Cara Mudah Mengganti Jam pada Smartphone Android dan iOS, Lebih Keren!

Apalagi jika kamu bukan termasuk orang yang suka memakai jam tangan dan lebih mengandalkan jam yang ada di smartphone. Beberapa tipe smartphone sudah mengatur waktu di sistem secara otomatis, misalnya saja iOS. Namun ternyata pengaturan secara otomatis tersebut tidak selalu tepat guys. Nah kamu bisa mengaturnya supaya penyesuaian jam lebih tepat dan akurat guys. Yuk simak cara berikut ini selengkapnya yaa!

0

Apalagi jika mobilitasnya sudah sampai ke tingkat antar negara. Perbedaan waktu tentu akan terasa sekali dan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu banyak smartwatch yang beredar di pasaran untuk memenuhi kebutuhan akan hal ini. Penyesuaian waktu dengan cepat juga bisa kamu lakukan melalui smartphone milikmu guys. Jadi tidak perlu sampai membeli smartwatch segala deh.

Pengguna smartphone dengan mobilitas yang tinggi yang kadang tidak bisa berdiam diri dalam waktu yang lama di suatu tempat tentu memerlukan penyesuaian waktu dengan cepat. Apalagi jika mobilitasnya sudah sampai ke tingkat antar negara. Perbedaan waktu tentu akan terasa sekali dan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu banyak smartwatch yang beredar di pasaran untuk memenuhi kebutuhan akan hal ini. 

Penyesuaian waktu dengan cepat juga bisa kamu lakukan melalui smartphone milikmu guys. Jadi tidak perlu sampai membeli smartwatch segala deh. Apalagi jika kamu bukan termasuk orang yang suka memakai jam tangan dan lebih mengandalkan jam yang ada di smartphone.

Beberapa tipe smartphone sudah mengatur waktu di sistem secara otomatis, misalnya saja iOS. Namun ternyata pengaturan secara otomatis tersebut tidak selalu tepat guys. Nah kamu bisa mengaturnya supaya penyesuaian jam lebih tepat dan akurat guys. Yuk simak cara berikut ini selengkapnya yaa!

Cara mengganti jam di Android

Cara yang harus dilakukan setiap sistem Android dan tipe HP berbeda guys. Namun menu dan langkah – langkah yang dipilih sebenarnya hampir sama. Cara kali ini dilakukan menggunakan ponsel Xiaomi, jadi kamu bisa menyesuaikan jika memiliki ponsel merk lain ya. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Bukalah menu settings pada ponsel yang kamu gunakan 
  2. Kamu akan diberikan beberapa pilihan menu, pilih menu Setelan tambahan atau General Settings
  3. Klik pada opsi Tanggal dan Waktu
  4. Ubah dulu mode pengaturannya menjadi manual dengan cara mematiikan tombol otomatis, lalu atur tanggal pada kotak pilihan. Ganti pula jam pada ponselmu dengan memasukkan jam dan menit. 
  5. Kamu bisa menggunakan format 12 jam atau 24 jam saja guys. 
  6. Aturlah zona waktu di negara atau bagian kamu berada saat ini, pindahkan dulu ke manual ya.
  7. Tentukan zona waktu tempat kamu berada sekarang, kamu bisa mengeceknya dulu
  8. Selesai deh guys! Sekarang jam di smartphone milikmu lebih akurat deh

Cara mengganti jam di smartphone iOS

Pengatuan jam pada iOS akan diatur secara otomatis oleh sistem sesuai dengan lokasimu sebagai pengguna guys. Sayangnya terkadang integrasi waktu tersebut tidak berjalan jika kamu tidak terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Jadi kamu perlu mengaturnya secara manual. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu settings pada smartphone iOS yang kamu gunakan
  2. Pilih opsi General dari berbagai opsi yang disediakan di layar ponselmu
  3. Pilih opsi Date and Time untuk masuk ke pengaturan waktu dan tanggal
  4. Aturlah format waktu yang akan kamu gunakan, yaitu kamu bisa menggunakan format 12 jam atau 24 jam. Waktu akan menunjukkan tipe AM dan PM jika memilih format 12 jam.
  5. Ubah pengaturan menjadi manual jika masuk otomatis dengan cara mematikan tombol otomatis
  6. Ketuk pada kolom lokasi, jam dan tanggal
  7. Aturlah tanggal dan waktu sesuai dengan kondisimu sekarang
  8. Selesai deh! Waktu dan tanggalmu sudah diperbarui guys.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengubah waktu dan tanggal pada smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS yaa guys. Caranya hampir sama kok dengan smartphone yang beda merk. Semoga berguna yaa.

READ  Cara Mudah Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web dari Android

Leave A Reply

Your email address will not be published.