Cara Mudah Menggunakan Google Classroom Bagi Guru

Salah satu cara belajar online yang bisa menjadi pilihan bagi kamu para guru adalah dengan menggunakan Google Classroom. Cara penggunaan platform ini sedikit lebih kompleks dibandingkan cara siswa menggunakannya. Guru harus mendesain dan mengisi kegiatan melalui aplikasi ini. Sementara siswa hanya perlu mengakses saja. Tenang saja jika kamu masih kesulitan menggunakan Google Classroom ini sebagai guru.

0

Google Classroom ini bisa kamu maksimalkan penggunaannya dengan sangat mudah. Aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan guru ataupun siswa yang terlibat di dalamnya. Aplikasi dari Google ini memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan siswa dengan lebih terarah. Guru bisa membagikan dan membahas materi, mengisi soal dan banyak lagi aktivitas produktif lainnya yang akan memudahkan proses belajar mengajar yang bisa dilakukan melalui platform yang satu ini.

Google Classroom sebenarnya sangat mudah digunakan tanpa perlu skill atau keahlian khusus. Namun masih banyak orang yang masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi Google yang satu ini karena tergolong baru dan belum banyak digunakan. Google Classroom ini bisa kamu maksimalkan penggunaannya dengan sangat mudah. Aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan guru ataupun siswa yang terlibat di dalamnya. 

Aplikasi dari Google ini memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan siswa dengan lebih terarah. Guru bisa membagikan dan membahas materi, mengisi soal dan banyak lagi aktivitas produktif lainnya yang akan memudahkan proses belajar mengajar yang bisa dilakukan melalui platform yang satu ini. Sistem belajar secara online sangat mengandalkan kemampuan guru untuk beradaptasi dan tetap bisa melakukan sistem belajar mengajar secara online. 

Salah satu cara belajar online yang bisa menjadi pilihan bagi kamu para guru adalah dengan menggunakan Google Classroom. Cara penggunaan platform ini sedikit lebih kompleks dibandingkan cara siswa menggunakannya. Guru harus mendesain dan mengisi kegiatan melalui aplikasi ini. Sementara siswa hanya perlu mengakses saja. Tenang saja jika kamu masih kesulitan menggunakan Google Classroom ini sebagai guru. Yuk simak cara menggunakan Google Classroom berikut ini!

Cara menggunakan Google Classroom untuk membuat kelas

Cara membuat kelas di platform ini sangatlah mudah. Kamu bisa melakukannya melalui ponselmu. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi Google Classroom di ponselmu. Kamu bisa mengunduhnya secara resmi melalui aplikasi Google Play Store. 
  2. Bukalah aplikasi Google Classroom yang sudah terpasang di ponselmu tersebut. Setelah itu, tekanlah tanda plus yang terdapat di bagian kanan bawah, lalu pilihlah opsi create class
  3. Isilah keterangan kelas sesuai dengan data yang diminta, lalu tekan tombol create
  4. Selesai! Kamu sudah berhasil membuat kelas dan bisa mengundang murid – muridmu

Cara mengundang murid ke dalam kelas Google Classroom

  1. Klik kelas yang sudah kamu buat tadi, lalu masuk ke menu people yang terdapat di bagian kanan bawah
  2. Klik opsi invite untuk membuka jendela baru, lalu masukkan semua email muridmu
  3. Kamu juga membagikan alamt link kelas tersebut ke grup WA atau sosial media lainnya
  4. Cara lain mengundang siswa juga bisa melalui kode kelas dan membuka ikon settings di bagian atas, kode kelas pun akan terbuka.

Cara membuat tugas dan soal di Google Classroom

Platform ini bisa kamu gunakan untuk membuat tugas langsung di dalamnya. Murid akan bisa mengakses tugas yang diberikan. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan:

  1. Bukalah aplikasi Google Classroom, lalu pilih menu Classwork dan tekan tanda plus untuk memulai proses membuat tugas
  2. Pilih opsi assignment untuk membuat tugas baru. Isilah keterangan dan instruksi sesuai yang dibutuhkan. Kamu juga bisa menyertakan file tambaha dengan cara menekan tombol attach. Klik ikon tanda pesawat jika sudah selesai ya. 
  3. Soal juga bisa dibuat di aplikasi ini dengan memilih question dan membuatnya.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menggunakan Google Classroom bagi seorang guru ya. Proses belajar mengajar online pun akan lebih terarah dibandingkan menggunakan media sosial yang diperuntukkan untuk chatting. Aplikasi ini akan membuat proses belajar mengajar lebih terorganisir. Semoga berguna ya.

READ  Cara Mudah Menghapus Story di Facebook, Story Lama Juga!

Leave A Reply

Your email address will not be published.