Cara Mudah Menghapus Cache File di Android, Biar Makin Kenceng!

0

Hello guys!

Smartphone yang kamu gunakan akhir – akhir menjadi lelet dan membuatmu sangat kesal karena mengganggu aktivitas? Apalagi jika sampai ada aplikasi penting di ponselmu yang menjadi tidak optimal kinerjanya. Pasti akan sangat menjengkelkan sekali. Eits, jangan panik dan langsung main bawa ponselmu ke tempat service ataupun melakukan reboot dulu ya guys. Bisa jadi ponselmu tersebut menjadi lemot karena penuh dengan tumpukan cache di dalamnya.

Cache memang mempunyai manfaat yang cukup besar di ponselmu loh, terutama untuk penyimpanan sementara data – data yang pernah kamu akses. Namun jika sudah terlalu banyak dan menumpuk di ponselmu, chace ini malah berujung menjadi pengganggu dan membuat ponsel lemot, bahkan sampai mengganggu kinerja dari aplikasi – aplikasi tertentu. Nah, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara menghapus chace itu guys. Sebaiknya kamu menghapus cache secara teratur agar kinerja ponselmu tetap kencang ya.

Cara menghapus chace satu aplikasi

Storage dan software ponsel harus dibersihkan dari cache yang tidak penting secara rutin guys. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga karena sudah tersedia dari sononya di ponselmu. Lalu bagaimana sih caranya? Setiap brand HP mungkin agak berbeda, namun pada dasarnya hampir sama. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu settings yang ada di ponselmu. Selanjutnya, carilah dan tap Apps  atau bisa jadi namanya adalah Application manager.
  2. Pilihlah aplikasi yang ingin kamu hapus cache nya. Khususnya aplikasi yang memakan memori dalam jumlah besar guys, misalnya saja Instagram.
  3. Tap pada opsi storage dari sekian banyak opsi yang diberikan.
  4. Langkah selanjutnya adalah menekan opsi Clear cache yang terdapat di sebelah kiri clear data
  5. Selesai deh! sekarang cache di aplikasi tersebut sudah terhapus

Cara menghapus cache dari semua aplikasi

Cara diatas mengharuskan kamu harus menge-tap pengaturan aplikasi secara satu – persatu. Tentu saja cara ini kurang praktis jika kamu ingin membersihkan seluruh cache di aplikasi guys. Kamu juga bisa loh menghapus cache semua aplikasi dengan cepat. Cara ini membutuhkan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Ccleaner. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download dan install aplikasi Ccleaner di ponselmu. Kamu bisa mendapatkannya di Play Store
  2. Kamu akan diminta memberikan izin, silahkan berikan untuk mengikuti langkah – langkah yang diminta oleh aplikasi ini sampai muncul tanda centang. Semuanya aman kok guys.
  3. Aplikasi ini akan memproses data – data yang terdapat di ponselmu. Salah satunya adalah semua file cache yang ada. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses ini selesai. Setelah itu, Ccleaner akan memberikan notifikasi daftar file – file yang perlu kamu hapus.
  4. Tap opsi Finish cleaning jika kamu sudah merasa yakin untuk menghapusnya.
  5. Selesai deh! sekarang semua file cache yang terdapat di ponselmu sudah dibersihkan guys.

Baca Juga : .

1.Cara Menghapus Data Aplikasi di smartphone OPPO

2.Cara Gampang Menghapus Status Whatsapp Sendiri dan Orang Lain

3.Cara Menghapus Tagar di Instagram

4.Cara Menghapus Akun Tokopedia Permanen

Nah, begitulah caranya membersihkan cache di ponselmu ya. Sebenarnya cara ini juga bisa kook digunakan di iOS. Mungkin saja caranya agak berbeda sedikit saja. Sekarang ponselmu akan berjalan dengan lebih cepat guys. Tak perlu khawatir lagi kalau aplikasi di ponselmu tiba – tiba lemot dan mengganggu aktivitas yang kamu lakukan. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.