Cara Mudah Mengecek Versi Windows yang Digunakan

Semua pengguna sudah pasti mengetahui jenis Windows yang digunakan pada perangkatnya. Namun tidak semua pengguna Windows ini mengetahui Windows versi berapa yang mereka gunakan. Padahal penting sekali pengguna mengetahui versi Windows yang digunakan pada perangkatnya.

0

Yap tidak hanya melihat bit proscessor pada laptop saja, versi Windows yang digunakan juga perlu untuk diketahui guys. Pengguna yang mengetahui versi Windows yang digunakan pada perangkatnya tentu bisa segera melakukan update jika ternyata Windows tersebut adalah versi lama. Namun sayangnya masih banyak pengguna Windows yang tidak mengetahui bagaimana cara mengecek versi Windows yang digunakan pada perangkatnya tersebut. Tentu saja hal ini membuat sistem operasi tersebut tidak berjalan optimal jika saja versinya sudah ketinggalan. Namun kamu tenang saja guys. Yuk simak cara mengecek versi Windows berikut ini!

Hampir semua pengguna sudah pasti mengetahui jenis Windows yang digunakan pada perangkatnya. Namun tidak semua pengguna Windows ini mengetahui Windows versi berapa yang mereka gunakan. Padahal penting sekali pengguna mengetahui versi Windows yang digunakan pada perangkatnya. Yap tidak hanya melihat bit proscessor pada laptop saja, versi Windows yang digunakan juga perlu untuk diketahui guys.

Pengguna yang mengetahui versi Windows yang digunakan pada perangkatnya tentu bisa segera melakukan update jika ternyata Windows tersebut adalah versi lama. Namun sayangnya masih banyak pengguna Windows yang tidak mengetahui bagaimana cara mengecek versi Windows yang digunakan pada perangkatnya tersebut. Tentu saja hal ini membuat sistem operasi tersebut tidak berjalan optimal jika saja versinya sudah ketinggalan. Namun kamu tenang saja guys. Yuk simak cara mengecek versi Windows berikut ini!

Cara mengecek versi Windows melalui CMD

Cara mengecek versi Windows pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui CMD. CMD atau singkatan dari Command Prompt memiliki ratusan perintah dan juga fungsi yang sangat berguna bagi pengguna laptop atau PC. Salah satunya adalah kamu bisa mengetahui versi Windows melalui CMD ini. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan guys. Berikut adalah langkah – langkah mengecek versi Windows melalui CMD:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan
  2. Jendela baru akan muncul, ketikkan CMD pada kolom tersebut dan tekan tombol OK. Jendela CMD pun akan segera terbuka guys
  3. Masukkan perintah pada jendela CMD tersebut dengan cara mengetikkan ver dan tekan enter setelah itu. 
  4. Tunggu beberapa saat dan kamu pun akan diberikan semua informasi mengenai versi Windows 
  5. Selesai deh! sekarang kamu bisa membaca informasinya. Kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan memasukkan kode: systeminfo | findstr /B /C: OS Name /C: OS Version
  6. Klik tombol enter dan tunggu beberapa saat sampai CMD menampilkan informasi yang lebih lengkap.

Cara mengecek versi Windows melalui DXDIAG

Cara selanjutnya mengecek versi Windows yang bisa kamu lakukan adalah melalui DXDIAG guys. Yap! DirectX Diagnostic Tool bisa digunakan untuk membaca semua spesifikasi perangkat keras pada PC. Jadi kamu bisa melihat spesifikasi lengkap dari perangkatmu menggunakan tool yang satu ini. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka jendela Windows Run dengan cara menekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard
  2. Jendela Run pun akan muncul, ketikkan DXDIAG pada jendela tersebut dan tekan tombol OK 
  3. Tunggu beberapa saat dan jendela DXDIAG pun akan terbuka. 
  4. Cek bagian kolom operating system untuk menemukan informasi mengenai versi Windows yang akan kamu gunakan beserta informasi detail lainnya. Kamu juga bisa melihat versi build dari Windows milikmu tersebut guys.
  5. Selesai deh! sekarang kamu sudah tau versi Windows pada perangkatmu.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek versi Windows yang digunakan pada perangkatkmu yaa guys. Kamu bisa memilih salah satu cara sesuai dengan informasi yang ingin kamu cari. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan, misalnya saja dengan mengakses laman about pada perangkatmu, menggunakan menu Winver dan menggunakan aplikasi Speccy. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.