Cara Mudah Mengaktifkan Touchpad pada Laptop Asus

Tentu saja hal ini membuat kamu bingung karena aktivitas di laptop akan terhambat dan juga menimbulkan ketidaknyamanan jika sudah terbiasa menggunakan touchpad tersebut. Nah kamu tak perlu panik dulu guys. Kamu bisa kok mengaktifkan touchpad laptop Asus ini dengan mudah, sehingga bisa kamu gunakan kembali. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Mouse biasanya digunakan saat bermain game laptop ataupun melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan gerak intensif. Namun biasanya pengguna laptop lebih memilih menggunakan touchpad untuk browsing dan saat mengetik. Salah satu laptop yang banyak digunakan adalah Asus. Apakah kamu salah satu pengguna merk ini juga dan mengalami kendala dimana touchpad pada laptopmu tidak responsif saat digunakan? Tentu saja hal ini membuat kamu bingung karena aktivitas di laptop akan terhambat dan juga menimbulkan ketidaknyamanan jika sudah terbiasa menggunakan touchpad tersebut.

Sebagian pengguna laptop biasanya lebih sering menggunakan touchpad dibandingkan dengan menggunakan mouse dalam mengoperasikan laptopnya. Hal ini dikarenakan penggunaan touchpad dinilai lebih praktis dan nyaman jika dibandingkan dengan penggunaan mouse. Mouse biasanya digunakan saat bermain game laptop ataupun melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan gerak intensif.

Namun biasanya pengguna laptop lebih memilih menggunakan touchpad untuk browsing dan saat mengetik. Salah satu laptop yang banyak digunakan adalah Asus. Apakah kamu salah satu pengguna merk ini juga dan mengalami kendala dimana touchpad pada laptopmu tidak responsif saat digunakan?

Tentu saja hal ini membuat kamu bingung karena aktivitas di laptop akan terhambat dan juga menimbulkan ketidaknyamanan jika sudah terbiasa menggunakan touchpad tersebut. Nah kamu tak perlu panik dulu guys. Kamu bisa kok mengaktifkan touchpad laptop Asus ini dengan mudah, sehingga bisa kamu gunakan kembali. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengaktifkan laptop Asus melalui keyboard

Cara mengaktifkan touchpad pada laptop Asus yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan laptop Asus yang menggunakan sistem operasi Windows 7 sebenarnya sama saja. Touchpad laptop ini bisa kamu perbaiki dengan mudah dan praktis hanya dengan menekan shorcut keyboard saja. Biasanya tombol untuk mengaktifkan touchpad ini terdapat pada bagian atas yang mempunyai awalan huruf F. Jadi kamu hanya perlu menekan tombol tersebut supaya touchpad laptopmu aktif dan bisa digunakan lagi. 

Kombinasi tombol yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan touchpad pada laptop Asus adalah Fn dan F9, F3, Fn dan F5, Fn dan F6, serta Fn dan F7. Nah kamu bisa mencoba salah satu kombinasi tombol tersebut sampai touchpad laptopmu aktif kembali guys. Caranya sangat mudah dan praktis sekali untuk dilakukan.

Cara mengaktifkan touchpad laptop Asus dengan melakukan update pada driver

Apabila touchpad laptop Asus milikmu masih tidak berfungsi setelah mencoba cara diatas. Kemungkinan kerusakan atau penyebab masalahnya terletak pada driver laptop yang kamu gunakan sudah outdated atau usang guys. Sebaiknya kamu melakukan update pada driver ini untuk mengaktifkan kembali touchpad Asus. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Cara pertama adalah dengan menggunakan software Driverpack Solution Online yang memungkinkan kamu untuk mengunduh semua driver versi terbaru secara otomatis. Cara kedua adalah dengan melakukan update driver laptop secara manual melalui menu device manager. 

Berikut adalah langkah – langkah melakukan update driver touchpad Asus melalui Device Manager:

  1. Bukalah menu Device Manager dengan cara mengetikkan keyword pada kolom pencarian di Start Menu dan menekan tombol enter. Bukalah Device Manager yang muncul.
  2. Kamu akan dibawa ke laman Device Manager. Sekarang klik kanan pada driver touchpad dan pilihlah opsi update driver software
  3. Klik pada Search Automatically for driver
  4. Tunggu beberapa saat sampai laptop berhasil mencari driver laptop yang terbaru secara otomatis
  5. Laptop akan menginstall driver tersebut, jika sudah selesai lakukan restart pada laptopmu.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengaktifkan touchpad pada laptop merk Asus yaa guys. Kamu bisa menggunakan cara diatas pada laptop dengan sistem operasi Windows berbagai versi ya. Tinggal pilih cara paling praktis dan sesuai denganmu deh. Jadi bisa bebas deh mengetik. Semoga berhasil yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.