Cara Mudah Menghubungkan Kamera HP ke Laptop, Pengganti Webcam!

Apakah kamu salah satu pengguna laptop atau komputer yang mengalami masalah ini? Tak perlu panik dan keburu bingung dulu guys. Masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan kamera ponsel sebagai pengganti webcam loh. Kamu pasti penasaran kan bagaimana cara melakukannya. Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Pandemi yang memaksa hampir semua aktivitas dilakukan secara online membuat banyak pertemuan pun harus dilaksanakan secara online. Kebanyakan pertemuan secara online ini dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi serta platform teleconference yang memungkinkan untuk melakukan meeting virtual.  Meeting virtual akan berjalan dengan lancar dengan dukungan kamera webcam jika kamu menggunakan laptop atau komputer. Oleh karena itu webcam menjadi aksesoris penting yang sangat dibutuhkan saat ini.

Laptop dan komputer semakin diandalkan semenjak aktivitas online meningkat saat ini. Pandemi yang memaksa hampir semua aktivitas dilakukan secara online membuat banyak pertemuan pun harus dilaksanakan secara online. Kebanyakan pertemuan secara online ini dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi serta platform teleconference yang memungkinkan untuk melakukan meeting virtual. 

Meeting virtual akan berjalan dengan lancar dengan dukungan kamera webcam jika kamu menggunakan laptop atau komputer. Oleh karena itu webcam menjadi aksesoris penting yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun tidak sedikit pengguna mengalami masalah dimana webcam pada laptop atau komputernya mengalami kerusakan dan tidak bisa diandalkan untuk melakukan video call lagi.

Apakah kamu salah satu pengguna laptop atau komputer yang mengalami masalah ini? Tak perlu panik dan keburu bingung dulu guys. Masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan kamera ponsel sebagai pengganti webcam loh. Kamu pasti penasaran kan bagaimana cara melakukannya. Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara menyambungkan kamera HP ke laptop atau menggunakan DroidCam

Cara pertama menjadikan kamera HP sebagai pengganti webcam pada laptop atau komputer adalah dengan menggunakan DroidCam. DroidCam merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan kamera pada iPhone ataupun Android ke laptop atau PC. Cara menggunakannya pun sangat mudah sekali. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi DroidCam pada ponsel dan laptop atau PC yang akan kamu gunakan
  2. Hubungkan ponsel dengan laptop atau PC yang akan kamu sambungkan menggunakan jaringan WiFi ayng sama
  3. Sekarang masukkan alamat IP Address dan hubungkan ponsel ke laptop menggunakan kabel USB
  4. Taraa! kamera ponselmu pun sudah bisa digunakan sebagai pengganti webcam laptop deh

Cara menjadikan kamera ponsel sebagai webcam laptop menggunakan aplikasi IP Webcam

Aplikasi lainnya yang bisa kamu andalkan untuk menghubungkan kamera ponsel dengan laptop atau PC adalah IP Webcam. Aplikasi ini juga bisa kamu andalkan untuk membuat kamera ponsel milikmu bisa menggantikan fungsi webcam pada laptop atau komputermu. Kamu perlu menggunakan aplikasi IP webcam pada ponselmu dan menggunakan aplikasi IP Camera Adapter pada laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi IP Webscam pada ponsel yang akan kamu hubungkan dengan laptop atau komputer. Selain itu, kamu juga perlu mengunduh dan memasang aplikasi IP Camera Adapter pada laptop atau PC yang akan kamu sambungkan nantinya.
  2. Aturlah bagian settingan IP Webcam pada menu video preferences. Kamu juga bisa langsung saja memilih opsi Start server yang terdapat di bagian paling bawah
  3. IP Address pun akan muncul pada bagian bawah layar ponselmu guys
  4. Bukalah IP tersebut di aplikasi browser ponselmu dan buka opsi Configure IP Camera Adapter yang sudah kamu pasang pada laptop atau PC yang akan kamu gunakan
  5. Ganti URL feed Camera menjadi IP Address serta port yang kamu dapatkan dari aplikasi
  6. Selesai! Kamera ponselmu berhasil terhubung ke laptop atau PC yang kamu gunakan.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menghubungkan kamera ponsel dengan laptop atau PC yaa guys. Jadi kamu tak perlu khawatir jika webcam pada laptop atau komputermu sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Kamu bisa menggantikannya dengan kamera ponselmu deh. Jadi kamu tetap bisa melakukan meeting virtual dengan lancar deh. Semoga bermanfaat yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.