Cara Mudah Mengaktifkan Suara di Zoom, Meeting Jadi Lancar!

Ada beberapa kesalahan teknis yang dihadapi oleh para pengguna zoom. Salah satunya adalah tidak ada suara yang muncul. Lalu bagaimana ya cara mengatasinya jika masalah ini terjadi? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

0

Hal ini membuat berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan secara online pun semakin berkembang. Salah satunya adalah aplikasi untuk mengadakan meeting online atau disebut juga dengan teleconference.  Zoom merupakan salah satu aplikasi teleconference yang kini banyak digunakan untuk mengadakan pertemuan virtual secara online. Aplikasi ini sering digunakan untuk mengadakan kelas, seminar, dan juga rapat. Namun tidak semua orang bisa lancar menggunakan aplikasi yang satu ini karena tidak terbiasa menggunakannya.

Dampak dari pandemi Covid-19 memang sangat besar dan berpengaruh sekali terhadap banyak aktivitas sehari – hari, termasuk kegiatan belajar mengajar, kerja kantoran dan sebagainya. Hampir semua aktivitas dialihkan menjadi online dan dirumahkan saja. Hal ini membuat berbagai aplikasi yang mendukung kegiatan secara online pun semakin berkembang.

Salah satunya adalah aplikasi untuk mengadakan meeting online atau disebut juga dengan teleconference.  Zoom merupakan salah satu aplikasi teleconference yang kini banyak digunakan untuk mengadakan pertemuan virtual secara online. Aplikasi ini sering digunakan untuk mengadakan kelas, seminar, dan juga rapat.

Namun tidak semua orang bisa lancar menggunakan aplikasi yang satu ini karena tidak terbiasa menggunakannya. Ada beberapa kesalahan teknis yang dihadapi oleh para pengguna zoom. Salah satunya adalah tidak ada suara yang muncul. Lalu bagaimana ya cara mengatasinya jika masalah ini terjadi? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

Penyebab suara di Zoom tidak ada

Pengguna biasanya dihadapkan dengan beberapa perintah yang diberikan oleh Zoom sebelum menggunakannya. Salah satunya adalah adanya muncul call over internet. Perintah ini mempunyai arti dimana kamu harus memberikan izin aplikasi Zoom ini untuk menggunakan audio pada perangkatmu. Suara tidak akan bisa keluar sebelum kamu menekan tombol ini guys. Ada beberapa faktor yang membuat suara pada zoom tidak muncul. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Aplikasi belum terhubung dengan perangkat audio seluler. Kamu harus mengecek dulu apakah ponsel yang kamu gunakan sudah memberikan izin kepada aplikasi Zoom untuk mengakses perangkat audio atau belum
  2. Terdapat bug pad Zoom. Bug yang ada pada aplikasi Zoom bisa membuat suara pada Zoom menjadi putus – putus bahkan hilang. Sebaiknya kamu melakukan restart terhadap aplikasi untuk mengatasi permasalahan bug ini.
  3. Adanya masalah pada sistem operasi smartphone. Masalah ini bisa diatas dengan cara melakukan restart terhadap Android ataupun iPhone yang kamu gunakan
  4. Belum mengaktifkan fitur Join audio. Nah jika fitur yang satu ini belum diaktifkan, artinya kamu belum terhubung ke audio Zoom.

Cara mengaktifkan suara di Zoom

Cara menyalakan suara pada Zoom yang digunakan di ponsel dan laptop sebenarnya sama saja. Caranya mudah dan tidak ribet guys. 

Berikut adalah langkah – langkah mengaktifkan suara sebelum masuk ke meeting:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Zoom di perangkatmu
  2. Klik pada menu setting untuk masuk ke laman pengaturan
  3. Tap atau klik pada menu meeting di laman pengaturan tersebut
  4. Klik auto-connect to audio
  5. Pilih opsi use internet
  6. Selesai! Suara kamu sudah muncul deh di Zoom

Cara mengaktifkan suara ketika sudah masuk ke meeting:

  1. Lihat bagian kiri bawah dari tampilan Zoom ketika kamu sedang meeting dan kamu pun akan melihat ada simbol audio
  2. Klik pada kotak perintah dengan tulisan call over internet
  3. Selesai! Suara di Zoom sudah muncul deh.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengaktifkan suara di Zoom. Baik sebelum bergabung dengan meeting ataupun setelahnya. Kamu juga bisa mengotak – atik fitur video yang ada di aplikasi Zoom ini guys. ada banyak sekali fitur yang bisa kamu eksplor supaya meeting berjalan dengan lancar. Semoga berguna ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.