Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G di Android, Internetan Ngebut!

Tentu saja kamu akan merasa kesal jika hal ini terjadi terus – menerus karena kecepatan internetmu pun akan berkurang ketika sinyal tersebut berubah. Eits, ternyata hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengunci jaringan 4G tersebut supaya tidak beralih lagi menjadi 3G guys. Lalu bagaimana sih caranya mengunci jaringan 4G ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Namun sekarang jaringan 4G LTE yang kecepatannya juga patut diacungi jempol sudah tersedia di berbagai provider yang digunakan di Indonesia. Namun sayangnya memang kebanyakan kuota internet 4G ini berbagi dengan jaringan 3G. Jarang yang tersedia khusus untuk jaringan 4G saja. Kuota internet yang berbagi antara sinyal 3G dan 4G ini membuat terkadang sinyal beralih dari 4G menjadi 3G. Apakah kamu pernah mengalami kondisi dimana jaringan berubah – ubah dari 4G menjadi 3G karena jaringan yang tidak stabil?

Jaringan internet terus mengalami perkembangan dengan kecepatan yang ditawarkan pun semakin tinggi. Sekarang jaringan internet sudah masuk ke versi 5G walaupun belum tersedia untuk semua negara. Namun sekarang jaringan 4G LTE yang kecepatannya juga patut diacungi jempol sudah tersedia di berbagai provider yang digunakan di Indonesia.

Namun sayangnya memang kebanyakan kuota internet 4G ini berbagi dengan jaringan 3G. Jarang yang tersedia khusus untuk jaringan 4G saja. Kuota internet yang berbagi antara sinyal 3G dan 4G ini membuat terkadang sinyal beralih dari 4G menjadi 3G. Apakah kamu pernah mengalami kondisi dimana jaringan berubah – ubah dari 4G menjadi 3G karena jaringan yang tidak stabil?

Tentu saja kamu akan merasa kesal jika hal ini terjadi terus – menerus karena kecepatan internetmu pun akan berkurang ketika sinyal tersebut berubah. Eits, ternyata hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengunci jaringan 4G tersebut supaya tidak beralih lagi menjadi 3G guys. Lalu bagaimana sih caranya mengunci jaringan 4G ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara mengunci jaringan 4G menggunakan kode rahasia

Cara pertama mengunci jaringan 4G adalah dengan menggunakan kode rahasia tertentu. Yap! Ternyata setiap Android itu mempunyai kode – kode rahasia yang mempunyai fungsi tertentu. Bisa dibilang cara ini merupakan shorcut untuk berbagai hal. Misalnya saja untuk melakukan back up file, melihat versi RAM dan juga mengecek IMEI dari Android tersebut. Nah kamu juga bisa menggunakan kode rahasia untuk mengunci jaringan 4G guys. 

Masih banyak pengguna yang belum mengetahui kode rahasia untuk mengunci jaringan 4G ini. Padahal caranya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Pasti kamu juga penasaran kan bagaimana caranya mengunci jaringan 4G menggunakan kode rahasia. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Buka menu phone, lalu ketikkan kombinasi angka *#*#4636#*#* di ponselmu dan tekan tombol call
  2. Menu Testing akan terbuka dan berisikan beberapa menu, pilihlah menu Device Information
  3. Informasi mengenai perangkatmu akan muncul yang meliputi nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang digunakan dan sebagainya. Lakukan scrol ke bawah dan cari opsi Set Preferred Network Type
  4. Sekarang pilihlah opsi LTE Only
  5. Klik tombol kembali dan selesai deh guys!

Cara mengunci jaringan 4G menggunakan aplikasi tambahan

Cara lain mengunci jaringan yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur tersebut. Pasalnya cara diatas tidak bisa dilakukan pada semua merk ponsel guys. salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunci jaringan 4G adalah Force LTE Only. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasanglah aplikasi Force LTE Only di ponselmu
  2. Klik tombol OK yang muncul di halaman utama aplikasi tersebut
  3. Klik menu SIM 1 LTE/3G/2G Settings yang terdapat pada bagian atas
  4. Scroll ke arah bawah sampai menemukan opsi LTE Only
  5. Kembali dari menu tersebut dan selesai deh guys!

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengunci jaringan 4G di berbagai merk ponsel yaa guys. Pilih saja cara yang cocok dengan merk ponsel yang kamu gunakan yaa. Cara pertama berfungsi untuk ponsel dengan merk Xiaomi. Sementara cara kedua bisa kamu gunakan pada berbagai merk ponsel. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.