinteraktif mungkin, supaya tidak membosankan. Namun membuat video ini sebenarnya ada kesulitan tersendiri. Apalagi aplikasi pembuatan video yang ada pun kadang agak sulit dalam penggunaannya.

Pandemi yang tak kunjung usai membuat segala aktivitas masih tetap dilaksanakan di rumah. Hal ini membuat para pengajarpun dituntut agar bisa kreatif dalam mengajari anak didiknya walaupun dari rumah saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pengajar ini adalah dengan menyalurkan materi ke dalam bentuk video pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan untuk ditonton.

Mengajar jarak jauh ini memang suatu tantangan tersendiri bagi para pengajar, termasuk guru, dosen dan pengajar lainnya. Video pembelajaran tentu harus dibuat semenarik dan seinteraktif mungkin, supaya tidak membosankan. Namun membuat video ini sebenarnya ada kesulitan tersendiri. Apalagi aplikasi pembuatan video yang ada pun kadang agak sulit dalam penggunaannya.

Video yang menarik sangat diperlukan untuk membuat para murid dan mahasiswa betah untuk menyimak video tersebut dari awal sampai akhir. Jadi para pengajar pun dituntut untuk memutar otak dan juga berani berkreativitas dalam membuat video ini. Lalu bagaimana sih caranya membuat video yang interaktif? Yuk simak cara berikut!

Cara membuat video pembelajaran menggunakan PowerPoint

Cara membuat video pembelajaran pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuatnya melalui PowerPint guys. Yap! Aplikasi yang biasanya kamu gunakan untuk membuat bahan presentasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat video yang menarik loh. Bagaimana sih cara membuatnya? Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat slide presentasi terlebih dahulu. Selesaikan dulu desain dan isi slide materi yang akan kamu jadikan video pembelajaran nantinya guys.
  2. Lakukan convert menjadi bentuk video dengan cara menekan menu file yang terdapat pada bagian kiri atas laman PowerPoint tersebut.
  3. Pilihlah opsi export yang terdapat ada bagian menu sebelah kiri dan klik opsi Create a video.
  4. Proses export dari presentasi menjadi video akan langsung dimulai secara otomatis jika kamu sudah menekan tombol tadi guys.
  5. Tunggu beberapa saat sampai bar penuh dan proses export ini selesai dilakukan guys.
  6. Selesai! Sekarang kamu sudah berhasil membuat video pembelajaran yang menarik deh.

Cara membuat video pembelajaran seperti Ruang Guru

Salah satu video edukasi yang menarik adalah video yang disajikan oleh Ruang Guru. Banyak pengajar yang ingin membuat video edukasi yang terdapat pada ruang guru tersebut. Berikut adalah hal – hal yang perlu kamu siapkan untuk membuat video edukasi seperti ruang guru:

  1. Menyiapkan materi. Materi adalah hal penting dalam membuat video pembelajaran. Buatlah slide yang efektif, ringkas dan juga menarik secara visual supaya membangkirkan minat belajar dari orang yang menonton guys.
  2. Menyiapkan kamera dan tripod. Kedua barang ini diperlukan untuk merekam presentasi. Tripod sangat berguna untuk membuat kamera tetap stabil selama perekaman video.
  3. Green screen dan gambar background. Kedua hal ini diperlukan supaya kamu tidak ribet menghapus background video nantinya guys. supaya kamu tinggal menambahkan gambar saja di sebagai background dari video.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat video edukatif yang interaktif dan menarik yaa guys. Jadi kamu tak perlu kebingungan lagi deh bagaimana caranya membuat video yang menarik dan juga interaktif. Tentu saja video yang interaktif akan membuat peserta didik menjadi lebih mudah mengerti dengan materi yang kamu sampaikan. 

READ  Cara Praktis Membuat Kartu Keluarga secara Online, Dari Rumah Aja!

Leave A Reply

Your email address will not be published.