Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Tidak ada Suara, Bisa Normal Lagi!

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah suara laptop yang hilang ini dengan mudah loh. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa hal yang membuat laptop tidak bersuara adalah pengaturan volume menjadi 0%, adanya masalah pada driver serta adanya kerusakan pada hardware. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya guys!

0

Laptop yang tiba – tiba tidak ada suara tentu akan membuatmu menjadi kerepotan. Apalagi jika masalah gangguan suara pada laptop tersebut sudah terjadi dalam waktu yang lama. Akibatnya pun kamu tidak akan bisa memutar musik, video dan file sejenisnya yang membutuhkan dukungan suara. Masalah ini akan sangat menganggu aktivitasmu tentunya guys. Suara yang tiba – tiba hilang pada laptop bisa kamu atasi sendiri loh guuys. Jadi tak perlu terburu – buru untuk membawanya ke tempat service laptop dan juga mengeluarkan biaya sekian rupiah guys.

Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana laptopmu tidak bisa mengeluarkan suara seperti biasanya? Laptop yang tiba – tiba tidak ada suara tentu akan membuatmu menjadi kerepotan. Apalagi jika masalah gangguan suara pada laptop tersebut sudah terjadi dalam waktu yang lama. Akibatnya pun kamu tidak akan bisa memutar musik, video dan file sejenisnya yang membutuhkan dukungan suara. Masalah ini akan sangat menganggu aktivitasmu tentunya guys.

Suara yang tiba – tiba hilang pada laptop bisa kamu atasi sendiri loh guuys. Jadi tak perlu terburu – buru untuk membawanya ke tempat service laptop dan juga mengeluarkan biaya sekian rupiah guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah suara laptop yang hilang ini dengan mudah loh.

Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa hal yang membuat laptop tidak bersuara adalah pengaturan volume menjadi 0%, adanya masalah pada driver serta adanya kerusakan pada hardware. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi masalah ini? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya guys!

Melakukan install ulang driver audio laptop

Sebagian laptop sebenarnya bisa mengeluarkan suara tanpa menggunakan driver sama sekali guys. Makanya kamu bisa mendengar suara laptop ketika dalam BIOS atau ketika melakukan instalasi Windows. Namun masih banyak orang yang tetap menginstall driver audio walaupun bisa keluar suara tanpa menggunakan driver sama sekali. Memang kalau menggunakan driver ini biasanya kompatibilitas aplikasi menjadi lebih tinggi. Cara yang satu ini sangat simpel sekali dimana kamu hanya perlu mengunduh dan menginstall driver audio sesuai dengan merk laptop milikmu guys.

Melakukan reinstall audio bawaan pada Windows

Cara diatas tidak bisa dilakukan jika kamu menggunakan laptop yang tidak memiliki driver audio di laptop. Cara kedua mengatasi masalah audio yang tidak terdengar pada laptop adalah dengan cara melakukan reinstall audio bawaan pada Windows. Yap! Jadi kamu bisa melakkan reinstalling driver audio pada laptop guys. Driver yang dimaksud disini adalah driver yang terinstall secara otomatis pada device manager di Windows yang akan mendeteksi speaker otomatis pada laptop. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Klik pada tombol Start dan masukkan pada Device Manager
  2. Bukalah subkategoru Sound, Video dan Game Controllers
  3. Klik kanan pada audio yang sudah terinstall dan klik pada opsi update driver software.
  4. Periksalah kondisi pada settings speaker. Pastikan posisi speaker tidak berada dalam kondisi mute. Kamu bisa mengeceknya dengan cara melihat shorcut yang terdapat pada bagian kanan taskbar Windows
  5. Kamu juga bisa melihatnya secara lengkap melalui settings sound yang terdapat pada menu control panel guys. Caranya adalah dengan membuka control panel, lalu klik sound dan aturlah secara lengkap semua device audio disini. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah sound laptop yang tidak keluar yaa guys. Masih ada juga beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu mengganti posisi default pada keyboard. Hal ini perlu kamu lakukan jika kamu mengganti posisi default secara tidak sengaja pada bagian audio, lalu lupa mengembalikannya ke posisi awal guys.

Pastikan pula laptop yang kamu sedang gunakan tidak terpasang headset pada posisi yang sedang tersambung yaa guys. Pasalnya speaker laptop akan di-mute secara default ketika sedang dipasangkan headset. Semoga berguna yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.