Cara Mudah Mengaktifkan Microphone pada Laptop

Microphone merupakan salah satu komponen penting pada laptop atau PC jika kamu seringmelakukan video call ataupun mengikuti meeting menggunakan aplikasi Zoom. Kamu tidak akan bisa bersuara sama sekali jika microphone pada laptopmu tersebut tidak bisa digunakan guys. Tentu saja ini akan menjadi masalah jika kamu sering melakukan video call atau zoom meeting tadi.

0

Kamu tidak akan bisa bersuara sama sekali jika microphone pada laptopmu tersebut tidak bisa digunakan guys. Tentu saja ini akan menjadi masalah jika kamu sering melakukan video call atau zoom meeting tadi. Namun kamu tak perlu panik guys. Kamu bisa memperbaiki microphone yang tidak berfungsi kok.Cara mengaktifkan microphone pada sistem windows berbagai versi sama saja guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan microphone pada laptop atau PC ini.

Microphone merupakan salah satu komponen penting pada laptop atau PC jika kamu seringmelakukan video call ataupun mengikuti meeting menggunakan aplikasi Zoom. Kamu tidak akan bisa bersuara sama sekali jika microphone pada laptopmu tersebut tidak bisa digunakan guys.

Tentu saja ini akan menjadi masalah jika kamu sering melakukan video call atau zoom meeting tadi. Namun kamu tak perlu panik guys. Kamu bisa memperbaiki microphone yang tidak berfungsi kok.Cara mengaktifkan microphone pada sistem windows berbagai versi sama saja guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan microphone pada laptop atau PC ini.

Jadi kamu bisa memilih cara paling mudah dan memungkinkan untuk kamu lakukan. Pasti kamu penasaran kan bagaimana caranya mengaktifkan microphone ini di laptop atau PC? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengaktifkan microphone melalui Device Manager

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan microphone pada laptop adalah melalui device manager. Caranya pun sangat mudah sekali. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol Windows+X dalam waktu yang bersamaan untuk memunculkan menu WinX. Setelah itu, pilihlah opsi device manager.
  2. Setelah masuk ke laman device manager, pilihlah pengaturan sound, video and game controllers. Setelah itu, klik kanan pada bagian sound card yang terinstall pada laptopmu dan pilihlah enable driver.
  3. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah restart laptopmu. Setelah ponselmu hidup kembali, maka kamu sudah bisa menggunakan microphone tersebut lagi.

Cara mengaktifkan microphone di laptop melalui pengaturan sound

Cara kedua mengaktifkan microphone pada laptopmu adalah melalui pengaturan sound. Cara ini bisa kamu lakukan jika cara mengaktifkan microphone melalui device manager tidak bisa dilakukan. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol Windows+S dalam waktu yang bersamaan. Setelah itu, ketikkan sound pada tab search dan bukalah bagian sound.
  2. Klik tab sound pada control panel yang terdapat pada bagian kanan. Jika sudah selesai kamu tinggal memilih tab recording.
  3. Pada tab recording, kamu akan melihat semua device yang sudah terhubung ke laptopmu. Klik kanan pada microphone yang akan kamu gunakan. Setelah itu pilihlah opsi enable device.
  4. Sekarang klik tombol OK dan selesai deh! sekarang kamu sudah bisa menggunakan microphonemu pada laptop. Apabila microphone tersebut tidak terdeteksi, maka kamu bisa klik kanan pada tempat kosong dan klik opsi show disabled devices

Salam teknologi! Nah itulah 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan microphone pada laptopmu guys. Sekarang kamu tak perlu khawatir lagi suaramu tidak akan terdengar saat melakukan video call atau zoom meeting. Kamu bisa memilih salah satu cara yang sesuai dan paling mudah kamu lakukan. Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengaktifkan microphone.

Salah satunya adalah dengan mengaktifkan microphone melalui Windows settings dan juga melalui control panel. Jika komponen microphone laptopmu tidak berfungsi kamu juga bisa mengatasinya kok guys. Caranya dengan mengakses menu troubleshoot sound problem. Ikuti saja langkah – langkah yang diminta pada menu tersebut, maka microphone laptopmu akan diperbaiki. Semoga berhasil yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.