Cara Mudah Menggunakan Audacity Untuk Edit Audio, Layaknya Profesional!

Pada umumnya aplikasi edit suara bisa digunakan untuk memperbesar dan memperkecil suara rekaman. Kamu juga bisa memotong sebagian hasil rekaman, menggabungkan file audio, mengeditnya agar ada gema, menghapus noise dan masih banyak lagi. Semua itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan Audacity ini guys. aplikasi ini sangat multifungsi sekali. 

0

Salah satunya adalah kamu bisa mengdit file dalam bentuk audio dengan mudah. Mungkin dulu tidak semua orang bisa mengedit audio, hanya beberapa kalangan yang profesional saja. Namun kini pemula sekalipun bisa mengedit audio layaknya perofesional dengan menggunakan aplikasi atau software yang mudah dimengerti. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk mengedit audio adalah Audacity. Salah saltu Didital Audio Workstation  (DAW) yang bisa menjadi pilihan kamu karena penggunaannya sangat mudah dan simpel.

Perkembangan dan kemajuan yang pesat di dunia teknologi dan digital membuat segala hal yang dulunya terkesan rumit bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah kamu bisa mengdit file dalam bentuk audio dengan mudah. Mungkin dulu tidak semua orang bisa mengedit audio, hanya beberapa kalangan yang profesional saja.

Namun kini pemula sekalipun bisa mengedit audio layaknya perofesional dengan menggunakan aplikasi atau software yang mudah dimengerti. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk mengedit audio adalah Audacity. Salah saltu Didital Audio Workstation  (DAW) yang bisa menjadi pilihan kamu karena penggunaannya sangat mudah dan simpel.

Kamu bisa merekam, mengedit dan juga membuat suara menggunakan software yang satu ini. Memang ada banyak sekali DAW lain yang menyediakan layanan sama. Namun Audacity sudah bisa kamu andalkan dalam melakukan perekanan dan pengeditan dasar audio. Yuk simak bagaimana cara menggunakan software Audacity berikut ini!

Pada umumnya aplikasi edit suara bisa digunakan untuk memperbesar dan memperkecil suara rekaman. Kamu juga bisa memotong sebagian hasil rekaman, menggabungkan file audio, mengeditnya agar ada gema, menghapus noise dan masih banyak lagi. Semua itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan Audacity ini guys. aplikasi ini sangat multifungsi sekali. 

Cara menggunakan Audacity untuk merekam suara

Aplikasi Audacity ini bisa kamu dapatkan secara resmi melalui alamat https//www.audacityteam.org/doawload/ secara gratis. Software ini bisa kamu gunakan pada Windows, MacOS dan juga Linux. Berikut adalah cara merekam suara menggunakan Audacity:

  1. Bukalah aplikasi Audacity yang sudah diunduh dan dipasang pada perangkatmu
  2. Sekarang pilih mic atau peralatan audio lainnya yang akan kamu gunakan
  3. Pilihlah mode perekaman yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilih opsi mono supaya suara bisa kamu dengarkan pada headset kiri dan kanan
  4. Sekaarng pilih output audio sesuai keinginanmu
  5. Mulailah proses merekam dengan menekan tab transport, pilih opsi recording dak klik pada record. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol R pada keyboard atau dengan klik ikon rekam di bagian atas layar
  6. Tekan lagi tombol R atau klik pada ikon stop untuk menghentikan proses rekaman

Cara memperbersar dan memperkecil suara pada Audacity

Proses pengeditan yang sering dilakukan menggunaka Audacity adalah memperbesar suara, Nah kamu juga bisa melakukan hal ini dengan mudah sekali guys. Terkadang ada beberapa bagian yang tidak terdengar dari rekaman walaupun kamu sudah merekamnya dengan suara yang keras. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan untuk memperbesar  dan memperkecil suara menggunakan Audacity:

  1. Pilihlah seluruh rentang suara yang ada pada rekaman dengan menekan Ctrl+A pada keyboard. Kamu juga bisa menekannya dan lakukan drag menggunakan mouse
  2. Klik pada tab effect dan pilih opsi amplify atau normalize. Kedua efek tersebut berfungsi untuk memperbesar suara
  3. Memperkecil suara bisa dilakukan dengan mengikuti langkah seperti diatas, lalu klik effect dan pilih amplify. 
  4. Geser slider pada kotak dialog yang muncul ke arah kiri.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menggunakan software Audacity dalam melakukan perekaman dan pengeditan pada hasil rekaman yang kamu buat. Sekarang kamu bisa membuat suara untuk mengisi video dengan mudah ataupun membuat rekaman untuk bahan podcast. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.