Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Penggunaan yang terlalu sering tentu akan menjadi salah satu komponen laptop paling rentan mengalami kerusakan. Tombol keyboard tidak berfungsi bisa jadi karena keyboard laptop tersebut terkunci. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki keyboard laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Apalagi jika keyboard laptop yang kamu gunakan tersebut tidak berfungsi semuanya sama sekali. Masalah pada keyboard ini tentu akan membuat pekerjaanmu yang harus dilakukan dengan laptop ini terhambat dan akan membuatmu tidak nyaman bahkan frustasi sendiri. Keyboard laptop yang bermasalah ini ternyata juga akan membuat software dan hardware bermasalah. Terlepas dari masalah yang akan merembet kemana – mana. Keyboard sendiri merupakan salah satu hardware yang akan memiliki peran yang sangat penting.

Keyboard laptop yang tidak berfungsi tentu akan menjadi masalah yang mengerikan bagi kamu sebagai penggunanya. Apalagi jika keyboard laptop yang kamu gunakan tersebut tidak berfungsi semuanya sama sekali. Masalah pada keyboard ini tentu akan membuat pekerjaanmu yang harus dilakukan dengan laptop ini terhambat dan akan membuatmu tidak nyaman bahkan frustasi sendiri. Keyboard laptop yang bermasalah ini ternyata juga akan membuat software dan hardware bermasalah.

Terlepas dari masalah yang akan merembet kemana – mana. Keyboard sendiri merupakan salah satu hardware yang akan memiliki peran yang sangat penting. Penggunaan yang terlalu sering tentu akan menjadi salah satu komponen laptop paling rentan mengalami kerusakan. Tombol keyboard tidak berfungsi bisa jadi karena keyboard laptop tersebut terkunci. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki keyboard laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

  • Mengecek kerusakan keyboard

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan pada keyboard adalah mengecek dulu penyebabnya. Ada dua hal yang bisa menjadi penyebab utama kerusakan keyboard, bisa jadi dari software atau hardware. Kamu perlu memastikan dulu bagian mana yang rusak karena akan menentukan penanganan yang harus dilakukan. Caranya adalah dengan mengakses BIOS laptopmu guys. Jika kamu bisa masuk ke dalam BIOS dan menggunakan keyboard, kemungkinan kerusakan ada di software guys.

  • Membersihkan keyboard dari debu

Jika ada beberapa tombol keyboard yang rusak, sementara tombol lain tidak eror bisa jadi penyebabnya adalah debu yang menumpuk. Cara paling dasar yang bisa digunakan untuk menyingkirkan debu yang efektif adalah dengan memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyang – goyang laptopmu untuk menyingkirkan debu tersebut. Namun pastikan laptopmu sudah dimatikan terlebih dahulu yaa guys. Kamu juga bisa memiringkan hingga 90 derajat.

  • Melakukan restart pada laptop

Keyboard yang tidak berfungsi sama sekali bisa jadi ada masalah pada driver di laptopmu. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan restart pada laptop. Software laptop yang eror bisa menyebabkan perangkat keras yang terhubung dengan laptop tidak berfungsi dengan baik guys. 

  • Melakukan restore pada Windows

Keyboard yang tetap berhenti bekerja sama sekali jika telah menginstall driver baru atau mengubah pengaturan, sebaiknya kamu melakukan restore Windows. System restore atau Restore Windows berguna untuk mengembalikan sistem ke kondisi sebelum laptop mengalami eror. Restore Windows akan mengatasi masalah pada keyboard ini jika ternyata penyebabnya terletak pada masalah software. Caranya adalah dengan membuka Control Panel, pilih menu System and Security dan pilihlah opsi Back up your computer. Setelah itu, tekan Recover system settings or your computer. Setelah itu tekan opsi Open system restore untuk memulainya guys.

  • Memperbaiki drive keyboard

Driver keyboard yang bermasalah juga bisa menyebabkan keyboard tidak bisa bekerja. Sebaiknya kamu menggunakan driver yang up-to-date supaya keyboard ini kembali bisa kamu gunakan. Kamu bisa memeriksa apakah drive yang kamu gunakan tersebut bagus atau tidak. Kamu bisa mengeceknya melalui Device Manager

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memperbaiki kerusakan pada keyboard laptop yaa guys. Mudah sekali kan dan efektif untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop atau PC yang kamu gunakan guys. Sekarang kamu bisa menggunakan keyboard dengan lancar kembali deh. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.