Cara Mudah Mengubah Format Video menjadi Format Lainnya

Masih banyak lagi bentuk video yang memiliki banyak kegunaan, seperti video hiburan dan video edukasi. Video biasanya disimpan dengan format tertentu. Ada beberapa format video yang bisa akmu gunakan saat menyimpannya. Beberapa kebutuhan membuat kita harus mengubah format video tertentu menjadi format lainnya. Terkadang format tertentu memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga membuat media penyimpanan menjadi penuh dengan cepat. Nah sebenarnya hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengubah format video tersebut ke format lainnya, misalnya saja menjadi mp3.

0

Misalnya saja melihat review sebuah produk. Biasanya kita akan lebih yakin dengan produk yang sudah dilihat videonya. Masih banyak lagi bentuk video yang memiliki banyak kegunaan, seperti video hiburan dan video edukasi. Video biasanya disimpan dengan format tertentu. Ada beberapa format video yang bisa akmu gunakan saat menyimpannya. Beberapa kebutuhan membuat kita harus mengubah format video tertentu menjadi format lainnya.

Video kini menjadi salah satu bentuk media yang penting dalam kehidupan kita terutama bagi kalangan visual. Kelebihan dari media dengan bentuk video ini adalah kamu dapat merasakan pengalaman nyata dalam video visual yang bergerak. Misalnya saja melihat review sebuah produk. Biasanya kita akan lebih yakin dengan produk yang sudah dilihat videonya.

Masih banyak lagi bentuk video yang memiliki banyak kegunaan, seperti video hiburan dan video edukasi. Video biasanya disimpan dengan format tertentu. Ada beberapa format video yang bisa akmu gunakan saat menyimpannya. Beberapa kebutuhan membuat kita harus mengubah format video tertentu menjadi format lainnya.

Terkadang format tertentu memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga membuat media penyimpanan menjadi penuh dengan cepat. Nah sebenarnya hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengubah format video tersebut ke format lainnya, misalnya saja menjadi mp3. Lalu bagaimanakah caranya mengubah format video ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara mengubah video tanpa menggunakna aplikasi

Format video bisa kamu ubah tanpa menggunakan aplikasi sama sekali. Caranya adalah dengan memanfaatkan situs yang menyediakan layanan untuk mengubah format video. Sayangnya cara ini hanya bisa kamu lakukan secara online. Jadi kamu harus terhubung ke internet untuk menerapkan cara ini. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah online-convert. Kamu bisa mengubah format video menajdi 3G2, 3GP, AVI, FLV, MKV, MOV, MP4, OGV, WEBM dan juga WMV. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah aplikasi browser yang ada di perangkat yang kamu gunakan
  2. Bukalah situs online.covert dengan mengunjunginya melalui address bar
  3. Kamu akan masuk ke laman utama situs online-convert. Pilihlah tombol Video Converter
  4. Sekarang pilih format dari video yang kamu inginkan
  5. Unggah file video yang akan kamu ubah formatnya
  6. Klik tombol start conversion untuk memulai proses pengubahan format video ini
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai dilakukan. File video yang formatnya sudah diubah tersebut akan langsung terunduh secara otomatis guys. Ohya pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil yaa

Cara mengubah format video menggunakan laptop

Cara diatas tentu tidak bisa kamu gunakan jika jaringan internet yang kamu gunakan sedang lemot dan tidak stabil. Nah kamu tetap bisa mengubah format video tanpa harus menggunakan koneksi internet sama sekali loh guys. Kamu bisa mengubah format video ini melalui laptop dengan menggunakan software Format Factory. Kelebihan dari software ini adalah mendukung segala jenis format file yang bukan hanya video saja, namun juga audio, gambar dan dokumen. Berikut adalah cara mengubah format video melalui laptop secara offline:

  1. Unduh dan pasanglah software Format Factory pada laptop yang kamu gunakan
  2. Bukalah software Format Factory yang sudah terpasang di laptopmu
  3. Lihat ke panel sebelah kiri dan pilihlah format MP4 atau format lainnya yang kamu inginkan
  4. Klik tombol add file dan pilihlah video yang akan kamu ubah formatnya
  5. Klik tombol OK setelah selesai memilih file tersebut
  6. Mulai proses pengubahan format dengan menekan tombol start berwarna hijau
  7. Tunggu sampai proses ini selesai
  8. Taraa! Video yang kamu pilih sudah berhasil kamu ubah formatnya sesua keinginan

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengubah format video menjadi format lainnya yaa guys. Kamu bisa memilih cara yang paling cocok. Apakah menggunakan software tambahan atau tidak. Kamu juga bisa mempertimbangkan kestabilan jaringan internet yang kamu gunakan. Semoga berguna yaa guys.

READ  Cara Mudah Menghapus Grup WhatsApp secara Permanen, Anti Lemot!

Leave A Reply

Your email address will not be published.