Cara Mudah Memperbaiki Headset yang Rusak Sebelah

Tentu saja kalau ada salah satu bagiannya yang rusak akan sangat mengganggu. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalami hal ini guys? Kamu tidak perlu khawatir dan panik dulu ya. Apalagi sampai buru – buru mau beli headset yang baru aja. Kamu bisa memperbaikinya kok. Yuk simak cara memperbaiki headset yang rusak sebelah berikut ini!

0

Namanya juga perangkat, headset juga tidak luput dari yang namanya kerusakan guys. Salah satu jenis kerusakan yang terjadi pada headset adalah rusak pada salah satu bagiannya, baik hanya pada bagian kiri atau kanan saja. Tentu saja hal tersebut akan membuat penggunaan dari headset ini menjadi kurang optimal. Headset kini tersedia dalam berbagai merk. Walaupun termasuk ke dalam aksesoris tambahan saja, sebagian orang menempatkan headset ini sebagai benda yang wajib dibawa kemana.

Headset adalah salah satu perangkat pendamping smartphone dan laptop yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik. Namanya juga perangkat, headset juga tidak luput dari yang namanya kerusakan guys. Salah satu jenis kerusakan yang terjadi pada headset adalah rusak pada salah satu bagiannya, baik hanya pada bagian kiri atau kanan saja. Tentu saja hal tersebut akan membuat penggunaan dari headset ini menjadi kurang optimal.

Headset kini tersedia dalam berbagai merk. Walaupun termasuk ke dalam aksesoris tambahan saja, sebagian orang menempatkan headset ini sebagai benda yang wajib dibawa kemana. Tentu saja kalau ada salah satu bagiannya yang rusak akan sangat mengganggu. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalami hal ini guys? Kamu tidak perlu khawatir dan panik dulu ya. Apalagi sampai buru – buru mau beli headset yang baru aja. Kamu bisa memperbaikinya kok. Yuk simak cara memperbaiki headset yang rusak sebelah berikut ini!

Cara memperbaiki headset mati sebelah karena kabel

Salah satu penyebab headset mati sebelah adalah kesalahan pada kabel. Cek dulu guys apakah ada bagian kabel headset yang terkelupas. Biasanya sumber permasalahan berasal dari sana. Kamu bisa memperbaiki hal ini menggunakan peralatan seperti solder. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek posisi kerusakan. Sambungkan headset dengan smartphone, lalu putarlah lagu favoritmu. Raba kabel mulai dari ujung sampai bagian ujung lainnya. Jika ada suara terdengar di bagian tertentu, bisa jadi ada kerusakan di bagian tersebut.
  2. Gunting bagian permukaan headset yang rusak. 
  3. Sambungkan kabel yang putus dengan menggunakan selotip. 
  4. Putar kembali audio jika selotipnya sudah menutup secara merata.
  5. Selesai deh guys! Masalah kabel rusak teratasi.

Cara memperbaiki headset mati sebelah karena kerusakan speaker

Penyebab lain headset mati sebelah adalah kerusakan pada bagian speakernya guys. Biasanya terjadi karena headset tersebut pernah jatuh. Kamu tetap bisa memperbaikinya kok guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Lepas bagian kepala speaker hedaset yang rusak. Bukalah dengan hati – hati bagian kepala agar tidak rusak yaa guys karena nanti perlu disambungkan kembali seperti semula. Cek bagian dalamnya apakah ada kabel yang putus atau tidak tersambung pad chip.
  2. Solder bagian kabel yang terputus dengan menggunakan sedikit timah agar tersambung kembali. Hati – hati yaa saat melakukan proses menyolder ini guys. Jangan sampai kena tangan, bukannya headset yang jadi bener nanti malah tanganmu yang harus diperbaikin.
  3. Tunggu beberapa saat sampai timah yang sudah disolder tersebut mengering. Jika sudah kering, tutup kembali bagian kepala headset yang dibuka tadi.
  4. Selesai deh! Sekarang coba putar kembali audio di ponsel yang sudah kamu sambungkan dengan headset guys. Apakah sudah terdengar dengan baik atau belum.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memperbaiki headset yaa guys. Kalau gak mau repot yaa kamu bisa beli baru saja whehe. Namun kalau masih bisa diperbaiki dan bisa digunakan kenapa harus membeli barang baru kan guys.

Mending manfaatkan barang yang kamu punya sekarang semaksimal mungkin supaya tidak menumpuk banyak barang. Jadi kamu tidak menjadi orang yang menghasilkan banyak sampah deh hehe. Semoga berhasil dan bisa kembali digunakan yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.