Cara Mudah Menambahkan Font pada Aplikasi Photoshop di Windows dan Mac

Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang banyak diandalkan dalam hal desain grafis. Software yang dibuat oleh Adobe ini menawarkan banyak sekali fitur yang sangat diperlukan dalam esain grafis dan termasuk aplikasi profesional. Ada banyak sekali jenis font yang disediakan oleh Photoshop untuk mempercantik desain yang kamu buat. Meskipun begitu, beberapa pengguna memilih untuk menggunakan font baru yang tidak pasaran dan belum banyak digunakan. Sekarang ini ada banyak sekali font menarik dan anti mainstream di internet yang bisa digunakan untuk menghasilkan desain yang ciamik.

0

Ada banyak sekali jenis font yang disediakan oleh Photoshop untuk mempercantik desain yang kamu buat. Meskipun begitu, beberapa pengguna memilih untuk menggunakan font baru yang tidak pasaran dan belum banyak digunakan. Sekarang ini ada banyak sekali font menarik dan anti mainstream di internet yang bisa digunakan untuk menghasilkan desain yang ciamik. Sayangnya masih banyak pengguna Photoshop yang belum mengetahui bagaimana cara menambahkan font agar bisa digunakan saat membuat desain menggunakan software ini.

Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang banyak diandalkan dalam hal desain grafis. Software yang dibuat oleh Adobe ini menawarkan banyak sekali fitur yang sangat diperlukan dalam esain grafis dan termasuk aplikasi profesional. Ada banyak sekali jenis font yang disediakan oleh Photoshop untuk mempercantik desain yang kamu buat.

Meskipun begitu, beberapa pengguna memilih untuk menggunakan font baru yang tidak pasaran dan belum banyak digunakan. Sekarang ini ada banyak sekali font menarik dan anti mainstream di internet yang bisa digunakan untuk menghasilkan desain yang ciamik.

Sayangnya masih banyak pengguna Photoshop yang belum mengetahui bagaimana cara menambahkan font agar bisa digunakan saat membuat desain menggunakan software ini. Apakah kamu adalah salah satu pengguna Photoshop yang mencari tau bagaimana cara menambahkan font? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya!

Cara menambahkan font di Photoshop pada sistem operasi Windows

Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini mudah dipahami. Sistem operasi ini juga memungkinkan kamu untuk menginstall font di berbagai software dengan mudah. Termasuk memasukkan font ke software Photoshop juga bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk memasukkan font ke Photoshop:

  1. Bukalah browser yang ada di perangkatmu dan unduh font yang kamu inginkan pada situs yang menyediakan layanan download font secara gratis. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah dafont.com
  2. Kamu akan diberikan beberapa pilihan font. Pilih salah satu jenis font yang tersedia dan tekan tombol download yang terdapat di bagian samping font tersebut
  3. Font yang sudah diunduh tersebut akan diperoleh dalam format ZIP. Ekstrak file tersebut menggunakan software WinRAR
  4. Tutup aplikasi Photoshop di perangkatmu terlebih dahulu. Pasalnya font tidak akan muncul jika kamu tidak menutup aplikasi ini terlebih dahulu.
  5. Carilah file dengan format TTF atau OTF. Setelah itu klik kanan pada file tersebut dan tekan tombol install. Photoshop sudah mendukung file dengan format selain TTC, PFB dan PFM. 
  6. Buka lagi software Photoshop yang ada di laptopmu dan cek apakah font yang sudah kamu unduh tadi sudah muncul di bagian font Photoshop atau belum

Cara menambahkan font di Photoshop pada MacOS

Penambahan font pada Photoshop di perangkat dengan sistem operasi MacOS juga bisa dilakukan. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh font Photoshop yang kamu inginkan. Kamu bisa mengunduhnya melalui situs Dafont atau situs lain seperti Google Font, Font Squirrel dan 1001 font.
  2. Font yang kamu unduh tersebut akan tersimpan dalam file di folder ZIP. Klik dua kali pada folder tersebut untuk melakukan ekstraksi. Buka font book dengan membuka file .ttf dan .otf
  3. Tutup aplikasi Photoshop. Lalu install font pada font book
  4. Buka kembali software Photoshop
  5. Voila! Kamu berhasil memasukka font tadi ke Photoshop guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya memasukkan font baru ke Photoshop pada perangkat dengan sistem operasi Windows maupun MacOS. Caranya tidak terlalu susah kan guys. Sekarang kamu bisa membuat desain menggunakan font yang anti mainstream deh. Pilih saja font yang kamu suka di internet dan gunakan di Photoshop.

Leave A Reply

Your email address will not be published.