Cara Mudah Mengetahui Ponsel Disadap Orang Lain, Anti Dibobol!

Gak kebayang kan kalau ponsel yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dan terdapat berbagai data penting disadap orang tidak bertanggungjawab. Apalagi sekarang cara penyadapan ponsel ini banyak bertebaran di internet dan bisa dilakukan oleh siapapun. Jadi kamu harus tau ciri – ciri ponselmu disadap supaya bisa mengatasinya guys. Yuk simak cara mengetahui ponsel disadap berikut ini guys!

0

Sekarang kejahatan dunia maya atau disebut juga dengan cyber crime juga sangat menakutkan dan merugikan. Pasalnya kejahatan dunia maya ini juga sangat merugikan para korban baik dari segi materil dan juga moril. Salah satu jalan terjadinya kejahatan di dunia maya ini adalah dengan melakukan penyadapan ataupun pembajakan pada perangkat seseorang. Salah satu perangkat yang menyimpan data pribadi dan rentan disadap adalah ponsel.

Kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi digital membuat privasi pun menjadi terancam. Pasalnya ada banyak sekali data yang bersifat pribadi disimpan dalam bentuk digital dan bisa saja diakses oleh orang lain. Sekarang kejahatan dunia maya atau disebut juga dengan cyber crime juga sangat menakutkan dan merugikan.

Pasalnya kejahatan dunia maya ini juga sangat merugikan para korban baik dari segi materil dan juga moril. Salah satu jalan terjadinya kejahatan di dunia maya ini adalah dengan melakukan penyadapan ataupun pembajakan pada perangkat seseorang. Salah satu perangkat yang menyimpan data pribadi dan rentan disadap adalah ponsel.

Gak kebayang kan kalau ponsel yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dan terdapat berbagai data penting disadap orang tidak bertanggungjawab. Apalagi sekarang cara penyadapan ponsel ini banyak bertebaran di internet dan bisa dilakukan oleh siapapun. Jadi kamu harus tau ciri – ciri ponselmu disadap supaya bisa mengatasinya guys. Yuk simak cara mengetahui ponsel disadap berikut ini guys!

Tidak bisa melakukan login di WhatsApp

Cara pertama mengetahui ponselmu disadap adalah melalui aplikasi WhatsApp. Hal ini ditandai dengan kondisi dimana kamu tidak bisa login ke WhatsApp menggunakan akun milikmu. Jika ternyata kamu tiba – tiba log out dari akun WhatsApp, maka ada kemungkinan nomormu sedang digunakan oleh orang lain untuk login di ponsel lainnya guuys. Bisa jadi juga nomor ponselmu sudah digandakan yang membuat para hacker lebih mudah dalam membuka pesan berisi kode OTP. Kode inilah yang digunakan untuk login ke akun WhatsApp milikmu guys.

Pesan yang belum dibuka sudah terbaca

Cara kedua mengetahui ponselmu disadap adalah dengan mengecek pesan yang masuk guys. Baik melalui SMS, WhatsApp, Line dan aplikasi chatting lainnya di ponselmu. Jika kamu menemukan ada pesan masuk yang sudah terbaca padahal kamu belum membacanya sama sekali, maka kemungkinan ponselmu sudah disadap guys. Pesan yang baru masuk namun langsung hilang notifikasinya maka kemungkinan besar pesan tersebut dibuka orang lain.

Ponsel sulit untuk dimatikan

Apakah ponselmu pernah melakukan aktivitas yang tidak biasanya? Lalu ketika kamu akan melakukan restart atau mematikannya malah susah dibanding biasanya? Kamu perlu waspada jika hal ini terjadi guys. Pasalnya ada kemungkinan bahwa ponselmu sedang disadap jika membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mematikannya. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas mengirim informasi dari ponselmu ke orang yang menyadap.

Mengecek WhatsApp web

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah ponselmu disadap atau enggak adalah melalui fitur di WhatsApp web guys. Coba login ke WhatsApp web menggunakan akunmu, jika ternyata akunmu ada yang login di perangkat yang tidak dikenal dan lokasinya juga tidak dikenal. Maka besar kemungkinan ponselmu juga disadap guys.

Mengecek dengan nomor *#21#

Kombinasi nmor *#21# juga bisa kamu gunakan untuk mengecek apakah ponselmu disadap atau enggak guys. Caranya dengan melakukan panggilan ke nomor tersebut. Nomor yang disadap ditunjukkan dengan adanya pengalihan panggilan di ponsel yang kamu gunakan. 

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengetahui apakah ponselmu disadap atau tidak yaa guys. Caranya sangat mudah sekali dan praktis kan. Jadi sebaiknya coba kamu cek supaya bisa segera mengatasinya jika memang ponselmu disadap sebelum merugikan guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.