Cara Mudah Memperbaiki Speaker Aktif yang Tidak Ada Suara

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ini tergantung dengan sistem speaker sendiri. Sistem speaker yang jelek akan mengeluarkan suara yang jelek sekalipun rekaman yang kamu putar berkualitas bagus. Kamu juga perlu memperhatikan desain speaker. Lalu bagaimana jika speaker aktif tidak mengeluarkan suara? Bagaimanakah caranya mengatasi hal ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

0

Perangkat ini dibuat sedemikian rupa dengan ambang batas yang disesuaikan dengan kemampuan pendengaran telinga manusia guys. Speaker aktif ini terdiri atas beberapa speaker loh guys. Jadi pengguna bisa mengatur suara sesuai dengan frekuensi yang diinginkan secara leluasa. Jangkauan frekuensi dari speaker ini berkisar di antara 20 Hz sampai 20.000 Hz sesuai dengan frekuensi suara yang dapat didengar oleh telinga manusia.Speaker sebenarnya berfungsi sebagai perangkat pengubah suara terakhir guys. Jadi perangkat ini bisa mengubah vibrasi – vibrasi fisik yang nantinya akan menjadi gelombang – gelombang suara tertentu.

Speaker aktif menjadi pilihan jika inign mereproduksi suara – suara atau musik. Perangkat ini dibuat sedemikian rupa dengan ambang batas yang disesuaikan dengan kemampuan pendengaran telinga manusia guys. Speaker aktif ini terdiri atas beberapa speaker loh guys. Jadi pengguna bisa mengatur suara sesuai dengan frekuensi yang diinginkan secara leluasa.

Jangkauan frekuensi dari speaker ini berkisar di antara 20 Hz sampai 20.000 Hz sesuai dengan frekuensi suara yang dapat didengar oleh telinga manusia.Speaker sebenarnya berfungsi sebagai perangkat pengubah suara terakhir guys. Jadi perangkat ini bisa mengubah vibrasi – vibrasi fisik yang nantinya akan menjadi gelombang – gelombang suara tertentu.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ini tergantung dengan sistem speaker sendiri. Sistem speaker yang jelek akan mengeluarkan suara yang jelek sekalipun rekaman yang kamu putar berkualitas bagus. Kamu juga perlu memperhatikan desain speaker. Lalu bagaimana jika speaker aktif tidak mengeluarkan suara? Bagaimanakah caranya mengatasi hal ini? Yuk simak ulasan berikut ini guys!

Cara memperbaiki speaker aktif yang tidak mengeluarkan suara

Speaker aktif yang tidak dapat mengeluarkan suara tentu saja akan membuat kamu kesal bercampur bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun sebenarnya kamu bisa kok memperbaikinya dulu guys. Jadi tak perlu terburu – buru membawa speaker aktif milikmu tersebut ke tukang service. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa lampu indikator pada speaker aktif tersebut. Jika ternyata lampu indikatornya tidak menyala, mkaa periksalah kabel yang tersambung dengan stop kontak, power dan juga trafo guys
  2. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa komponen power supply yang kamiu gunakan
  3. Bukalah bagia fuse dan periksa sikring yang terdapat pada bagian belakang dengan menggunakna AVO meter
  4. Bukalah tutup pada box belakang dan periksa sikring pada papan PCB menggunakan AVO meter tadi ya. Caranya dengan mengarahkan AVO meter ke RX1 dan colokkan kabel hitam dan merah pada kedua sisi sikring guys. Jika jarum AVO tersebut tidak bergerak, maka sebaiknya kamu mengganti sikring tersebut dengan sikring yang baru karena sikring yang kamu gunakan tersebut sudah rusak.
  5. Periksa bagian konektor yang terhubung ke power supply dengan cara melepasnya. Setelah itu pasang kembali konektor tersebut jika sudah selesai kamu periksa.
  6. Komponen selanjutnya yang perlu kamu periksa adalah bagian amplifier guys. periksalah semua komponen pada amplifier. Jika ada bagian yang rusak, maka gantilah dengan yang baru ya.
  7. Periksa bagian kabel output amplifier yang terhubung ke speaker. Termasuk midrange, tweeter dan juga woofer yaa.
  8. Periksalah semua komponen pada rangkaian speaker tersebut secara teliti satu – persatu guys.
  9. Jika tidak ada masalah apapun pada komponen diatas namun suara masih tidak keluar. Bisa jadi ada masalah pada komponen mesin PCB guys. Nah kamu harus memeriksa komponen PCB ini satu – persatu secara teliti. Gantilah bagian yang rusak.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi speaker aktif yang tidak mengeluarkan suara yaa guys. memang butuh kesabaran, kegigihan dan ketelitian untuk mengatasinya. Rawat speaker aktif tersebut supaya masalah yang sama tidak terulang yaa. Sebaiknya kamu melepas stop kontak jika tidak akan menggunakannya dalam jangka waktu yang sama dan pastikan tempatnya bersih, datar dan kering yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.