Cara Mudah Mendaftar Nikah secara Online melalui Situs SIMKAH

Mulai dari undangan, sewa gedung, pemilihan catering dan banyak lagi urusan lainnya. Termasuk proses pendaftaran nikah ke kantor KUA supaya pernikahanmu dicatat dan diakui oleh negara secara sah. Yuk simak cara mendaftar pernikahan secara online berikut ini!

0

Sistem kerja dari rumah ini juga berlaku bagi petugas yang ada di kantor KUA. Hal ini membuat urusan pernikahan pun menjadi terkendala. Tentu saja kamu tidak ingin pernikahanmu tertunda hanya karena petugas KUA ini tidak masuk kantor kan guys whehe. Sekarang proses pendaftaran nikah bisa dilakukans secara online. Jadi pandemi ini tidak akan menjadi hambatan proses pernikahan seseorang deh guys.

Pandemi covid-19 yang tidak kunjung berakhir sampai saat ini membuat kebanyakan aktivitas masih dilakukan dari rumah, termasuk bekerja yang beralih menjadi sistem work from home (WFH). Sistem kerja dari rumah ini juga berlaku bagi petugas yang ada di kantor KUA.

Hal ini membuat urusan pernikahan pun menjadi terkendala. Tentu saja kamu tidak ingin pernikahanmu tertunda hanya karena petugas KUA ini tidak masuk kantor kan guys whehe. Sekarang proses pendaftaran nikah bisa dilakukans secara online. Jadi pandemi ini tidak akan menjadi hambatan proses pernikahan seseorang deh guys.

Tak dipungkiri bahwa pernikahan ini membutuhkan banyak sekali persiapan. Mulai dari undangan, sewa gedung, pemilihan catering dan banyak lagi urusan lainnya. Termasuk proses pendaftaran nikah ke kantor KUA supaya pernikahanmu dicatat dan diakui oleh negara secara sah. Yuk simak cara mendaftar pernikahan secara online berikut ini!

Syarat dokumen mendaftar nikah secara online

  1. N1 – surat pengantar nikah
  2. N3 – surat persetujuan mempelai
  3. N5 – surat izin orangtua (pengantin dibawah usia 21 tahun)
  4. Surat akta cerai (jika pengantin sudah cerai)
  5. Surat Izin Komandan (calon pengantin TNI dan POLRI)
  6. Surat Akta Kematian (calon pengantin duda/janda ditinggal mati)
  7. Izin/dispensasi dari Pengadilan Agama jika:
  1. Usia suami kurang dari 19 tahun
  2. Usia istri kurang dari 19 tahun
  3. Izin poligami
  4. Izin dari Kedutaan Besar untuk Warga Negara Asing (WNA)
  1. Fotokopi identitas diri (KTP)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Akta Lahir
  4. Surat rekomendasi nikah dari KUA kecamanan
  5. Pas foto 2×3 sebanyak 5 lembar
  6. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar

Cara mendaftar nikah secara online

Para catin biasanya merasa stress karena terlalu banyak persiapan yang harus dilakukan. Nah adanya sistem pendaftaran nikah secara online ini membuat salah satu bebanmu berkurang guys. soalnya kamu ga harus repot pergi ke kantor KUA. Tinggal daftar aja secara online. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi browser yang terdapat pada perangkat yang kamu gunakan dan ketikkan alamat http://simkah.kemenag.go.id/ pada bagian address bar dan tekan tombol enter
  2. Scroll ke arah bawah sampai menemukan pilihan Daftar Nikah dan klik pada tombol Daftar
  3. Kamu akan dibawa ke portal Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Setelah itu isi data tempat dimana akad akan dilangsungkan
  4. Jika kamu memilih lokasi akad di luar KUA, maka isi lokasi pelaksanaan akad nikah tersebut secara detail
  5. Scroll ke arah bawah dan kamu pun akan menemukan data calon suami, calon istri dan checklist dokumen yang harus diiisi. Klik pada tombol upload foto calon suami atau calon istri. Pastikan kamu menggunakan foto dengan background biru ya
  6. Bukti pendaftaran pun akan terlampir jika semua data sudah diisi, selesai deh.

Nah begitulah caranya melakukan pendaftaran nikah secara online melalui SIMKAH yaa guys. caranya sangat mudah dan praktis sekali. Soalnya kamu tidak harus menyediakan waktu khusus untuk pergi ke kantor KUA terdekat. Kamu juga lebih aman karena mengikuti protokol kesehatan untuk tetap dirumah saja. Semoga berguna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.