Cara Mudah Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dan Tidak Terbaca

Permasalahan kartu SD ini tentu saja akan membuat kamu sebagai penggunanya tidak nyaman. Apalagi jika semua foto, video dan data penting tersimpan di dalamnya.Tapi kamu tak perlu khawatir guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak ulasan berikut!

0

Rupanya model penyimpanan yang satu ini masih menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan akan memori penyimpanan di ponsel. Hal ini disebabkan oleh memori internal yang terbilang besar tersebut dirasa masih belum cukup. Media penyimpanan tentu saja tidak pernah terhindar dari yang namanya kerusakan. Kartu SD ini rentan sekali terjadi kerusakan, misalnya saja data yang tidak terbaca, data corrupt dan banyak lagi permasalahan lainnya.

Smartphone keluaran terbaru umumnya sudah dibekali dengan ruang penyimpanan internal yang mempunyai kapasitas besar. Namun hal tersebut tidak menggeser posisi kartu SD sebagai media penyimpanan tambahan pada smartphone. Rupanya model penyimpanan yang satu ini masih menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan akan memori penyimpanan di ponsel. Hal ini disebabkan oleh memori internal yang terbilang besar tersebut dirasa masih belum cukup.

Media penyimpanan tentu saja tidak pernah terhindar dari yang namanya kerusakan. Kartu SD ini rentan sekali terjadi kerusakan, misalnya saja data yang tidak terbaca, data corrupt dan banyak lagi permasalahan lainnya. Permasalahan kartu SD ini tentu saja akan membuat kamu sebagai penggunanya tidak nyaman. Apalagi jika semua foto, video dan data penting tersimpan di dalamnya.Tapi kamu tak perlu khawatir guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Yuk simak ulasan berikut!

  • Membersihkan kartu SD yang rusak

Cara pertama yang mungkin terdengar sepele ini harus kamu coba guys. Penumpukan debu pada bagian konektor kartu SD bisa menyebabkan kerusakan yang sudah kita bahas diatas. Keluarkan kartu Sd yang bermasalah tersebut dari ponselmu. Setelah itu, bersihkanlah lempengan tembaga yang berwarna kekuningan pada kartu SD tersebut. Bagian ini berfungsi sebagai konektor guys. Gosok perlahan sampai bersih. Sudah deh, coba masukkan lagi ke ponselmu dan cek.

  • Mencoba kartu SD di ponsel lainnya

Cara yang satu ini berfungsi untuk memastikan kerusakan kartu SD milikmu guys. Cobalah pasang kartu SD tersebut pada smartphone lain guys, misalnya smartphone teman atau saudaramu. Cek apakah kartu SD tersebut benaran rusak atau malah ponselmu yang bermasalah hehe. Jika ternyata kartu tersebut tidak terbaca juga di smartphone yang lain. Maka kamu bisa coba cara yang lain yaa guys.

  • Cek kerusakan kartu Sd melalui laptop atau PC

Kamu bisa mengecek keeroran dari kartu SD milikmu tersebut menggunakan laptop atau PC loh guys. Trik yang satu ini bisa kamu lakukan jika kartu SD milikmu tersebut sudah tidak bisa lagi diformat yaa. Caranya adalah masukkan kartu SD ke smartphone, lalu hubungkan dengan PC atau laptop menggunakan kabel data. Ubahlah mode dari Media Transfer Mode (MTP) menjadi mode Mass Storage Mode (MSC) jika sudah terhubung. Bukalah Explorer lalu klik kanan pada drive kartu Sd tersebut. Pilih menu Properties, lalu pilih Tools dan pilih Error Checking. Lakukan eject dan selesai. 

  • Melakukan format pada kartu SD melalui ponsel

Jika kamu sudah kehabisan akal dan sudah tidak peduli lagi dengan data yang etrdapat di dalam kartu SD tersebut, maka kamu bisa langsung memformat kartu SD milikmu etrsebut guys. Supaya bisa normal lagi dan kamu bisa menggunakannya. Caranya adalah dengan langsung memformat di ponselmu. Bukalah menu Settings, lalu pilihlah Storage, pilih Portable Storage dan pilihlah drive kartu Sd milikmu. Sekarang kamu tinggal cek apakah sudah terformat dan kembali normal atau belum. 

Salam teknologi! Nah, begitulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu SD yang tidak terbaca di ponselmu yaa guys. Sebaiknya kamu melakukan cara tersebut secara berurutan yaa. Jangan langsung main format aja ya. Nanti kamu malah nyesal karena datamu sudah hilang semua. Semoga berhasil yaa.

READ  Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

Leave A Reply

Your email address will not be published.