Cara Mudah Mengatasi Headset yang Tidak Terdeteksi di Laptop

0

Hello guys!

Mendengarkan musik adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang menjadi wajib bagi beberapa orang. Biasanya dilakukan saat sedang dalam perjalanan, bekerja atau melaksanan aktivitas lainnya. Beberapa orang lebih memilih menggunakan headset saat mendengarkan musik ataupun menonton film di laptop. Menurut mereka penggunaan headset membuat musik atau suara dari film tersebut lebih berasa. Apakah kamu juga salah satunya?

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana headset yang kamu sambungkan ke laptop tersebut tidak terdeteksi? Tentu saja kamu akan kesel bercampur bingung jika hal ini terjadi. Tiba – tiba ada notifikasi USB Not Recognized muncul ketikan USB headset milikmu dicolokkan ke laptop. Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa headset yang kamu pasang ke laptop tersebut tidak bisa digunakan guys. Kamu tidak perlu langsung mengganti dan membeli headset baru kok. Masalah ini bisa kamu atasi guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Mengatasi headset tidak terdeteksi dengan Scan for Hardware Change

Kamu bisa melakukan Scan for Hardware Change untuk mengatasi masalah headset yang tidak terbaca ini guys. Laptop akan melakukan pemindaian terhadap semua hardware yang mengalami perubahan. Bisa jadi ada perubahan pada soundcard di laptopmu yang membuat headset tidak terbaca. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah Device Manager dengan cara menekan tombol Windows+X pada keyboard laptop
  2. Klik Device Manager dan klik opsi Sound, video and game controller
  3. Pilih opsi scan for hardware change jika headset masih belum terdeteksi guys
  4. Tutup jendela device manager yang sudah kamu buka dan lakukan refresh
  5. Lakukan restart pada laptopmu dan selesai!

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi dengan mengupdate driver software

Penyebab lain dari headset yang tidak berfungsi di laptopmu adalah karena driver yang ada di laptopmu belum diperbarui. Kamu bisa melakukan update pada driver di laptopmu untuk mengatasinya guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu Device Manager pada laptopmu
  2. Pilihlah menu Sound, Video and Game Controller
  3. Klik pilihan Update Driver Software. Pastikan kamu sudah terkoneksi dengan jaringan internet ya guys. Laptopmu akan langsung mencari pembaruan driver secara otomatis.
  4. Jika proses update sudah selesai, melakukan restart pada laptop kamu.

Cara mengatasi headset tidak terbaca menggunakan Driver Booster

Jika pembaruan driver masih tidak bisa mengatasi permasalahan ini, maka kamu butuh aplikasi tambahan guys. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Driver Booster. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan install aplikasi Driver Booster pada laptop kamu
  2. Bukalah aplikasi tersebut jika sudah terpasang. Aplikasi ini akan melakukan scanning terhadap semua hardware yang harus diperbarui
  3. Kamu akan diberikan daftar hardware yang harus diperbarui. Klik opsi update pada hardware Sound, Video and Game Controller jika muncul dalam daftar
  4. Klik OK pada kolom peringatan dan tunggu sampai proses pengunduhan dan pemasangan selesai.
  5. Lakukan restart jika proses diatas selesai guys.

Baca Juga : 

Cara Mudah Menggunakan Headset Bluetooth di HP dan PC

Cara Mengatasi Lubang Headset Smartphone Rusak

Cara Memperbaiki Headset Putus Sebelah

Cara Mengatasi Headset Atau Headphone Tidak Terdeteksi di Windows 10

Tips Membeli Headset  Untuk Gaming Skill Meningkat

Nah begitulah caranya mengatasi headset yang tidak terdeteksi pada laptop kamu yaa guys. Lakukan cara diatas secara berurutan yaa. Barangkali kamu tidak harus melakukan cara ketiga yang butuh aplikasi tambahan. Semoga berhasil yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.