Cara Mudah Mengatasi Baterai HP yang Cepat Panas

Beberapa faktor yang membuat baterai ponsel cepat panas adalah bermain game terlalu lama, menggunakan aplikasi streaming terlalu lama, pengaturan ponsel yang belum optimal, faktor lingkungan dan juga ada terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Lalu bagaimana sih cara mengatasi kondisi ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Masalah ini seringkali terjadi pada berbagai jenis smartphone apalagi jika smartphone yang digunakan tersebut memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni dan tidak memiliki fitur untuk mengatasi peningkatan suhu. Kondisi ini akan membuat timbulnya permasalahan lain termasuk baterai yang cepat panas. Smartphone yang panas membuat kita sebagai penggunanya menjadi tidak nyaman. Ada banyak sekali faktor yang membuat baterai pada smartphone menjadi cepat panas.

Salah satu permasalah pada smartphone yang sering dialami dan dikeluhkan oleh para penggunanya adalah baterai yang cepat panas. Masalah ini seringkali terjadi pada berbagai jenis smartphone apalagi jika smartphone yang digunakan tersebut memiliki spesifikasi yang kurang mumpuni dan tidak memiliki fitur untuk mengatasi peningkatan suhu.

Kondisi ini akan membuat timbulnya permasalahan lain termasuk baterai yang cepat panas. Smartphone yang panas membuat kita sebagai penggunanya menjadi tidak nyaman. Ada banyak sekali faktor yang membuat baterai pada smartphone menjadi cepat panas.

Beberapa faktor yang membuat baterai ponsel cepat panas adalah bermain game terlalu lama, menggunakan aplikasi streaming terlalu lama, pengaturan ponsel yang belum optimal, faktor lingkungan dan juga ada terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Lalu bagaimana sih cara mengatasi kondisi ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Menggunakan charger ponsel yang original

Kebanyakan pengguna smartphone memilih membeli charger biasa ketika charger originalnya mengalami kerusakan. Alasannya adalah untuk berhemat karena charger original biasanya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Padahal penggunaan charger sembarangan ini bisa membahayakan baterai ponselmu loh guys. Jadi sebaiknya kamu menggunakan charger asli dan tetap membeli charger asli jika charger bawaannya sudah rusak. 

Mengecek penggunaan WiFi

Fitur WiFi seringkali diaktifkan untuk mendapatkan akses internet secara gratis. Memang tidak ada salahnya mengaktifkan fitur ini. Namun ternyata mengaktifkan fitur WiFi secara terus menerus dapat membuat baterai ponsel menjadi cepat panas loh guys. Aplikasi background yang berjalan secara otomatis ketika ponsel terhubung dengan WiFi pun akan membuat baterai ponsel menjadi cepat panas. Kamu bisa menggunakan aplikasi Smart WiFi atau WiFi Sleeper guys.

Mematikan fitur bluetooth dan GPS

Fitur bluetooth dan GPS ini biasanya dibiarkan tetap aktif oleh sebagian besar pengguna smartphone. Padahal kedua fitur ini tidak sedang digunakan. Ternyata membiarkan dua fitur ini tetap menyala membuat ponsel menjadi cepat panas loh guys. Kamu tidak akan dapat menghindari baterai cepat panas jika tetap membiarkan kedua fitur ini tetap aktif ketika tidak digunakan. Jadi sebaiknya kamu memperhatikan dan mematikan kedua fitur ini ketika tidak digunakan yaa.

Mengurangi penggunaan secara multi-tasking

Smartphone dengan spesifikasi yang tinggi memang menawarkan peforma yang luar biasa pula dimana kamu bisa menggunakannya untuk multitasking. Namun kamu harus tetap menjaga suhu smartphone di saat melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan guys. Terlalu banyak aplikasi yang aktif dan digunakan bersamaan akan membuat ponsel menjadi cepat panas. Jadi sebaiknya kamu mengurangi kegiatan multitasking ini yaa.

Memperhatikan ventilasi

Hampir semua pengguna membawa ponselnya kemanapun pergi. Tidak sedikit pengguna memasukkan ponsel ke saku celana atau tas yang sempit. Nah kamu perlu hati – hati guys karena hal ini bisa membuat ponsel menjadi cepat panas dan memperlambat peformanya. Sebaiknya kamu mengeluarkan ponsel sesekali jika disimpan di tempat tertutup. Hal ini bertujuan untuk memberikan ponsel udara segar dan suhunya tetap terjaga.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi ponsel atau baterai yang cepat panas yaa guys. Daripada peforma ponselmu menjadi menurun gara –gara tidak memperhatikan hal – hal yang mungkin kamu anggap kecil guys. Kamu perlu memperhatikan hal kecil sekalipun supaya ponselmu tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

READ  Cara Efektif Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Biar Selalu Eksis!

Leave A Reply

Your email address will not be published.