Cara Mudah Mengamankan Facebook

0

Kalian para pengguna smartphone saat ini seperti sudah mewajibkan dalam smartphone mereka harus ada aplikasi media sosial. Sebab media sosial kalian bisa menemukan informasi tentang hal-hal yang kalian sukai seperti hobi dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja. Sekarang ini tidak sedikit data pribadi yang sudah tersimpan di media sosial seperti seperti foto, video sampai pesan dengan teman dan keluarga kalian. Oleh sebab itu tentu hal yang penting untuk kalian adalah dengan memastikan apabila akun media sosial kalian aman dari peretasan.

Baca Juga : Tips Mengunci Line Dengan Password di Android

Akan tetapi, pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk memastikan bahwa akun sosial media kalian menjadi aman. 

Untuk kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mengamankan akun Facebook. Facebook selama ini memang rentan dengan peretasan. Tidak peduli itu oleh orang yang tidak kalian kenal, atau justru dari orang-orang di sekitar kalian sendiri.

Baca Juga : Cara Mengunci File atau Folder di Windows 10

Kalian juga ingin tahu bagaimanakah cara melakukannya? Mari langsung simak saja sampai akhir cara-caranya, Gaes.

Setting Password

Kalian mungkin sering merasa tidak sadar kalau password yang kalian pakai sangat lemah atau sangat mudah ditebak. Dengan demikian, maka kalian dapat mengamankan akun Facebook kalian dengan membuat password yang sulit ditebak tapi familiar dengan kalian.  Hanya saja, jangan sampai kalian memakai daftar password terburuk seperti “password” atau “123456” sebab itu sangat mudah untuk dibobol.

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Sekarang ini sudah banyak media sosial yang memberikan fitur keamanan ganda atau ekstra yang biasa dikenal dengan nama autentikasi dua faktor. 

Sedangkan pada  Facebook sendiri jika fitur ini aktif maka kalian akan memperoleh notifikasi saat ada orang yang mencoba masuk ke akun milik kalian dari perangkat yang tidak dikenal.

Baca Juga : Tips Mengunci Akun Twitter Agar Lebih Aman

Pilihlah Orang yang Dipercaya

Fitur ini memang disediakan oleh pihak Facebook sehingga kalian bisa memilih tiga sampai dengan lima orang anggota keluarga untuk memperoleh kode khusus agar kalian bisa masuk kembali saat kalian lupa dengan Password akun Facebook kalian.

Ganti Password Secara Berkala

Ganti password ini bisa kalian lakukan dalam rentang waktu 3 bulan sekali. Selain menghindari haters. Ini juga bisa membuat kalian berkreasi agar tidak bosan memakai password lama kalian.

Ubah Pengaturan Saat Update Status

Cara ini bisa kalian lakukan saat melakukan update status. Untuk menghindari komentar yang negatif atau merugikan kalian, kalian bisa mengatur siapa yang bisa melihat status kalian. Seperti setting hanya teman, atau teman dengan pengecualian, dan lainnya.

Selalu Log Out dan Hapus History ketika Membukanya di Ranah Publik

Ini sangat penting untuk kalian lakukan. Misalanya saja kalian mencari suatu berita untuk dicetak di Facebook, atau membuka Facebook saat berada di toko komputer sembari mengirim email. Maka kalian harus segera log out atau keluar dan menghapus history dari websiter tersebut. 

Baca Juga : Cara Mengunci File dan Folder di Windows 10 Dengan Windows Bitlocer

Karena kalian tidak akan tahu, apakah nanti facebook kalian ada yang meretas hanya dengan mengkombinasikan password secara acak untuk membuka akun kalian.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah penjelasan tentang cara mudah untuk mengamankan akun Facebook.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa juga untuk terus update berita dan informasi terbarbu seputar ilmu pengetahuan dan teknologi, hanya di techjak.com.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya ya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.