Cara Mudah Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Sistem penyimpanan Google Docs berbasis cloud yang membuat pengguna bisa membukanya dari device mana saja selama terhubung dengan akun Gmail yang digunakan. Tak perlu repot membawa laptop kesana kemari deh. berbeda halnya dengan Microsoft Word yang menggunakan penyimpanan internal device. Keunggulan lainnya dari Google Docs adalah pengguna bisa mengetik menggunakan mulut guys. Hal ini dilakukan menggunakan fitur unggulan lainnya dari Google Docs yaitu voice typing.

0

Hanya saja kamu harus terhubung dengan internet agar bisa menggunakan layanan yang satu ini. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Google Docs. Salah satunya adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis menggunakan di internet dan login dengan akun Gmail. Google Docs tidak mengharuskan penggunanya untuk menginstall aplikasi seperti halnya Microsoft Word. Jadi tidak perlu membeli lisensi supaya bisa mendapatkan kunci produknya. Pengguna bisa mengoperasikannya secara gratis selama tersambung dengan internet.

Google Docs merupakan salah satu layanan Google yang bisa dibilang seperti Microsoft Word online. Layanan yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengetik dan mengedit data yang sudah dituliskan dengan mudah. Hanya saja kamu harus terhubung dengan internet agar bisa menggunakan layanan yang satu ini. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Google Docs. Salah satunya adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis menggunakan di internet dan login dengan akun Gmail.

Google Docs tidak mengharuskan penggunanya untuk menginstall aplikasi seperti halnya Microsoft Word. Jadi tidak perlu membeli lisensi supaya bisa mendapatkan kunci produknya. Pengguna bisa mengoperasikannya secara gratis selama tersambung dengan internet.

Sistem penyimpanan Google Docs berbasis cloud yang membuat pengguna bisa membukanya dari device mana saja selama terhubung dengan akun Gmail yang digunakan. Tak perlu repot membawa laptop kesana kemari deh. berbeda halnya dengan Microsoft Word yang menggunakan penyimpanan internal device.

Keunggulan lainnya dari Google Docs adalah pengguna bisa mengetik menggunakan mulut guys. Hal ini dilakukan menggunakan fitur unggulan lainnya dari Google Docs yaitu voice typing. Sebuah fitur yang dapat membantu kamu sebagai pengguna agar bisa mengetik menggunakan suara saja. Jadi suara yang diterima akan dituliskan secara otomatis. Yuk simak cara menggunakan fitur voice typing pada Google Docs berikut ini!

Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur voice typing pada Google Docs

Fitur voice typing sangat membantu saat kamu sibuk dan tidak ada waktu untuk mengetik. Nah kamu bisa mengetik dengan mudah, cukup bersuara saja guys. Fitur ini dapat mengkonversi suara pengguna menjadi tulisan. Pastikan saja kamu berbicara dengan keras dan jelas supaya hasil tulisannya sesuai dengan keinginanmu. Berikut adalah langkah – langkah mengaktifkan fitur voice typing:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka browser yang terdapat pada perangkat yang kamu gunakan
  2. Langkah selanjutnya adalah membuka Google Docs dengan cara mengunjungi alamat docs.google.com melalui address bar pada browser
  3. Masuk atau login menggunakan akun Google milikmu
  4. Sekarang klik ikon  yang terdapat pada halaman Google Docs tersebut untuk membuka dokumen baru tempat kamu mengetik nantinya
  5. Bukalah menu tools atau alat dari sederat menu yang tersedia pada halaman tempat mengetik
  6. Klik opsi Dikte atau Voice typing agar kamu bisa mengetik menggunakan suara
  7. Pastikan kamu sudah mengaktifkan microphone pada laptop atau PC yang kamu gunakan
  8. Klik pada ikon microphone yang muncul dan pilihlah Bahasa Indonesia. 
  9. Selesai! Sekarang kamu sudah mulai bisa mengetik dengan cara mulai berbicara bahan yang akan kamu ketikkan. Pastikan suaramu lantang dan jelas supaya hasil ketikkan atau konversi pada Google Docs yang kamu gunakan jelas.

Nah begitulah caranya mengaktifkan fitur voice typing pada Google Docs. Sayangnya fitur ini hanya bisa kamu buat melalui browser laptop atau PC saja ya. Fitur ini belum tersedia pada Google Docs di ponsel. Tanda baca bisa dikonversikan langsung jika kamu membacanya dengan kata.

Salam teknologi! Selain itu, fitur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatur format teks, misalnya ingin membuat teks tebal, miring, bergaris bawah dan sebagainya. Fitur ini tentu saja sangat berguna buat kamu yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengetik. Selamat mencoba.

READ  Cara Share Loc di WhatsApp

Leave A Reply

Your email address will not be published.