Cara Mudah Mengatasi Perangkat yang Tidak Kompatibel di Android

0

Hello guys!

Apakah kamu pernah menemukan aplikasi atau game menjadi error dan muncul tulisan “perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini” saat kamu menjelajahi aplikasi yang ada di Google Play Store? Pasti kamu akan merasa kesal sekali jika hal ini terjadi. Apalagi jika aplikasi atau game tersebut memang ingin kamu download dan gunakan di Androidmu. Kamu tak perlu khawatir dalam hal ini guys karena ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi perangkat tidak kompatibel. 

Aplikasi yang tidak kompatibel tersebut artinya spesifikasi perangkatmu tidak sesuai dengan kebutuhan dari sebuah aplikasi atau game tersebut. Ada beberapa penyebab yang membuat perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut. Misalnya saja OS Android yang tidak sesuai, aplikasi membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dan aplikasi tersebut tidak tersedia di negara kita sebagai pengguna guys. Ada beberapa metode untuk menganalisa penyebab aplikasi menjadi tidak kompatibel tadi guys. Yuk simak cara berikut ini!

  • Mendownload aplikasi yang tidak kompatibel dari Sumber Lain

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat adalah mengunduh aplikasi tersebut melalui situs lain dan juga aplikasi alternatif, seperti APKPure, APKMirror serta Aptoide. Berbagai situs dan aplikasi alternatif juga selalu melakukan update terhadap aplikasi di dalamnya. Kamu juga bisa menggunakan installer berupa APK (Application Package File). Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur install aplikasi dari sumber lainnya jika ingin menginstall aplikasi dari sumber lain. Caranya adalah dengan membuka menu Settings, pilih menu Security, dan pilihlah opsi Unknown Source.

  • Mengubah wilayah perangkat menggunakan aplikasi VPN

Solusi yang satu ini bisa kamu gunakan jika penyebab aplikasi menjadi tidak kompatibel adalah karena wilayah. Sebaiknya kamu menggunakan aplikasi VPN Android untuk mengubah wilayah perangkatmu. Aplikasi VPN tersebut memungkinkan kamu untuk mengubah wilayah perangkat menjadi berbeda, sehingga bisa terhubung ke negara dimana aplikasi tersebut bisa digunakan. Misalnya saja kamu menggunakan VPN dan menghubungkan ke server di China jika aplikasi yang kamu install tersebut dirilis di China. Sayangnya jika kamu menggunakan aplikasi VPN yang gratis, ada kemungkinan aplikasi tidak lancar atau ping merah saat bermain game online multiplayer. Jadi sebaiknya kamu berlangganan VPN premium untuk mendapatkan pengalaman yang baik.

  • Menggunakan custom ROM pada OS Android

Jika ternyata smartphone yang kamu gunakan sudah terlalu jadul dan tidak mendapatkan dukungan lagi, maka sebaiknya kamu menggunakan custom ROM pada OS Android. Kamu juga bisa membuat aplikasi menjadi kompatibel secara “paksa” dengan mengubah versi perangkat berbekal Custom ROM untuk mendapatkan versi OS Android tertentu. Ada banyak sekali custom ROM yang populer dan banyak digunakan, seperti CyanogenMod yang sudah berubah menjadi LineageOS. Metode ini memang agak ribet dan membutuhkan akses root pada Android Kamu terlebih dahulu. Apalagi cara ini juga mempunyai banyak celah, sehingga bisa membuat perangkatmu rusak. 

Baca Juga : .

  1. Masalah dan Solusi Mengatasi Bootlop di Smartphone Android
  2. Cara Mengatasi smartphone Sonny Xperia Terkunci
  3. Tips Mengatasi IMEI Tidak Valid di Smartphone Xiaomi
  4. Tips Mengatasi SAmbungan atau Kode MMI Tidak Valid di Android

Nah, itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi di Google Play Store yang tidak kompatibel dengan perangkat. Jadi kamu jangan keburu kesel dulu ya guys kalau misalnya menemukan aplikasi yang tidak kompatibel. Selalu ada solusi untuk setiap permasalahan kok, asal kamu tetap tenang dan mikir guys whehe. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.