Cara Mudah Menambah RAM pada HP Tanpa Proses Root!

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah kapasitas RAM di ponselmu guys. Lalu bagaimana sih caranya memperluas kapasitas RAM ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Ukuran aplikasi yang terlalu besar dan berat ini tak jarang membuat masalah pada perangkat karena kapasitas RAM yang digunakan pun akan semakin besar pula. Tentu saja hal ini akan membuat RAM semakin sesak.  Smartphone yang dibekali dengan kapasitas RAM besar sekalipun tetap saja memiliki kapasitas yang terbatas. Jadi bukan hal yang mustahil kalau pada akhirnya kapasitas RAM ini menipis dan membuat peforma ponselmu akan semakin menurun.

Aplikasi untuk ponsel kini semakin beranekaragam dan selalu diperbarui dengan fitur – fitur yang keren. Pembaharuan ini membuat ukuran aplikasi tersebut pun bertambah besarnya. Ukuran aplikasi yang terlalu besar dan berat ini tak jarang membuat masalah pada perangkat karena kapasitas RAM yang digunakan pun akan semakin besar pula. Tentu saja hal ini akan membuat RAM semakin sesak. 

Smartphone yang dibekali dengan kapasitas RAM besar sekalipun tetap saja memiliki kapasitas yang terbatas. Jadi bukan hal yang mustahil kalau pada akhirnya kapasitas RAM ini menipis dan membuat peforma ponselmu akan semakin menurun. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah kapasitas RAM di ponselmu guys. Lalu bagaimana sih caranya memperluas kapasitas RAM ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

  • Melakukan uninstall aplikasi

Jumlah aplikasi yang terlalu banyak dipasang di ponsel akan menguras kapasitas RAM yang kamu gunakan. Padahal belum tentu semua aplikasi yang kamu install tersebut digunakan. Nah, sebaiknya kamu menghapus atau melakukan uninstall aplikasi – aplikasi yang jarang kamu gunakan guys. Kamu juga bisa menutup aplikasinya agar tidak berjalan di latar belakang. 

  • Melakukan disable pada aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang memang tidak bisa di uninstall, misalnya saja aplikasi bawaan yang sudah ada sejak kamu membeli ponselmu. Kamu bisa saja menonaktifkan aplikasi tersebut jika memang tidak kamu gunakan guys. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Disable Application. Cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan pada aplikasi yang tidak ingin kamu uninstall tapi jarang digunakan. Hindari melakukan disable pada aplikasi yang berkaitan dengan sistem yaa karena bisa menimbulkan masalah pada ponselmu guys. 

  • Mengurangi widget dan live wallpaper

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memperluas kapasitas RAM adalah dengan mengurangi widget dan tidak menggunakan live wallpaper. Kedua fitur ini disebut paling banyak menggunakan RAM guys. Banyak widget yang digunakan ini selalu refresh. Sementara live wallpaper yang kamu gunakan ini akan selalu aktif ketika layar menyala. 

  • Menonaktifkan animasi

Cara lain untuk memperluas kapasitas RAM adalah dengan menonaktifkan animasi. Kamu harus masuk dulu ke mode developer untuk menonaktifkan animasi ini guys. Caranya adalah dengan membuka menu settings, lalu scroll ke paling bawah dan tekan opsi About Phone. Pilihlah opsi Software Information lalu tekan 7x pada bagian Build Number untuk mengaktikan Developer Options. Balik lagi ke menu settings, pilih developer options dan pilih Animation Off pada menu Animasi.

  • Menggunakan aplikasi Booster

Aplikasi Booster dapat membuka peforma ponselmu makin licin guys. Biasanya ada fitur RAM Booster di dalamnya yang berfungsi untuk menghapus aplikasi yang tidak penting namun memakan kapasitas RAM milikmu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Smart Booster besutan AntTek. Aplikasi ini sangat berguna untuk memperluas kapasitas RAM pada ponselmu guys. Tentu saja kamu bisa menggunakan aplikasi lain jika kamu merasa lebih cocok.

Salam teknologi! Nah, begitulah caranya mengatasi RAM yang sudah terlalu sesak. Jadi kamu bisa memperluas kapasitas RAM dengan cara diatas guys. Bukan berarti upgrade ukuran RAM, tapi kamu meminimalisir penggunaan RAM ponselmu. Kamu bisa menghindari penggunaan kapasitas RAM untuk hal – hal yang tidak perlu. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.