Cara Mudah Memperbaiki File Excel yang Corrupt, Gak Perlu Bikin Lagi!

Kerusakan pada file excel tentu akan membuat kamu bingung bagaimana memperbaikinya jika kondisinya seperti diatas. Seakan tidak ada celah yang seharusnya bisa membuat file tersebut rusak. Namun kenyataannya file tesebut menjadi eror. Jangan panik dulu yaa guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Bahkan ada serangkaian huruf unicode asing yang tidak bisa kamu baca. File tersebut juga bukan file kiriman dari orang lain ataupun dari perangkat lainnya. Jadi kamu menjadi berfikir apakah perlu membuat ulang file tersebut. Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi speardsheet yang populer. Hampir semua perhitungan sederhana dan tabel bisa kamu kerjakan menggunakan software ini.

Apakah kamu pernah mengalami situasi dimana file Excel tidak bisa dibuka dengan normal, namun ada pesan error yang muncul. Padahal file tersebut sebelumnya masih normal dan tidak rusak sama sekali. Bahkan ada serangkaian huruf unicode asing yang tidak bisa kamu baca. File tersebut juga bukan file kiriman dari orang lain ataupun dari perangkat lainnya. Jadi kamu menjadi berfikir apakah perlu membuat ulang file tersebut.

Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi speardsheet yang populer. Hampir semua perhitungan sederhana dan tabel bisa kamu kerjakan menggunakan software ini. Kerusakan pada file excel tentu akan membuat kamu bingung bagaimana memperbaikinya jika kondisinya seperti diatas. Seakan tidak ada celah yang seharusnya bisa membuat file tersebut rusak. Namun kenyataannya file tesebut menjadi eror. Jangan panik dulu yaa guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Melakukan repair atau perbaikan melalui aplikasi MS Excel

MS Excel akan otomatis masuk ke dalam mode pemulihan file ketika mendeteksi adanya file yang rusak ketika dibuka. Kamu juga bisa membuka mode ini secara manual jika MS Excel tidak memulai mode pemulihan file ini secara manual. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi MS Excel yang terpasang di laptop atau PC yang kamu gunakan. Setelah itu, bukalah menu open yang ada di deretan file menu. Klik tombol office dan pilihlah open pada MS Excel versi apapun.
  2. Pilihlah kontrol Look In dan pilihlah file yang rusak dan tidak bisa kamu buka sebelumnya. 
  3. Pilihlah menu Open, sehingga akan muncul menu dropdown, setelah itu pilihlah opsi Open and Repair
  4. Klik tombol repair pada kotak dialog yang muncul

Memperbaiki file Excel yang rusak menggunakan versi simpanan terakhir (Last Saved Version)

Jika kamu sedang mengerjakan file yang rusak atau corrupt, maka jangan simpan file tersebut guys. Kembali lagi ke versi terakhir yang sudah disimpan sebelumnya. Hal ini akan membuat semua masalah yang menyebabkan kerusakan pada file akan disingkirkan. Kamu memang akan kehilangan beberapa data, namun hal tersebut bukanlah masalah daripada kamu harus kehilangan semua data guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah software MS Excel yang ada di perangkatmu. Setelah itu, pilihlah menu open. Klik tombol office dan pilihlah tombol open pada excel tersebut.
  2. Gunakanlah kontrol look in dan sesuaikan lokasi dan nama file yang rusak.
  3. Cobalah buka file yang rusak tersebut menggunakan aplikasi lain. Kamu bisa menggunakan Microsoft Tools untuk membuka file yang corrupt tersebut. 

Membuka file yang rusak menggunakan program lain

Ada beberapa program lain yang bisa kamu gunakan untuk membuka file excel yang rusak guys. Salah satu program yang bisa kamu pilih adalah Microsoft Tools. Berikut adalah cara memperbaiki file excel yang rusak dengan Microsoft Tool:

  1. Klik tombol Start pada Windows, setelah itu pilihlah opsi All Program.
  2. Pilihlah Microsoft Office, lalu buka Microsoft Office Tools dan Microsoft Office Application Recovery.
  3. Kotak dialog akan muncul, lalu pilihlah Microsoft Office Excel.
  4. Klik opsi recover application

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memperbaiki file excel yang rusak atau corrupt yaa guys. Semoga cara diatas berhasil memperbaiki file excel yang rusak tersebut, sehingga kamu tidak harus kehilangan data penting yang kamu simpan di dalamnya yaa. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah Mengaktifkan Touchpad pada Laptop Asus

Leave A Reply

Your email address will not be published.