Cara Mudah Mengecek KTP Melalui Internet, Asli atau Palsu!

Kamu juga lebih mudah dalam mengecek nomor KTP. NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang terdapat pada KTP dijadikan sebagai dasar pembuatan dokumen – dokumen lainnya. Misalnya saja pembuatan SIM dan NPWP. E-KTP milik Indonesia bahkan diklaim lebih canggih dibandingkan kartu kependudukan di India dan Tiongkok loh. Lalu bagaimana sih caranya mengecek e-KTP melalui internet? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Sekarang KTP sudah tersedia dalam bentuk elektronik yang disebut dengan e-KTP. Para warga disarankan untuk mengganti KTP yang dimiliki menjadi e-KTP ini. Soalnya e-KTP ini sudah berlaku secara nasional. Hadirnya e-KTP diharapkan bisa menghindari hal – hal negatif seperti penyembunyian identitas diri, mengamankan tindakan korupsi dan sebagainya. Pasalnya semua informasi sudah tersimpan dalam bentuk digital, jadi susah untuk dimanipulasi.

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun keatas. Tidak hanya WNI saja, Warga Negara Asing (WNA) yang sudah memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) juga wajib memiliki KTP ini berusia 17 tahun keatas atau sudah menikah. Sekarang KTP sudah tersedia dalam bentuk elektronik yang disebut dengan e-KTP.

Para warga disarankan untuk mengganti KTP yang dimiliki menjadi e-KTP ini. Soalnya e-KTP ini sudah berlaku secara nasional. Hadirnya e-KTP diharapkan bisa menghindari hal – hal negatif seperti penyembunyian identitas diri, mengamankan tindakan korupsi dan sebagainya. Pasalnya semua informasi sudah tersimpan dalam bentuk digital, jadi susah untuk dimanipulasi.

Kamu juga lebih mudah dalam mengecek nomor KTP. NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang terdapat pada KTP dijadikan sebagai dasar pembuatan dokumen – dokumen lainnya. Misalnya saja pembuatan SIM dan NPWP. E-KTP milik Indonesia bahkan diklaim lebih canggih dibandingkan kartu kependudukan di India dan Tiongkok loh. Lalu bagaimana sih caranya mengecek e-KTP melalui internet? Yuk simak ulasan berikut ini!

Apa sih konsekuensinya jika tidak memiliki KTP? Data kamu akan diblokir jika sampai tanggal yang ditentukan kamu belum melakukan perekaman guys. Hal ini akan membuatmu kesulitan dalam mengakses berbagai layanan publik yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sulit pula mengurus berbagai surat penting.

Cara mengecek e-KTP melalui aplikasi mobile

Cara pengecekan e-KTP pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui aplikasi Mobile. Kamu bisa melakukannya melalui Android dan juga iOS. Sayangnya cara ini sebenarnya tidak resmi, sehingga ada risiko terjadi pencurian data guys. kemendagri pun sudah menegaskan bahwa tidak pernah membuat aplikasi resmi yang berfungsi untuk mengecek e-KTP dan tidak bertanggungjawab jika ada penyalahgunaan data nantinya. Sebaiknya langsung mengecek ke Dinas Dukcapil terdekat saja.

Cara mengecek KTP melalui situs resmi Kemendagri

Ternyata ada metode pengecekan KTP secara online lainnya kok jika cara mengecek melalui aplikasi tidak dianjurkan. Kamu bisa mengecek e-KTP secara online melalui situs resmi yang disediakan oleh Kemendagri guys. Kamu bisa mengeceknya secara langsung melalui alamat https://dukcapil.kemendagri.go.id/. Namun sayangnya cara ini sudah tidak berfungsi lagi karena tampaknya sudah ditutup oleh pemerintah secara resmi. Namun kamu bisa kok menggunakan situs Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Daerah untuk cek KTP secara online guys. Namun tidak semua daerah menyediakan layanan ini. 

Cara mengecek KTP elektronik secara online

Cara terakhir dan mungkin menjadi cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengecek e-KTP adalah dengan mengeceknya secara offline guys. Yap! Kamu bisa kok mengecek e-KTP dengan cara mendatangi langsung kantor Dinas Dukcapil terdekat.  Kamu bisa mengecek NIK KTP secara offline dengan cara menggunakan mesin card reader e-KTP khusus. Mesin ini nantinya akan membaca chip yang terdapat pada KTP milikmu guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek e-KTP baik secara online dan offline yaa guys. Tampaknya cara yang paling memungkinkan dan aman adalah dengan mengecek secara offline melalui kantor Dinas Dukcapil guys. proses pengecekan e-KTP ini tidak akan memakan waktu yang lama kok. Jadi tidak akan menyita sebagian besar waktumu guys. Jadi apa salahnya kan. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.