Cara Mudah Mengaktifkan NFC di Smartphone Android

0

Hello guys!

NFC atau Near Field Communication merupakan konektivitas yang berguna untuk menyembungkan dua perangkat dengan cara mendekatkannya. Kedua perangkat ini tidak boleh terlalu berjauhan. Cuma bisa beberapa centimeter saja agar bisa saking terhubung. Melalui NFC ini, kedua ponsel tersebut dapat mentransfer data, misalnya kontak, foto, video ke ponsel lainnya yang sudah terhubung melalui NFC ini.

Cara kerja NFC mirip dengan Bluetooth. Kelebihannya, transfer data menggunakan NFC ini lebih lancer dan bebas dari gangguan dibandingkan dengan Bluetooth. Banyak smartphone yang sudah dibekali dengan NFC. Biasanya disematkan pada smartphone kelas menengah hingga flagship. Semua ponsel kelas flagship sudah mendukung NFC. Namun, ponsel kelas menengah masih ada beberapa yang belum mendukung fitur ini. 

Kamu bisa cek di bagian belakang ponselmu, apakah mendukung NFC atau tidak. Biasanya ada tulisan NFC di bagian tempat penyimpanan baterai. Kamu juga bisa cek spesifikasi ponselmu untuk kepastiannya. Lalu bagaimana sih cara mengaktifkan NFC pada Android? Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan NFC. Yuk simak ulasan berikut!

  • Mengaktifkan NFC melalui settings

Berikut adalah langkah – langkah mengaktifkan NFC melalui menu pengaturan:

  1. Buka menu settings atau pengaturan
  2. Pilih more settings
  3. Kamu akan melihat pilihan NFC, biasanya ada di networks
  4. Pilih bagian share & connect
  5. Aktifkan NFC dengan cara menggeser tombol on.
  • Mengaktifkan NFC melalui shortcut

Kamu juga bisa mengaktifkan NFC melalui shortcut secara langsung. Biasanya terletak di posisi yang berdekatan dengan posisi shortcut untuk menyalakan mobile data, Wifi dan Bluetooth. Cara ini lebih simple dan praktis untuk dilakukan.

NFC tidak hanya berfungsi untuk mentransfer data antar smartphone saja. Fitur ini juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran loh. Kamu juga bisa memindahkan jumlah saldo kartu e-money, mengakses gerbang kereta atau transportasi lainnya. Sangat banyak sekali gunanya. Tak sampai disini saja loh fungsinya. NFC punya banyak keistimewaan, namun tidak banyak yang mengetahui hal ini sehingga tidak dapat menggunakannya secara maksimal. 

Berikut adalah beberapa fungsi NFC:

  • NFC tag, penghubung untuk menggunakan semua fitur yang ada di NFC

Kamu bisa menggunakan banyak fitur NFC ketika sudah terhubung. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi tertentu, mengaktifkan Bluetooth, penyesuaian volume, mengubah kecerahan layar, dan sebagainya. Semua hal ini dapat kamu lakukan tanpa perlu menyalahkan ponselmu loh. 

  • Membantumu membuka aplikasi secara otomatis

Kamu dapat membuka aplikasi resep hanya dengan melakukan tap pada ponsel saja dengan NFC tag yang dipasang di dapur. Kamu juga bisa menyalakan music melalui ponselmu saja. Bahkan, kamu ak perlu menekan saklar untuk menyalakan lampu. Kamu cukup menyalakan lampu dengan melakukan tap saja melalui ponsel. Canggih sekali ya!

  • Memberikan informasi posisi suatu tempat

Kamu juga dapat memberitahukan posisi suatu tempat dengan adanya NFC. Kamu bisa check-in dengan sistem LBS (Location Based Service). Misalnya, kamu berkunjung ke sebuah mall. Nah, dengan NFC ini kamu bisa memberikan informasi lokasi mall tersebut dengan memindai tag. 

Nah, itulah beberapa kegunaan NFC. Masih banyak kegunaan lainnya jika kamu eksplor. Kamu bisa langsung aktifkan NFC pada Androidmu dengan cara diatas ya. Selamat mencoba!

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.