Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Flashdisk juga mempunyai permasalahan seperti media penyimpanan lainnya. Media penyimpanan yang satu ini bisa saja tidak terbaca di PC atau laptop karena adanya infeksi virus yang berbahaya. Masalah ini pasti sangat sering dialami oleh para pengguna flashdisk. Tentu saja hal ini akan membuat kamu kesal karena ada data penting yang kamu perlukan di dalam flashdisk tersebut.

0

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan file yang paling sering digunakan sampai saat ini. Kebanyakan orang mempunyai flashdisk ini untuk menyimpan datanya. Ukurannya yang kecil membuat media penyimpanan yang satu ini mudah dibawa kemana – mana. Sangat cocok untuk orang yang suka membawa data kemana – mana, namun tidak ingin disimpan di dalam ponsel karena ukurannya yang besar atau tingkat privasinya. 

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan file yang paling sering digunakan sampai saat ini. Kebanyakan orang mempunyai flashdisk ini untuk menyimpan datanya. Ukurannya yang kecil membuat media penyimpanan yang satu ini mudah dibawa kemana – mana. Sangat cocok untuk orang yang suka membawa data kemana – mana, namun tidak ingin disimpan di dalam ponsel karena ukurannya yang besar atau tingkat privasinya. 

Flashdisk juga mempunyai permasalahan seperti media penyimpanan lainnya. Media penyimpanan yang satu ini bisa saja tidak terbaca di PC atau laptop karena adanya infeksi virus yang berbahaya. Masalah ini pasti sangat sering dialami oleh para pengguna flashdisk. Tentu saja hal ini akan membuat kamu kesal karena ada data penting yang kamu perlukan di dalam flashdisk tersebut. Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah ini? Yuk simak cara mengatasi flashdisk tidak terbaca berikut ini!

  • Membersihkan port USB dan konektor flashdisk

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan membersihkan port USB dan konektor pada flashdisk tersebut. Pasalnya flashdisk yang kotor karena penumpukan debu pada bagian konektornya menyebabkannya menjadi tidak bisa terbaca. Sebaiknya kamu membersihkan port USB dan juga konektornya menggunakan kuas pembersih. Lempengan kuning yang terdapat pada flashdisk bisa kamu bersihkan menggunakan penghapus. 

  • Memindai virus dengan software antivirus

Infeksi virus pada flashdisk membuat data yang terdapat di dalamnya tidak bisa terbaca. Kamu bisa memperbaikinya dengan cara menghapus virus shortcut di flashdisk tersebut tanpa harus memformat semua data yang terdapat di dalamnya guys. Kamu juga bisa menghapus virus ini menggunakan software antivirus yang terdapat pada laptop atau PC milikmu. 

  • Menginstall ulang driver USB

Flashdisk yang tidak terbaca juga bisa diperbaiki dengan cara memeriksa dan menginstall ulang driver USB yang kamu gunakan. Caranya adalah dengan membuka pengaturan Device Manager. Setelah itu, carilah opsi Universal Serial Bus controller, lalu carilah perangkat yang bernama USB Mass Storage Device yang diberikan tanda peringatan berwarna kuning. Klik kanan pada opsi tersebut, lalu klik uninstall pada kotak dialog yang muncul. Selesai deh!

  • Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara ini memang terkenal jadul, namun masih bisa menjadi alternatif buat kamu guys. Kamu bisa mengetahui kondisi flashdiskmu apakah bermasalah atau tidak. Caranya dengan membuka Command Prompt, lalu masukkan perintah chkdsk dan ketikkan drive USB. Setelah itum tekan tombol enter, maka CMd akan memberikan kamu semua informasi detail yang berkaitan dengan flashdisk etrsebut. Informasi yang diberikan meliputi volume label, kapasitas dan berbagai informasi lainnya. 

  • Menggunakan Computer Management

Jika kamu yakin kalau port USB milikmu tidak bermasalah, maka kamu bisa mengecek perangkat penyimpanan flash memory yang terdapat pada flashdisk milikmu guys. Kamu bisa menggunakan Computer Management dimana kamu bisa melakukan scanning, repair, hingga melakukan format pada drive yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca ini. Bukalah menu pengaturan Computer Management, lalu tekan opsi Disk Maagement, Klik kanan pada drive flashdisk tersebut, lalu pilih opsi Change Drive Letter and Path. Klik tombol Change pada jendela yang muncul. Klik OK pada menu Assign the following drive letter. Pastikan nama drive sudah berubah dan cobalah. 

Salam teknologi! Nah itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yaa guys. Semoga berhasil yaa dan datamu bisa terbaca kembali. Nah, untuk kalian yang sedang mencari Flashdisk OTG yang bagus, kalian dapat membaca rekomendasinya pada artikel ini. Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik!

READ  Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Tidak Ada Suara

Leave A Reply

Your email address will not be published.