Cara Mudah Memperbaiki Konektor HP yang Rusak atau Longgar

Korusakan pada konektor HP akan membuat kamu tidak bisa mengisi daya baterai ponselmu dengan maksimal guys. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan jika terjadi. Sebenarnya apasih indikasi yang bisa kita temukan pada HP yang konektornya rusak? Berikut adalah beberapa ciri – ciri konektor HP yang sudah rusak:

0

Gadget beserta komponennya memiliki rentang waktu tertentu atau disebut juga dengan masa pakainya. Jadi semua komponen gadget tersebut mulai tidak bisa berfungsi dengan baik pada waktunya guys. Pada akhirnya gadget yang kamu gunakan tersebut juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu komponen gadget yang juga rentan mengalami kerusakan adalah konektor HP.  Konektor HP bisa menjadi rusak atau longgar karena terlalu sering dimasukkan kabel charger dan juga dilepaskan.

Gadget beserta komponennya memiliki rentang waktu tertentu atau disebut juga dengan masa pakainya. Jadi semua komponen gadget tersebut mulai tidak bisa berfungsi dengan baik pada waktunya guys. Pada akhirnya gadget yang kamu gunakan tersebut juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu komponen gadget yang juga rentan mengalami kerusakan adalah konektor HP. 

Konektor HP bisa menjadi rusak atau longgar karena terlalu sering dimasukkan kabel charger dan juga dilepaskan. Korusakan pada konektor HP akan membuat kamu tidak bisa mengisi daya baterai ponselmu dengan maksimal guys. Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan jika terjadi. Sebenarnya apasih indikasi yang bisa kita temukan pada HP yang konektornya rusak? Berikut adalah beberapa ciri – ciri konektor HP yang sudah rusak:

  1. Kabel cas sangat mudah terlepas. Ciri ini sangat umum ditemukan jika konektor ponslemu sudah rusak guys.  Tak selalu sih kabel cas mudah terlepas menandakan konektor ponselmu sudah rusak. Bisa jadi kamu tidak menancapkannya dengan benar dan pas. Jadi cek dulu ya.
  2. Pengisian baterai memakan waktu lama. Baterai yang lama penuhnya bisa menjadi indikator konektor HP sudah rusak. Hal ini terjadi karena charger tidak tersambung dengan baik.
  3. Daya baterai tidak terisi sama sekali. Kabel charger yang bagus sekalipun tidak akan bisa mengisi daya baterai jika konektor pada ponselmu rusak guys. Soalnya kabel tersebut tidak akan bisa tersambung dengan maksimal.

Kamu bisa mengindentifikasi kerusakan pada konektor ponselmu dengan ciri – ciri diatas guys. Lalu bagaimanakah caranya mengatasi jika konektor ponselmu benar – benar rusak? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan pada konektor HP berikut ini!

Memperbaiki konektor HP menggunakan jarum pentul

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki konektor HP yang rusak adalah menggunakan harum pentul uys. Kamu bisa menggunakan ujung dari peniti juga kok. Hal ini perlu dilakukan untuk mengotak atik lubang konektor. Namun kamu harus hati – hati dalam melakukannya ya. Caranya adalah dengan mengubah posisi konektor ponselmu sampai benar – benar pas dan tidak longgar lagi menggunakan jarum tersebut. Pasang kabel, cocokkan sampai pemasangan bisa pas.

Membersihkan port cas HP yang kotor

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan pada konektor HP adalah dengan membersihkan port USB. Bisa jadi konektor HP tersebut tidak berfungsi bukan karena adanya kerusakan, namun karena kotor atau ada benda asing yang masuk. Bersihkanlah port USB pada ponselmu tersebut dengan menggunakan jarum atau cotton bud. Gosok susu atas bawah konektor tersebut secara perlahan. Kamu juga bisa mencukil jika ada benda asing yang harus dikeluarkan.

Mengganti konektor Hp

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan jika kedua cara diatas tidak bisa bekerja adalah mengganti konektor ponselmu guys. Hindari mengganti konektor HP ini sendiri yaa guys. Soalnya kamu tidak akan bisa melakukan klaim garansi jika kamu membongkar sendiri ponselmu secara tidak resmi. sebaiknya kamu membawa ke service center terdekat dan minta diganti konektornya.

Salam teknologi! Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi konektor HP yang rusak yaa guys. Selagi bisa diperbaiki kenapa harus beli baru kan whehe. Jadi budgetnya bisa kamu alokasikan untuk beli barang lain yang dibutuhkan deh. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah dan Praktis Menonaktifkan Messenger Facebook

Leave A Reply

Your email address will not be published.