Cara Mudah Menyambungkan HP ke TV Biar Nonton dan Main Game Makin Seru

Kini TV tidak hanya digunakan untuk menonton siaran tertentu saja. Kamu bisa menggunakan TV sebagai pengganti monitor guys. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara menyambungkan HP ke TV. Pasti kamu penasaran kan guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Kamu bisa menghubungkan HP ke TV ini dengan mudah menggunakan berbagai macam metode. Smartphone dan TV sebenarnya adalah dua perangkat teknologi yang berbeda. Namun perkembangan teknologi membuat konvergensi atau penggabungan antara dua perangkat dapat dilakukan dengan mudah. Dulu kamu cuma bisa mengandalkan layar HP untuk bermain game mobile. Namun sekarang kamu bisa menghubungkannya ke TV agar layarnya lebih lebar guys. Proses menghubungkan HP ke TV ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan kabel penyambung atau tanpa kabel sekalipun guys.

Perkembangan teknologi yang demikian pesat memungkinkan kamu menyambungkan HP ke TV loh guys. Kamu bisa menghubungkan HP ke TV ini dengan mudah menggunakan berbagai macam metode. Smartphone dan TV sebenarnya adalah dua perangkat teknologi yang berbeda. Namun perkembangan teknologi membuat konvergensi atau penggabungan antara dua perangkat dapat dilakukan dengan mudah. Dulu kamu cuma bisa mengandalkan layar HP untuk bermain game mobile. Namun sekarang kamu bisa menghubungkannya ke TV agar layarnya lebih lebar guys.

Proses menghubungkan HP ke TV ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan kabel penyambung atau tanpa kabel sekalipun guys. Kini TV tidak hanya digunakan untuk menonton siaran tertentu saja. Kamu bisa menggunakan TV sebagai pengganti monitor guys. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara menyambungkan HP ke TV. Pasti kamu penasaran kan guys. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara menyambungkan HP ke TV menggunakan kabel USB

Cara pertama menyambungkan HP ke TV yang bisa kamu gunakan adalah dengan menghubungkannya menggunakan kabel HDMI berjenis microUSB to HDMI atau micro HDMI to HDMI. Kamu harus memastikan kabel tersebut kompatibel dengan HP dan TV yang akan kamu gunakan yaa guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan TV dalam keadaan mati sebelum menyambungkannya ke HP.
  2. Hubungan HP ke TV dengan menggunakan kabel HDMI yang kompatibel tadi. Ujung yang kecil (micro HDMI) untuk dipasang ke HP dan ujung yang besar dipasangkan ke soket TV yang ada tulisan HDMI.
  3. Nyalakan kembali TV tersebut jika sudah dipasang kabelnya. Lalu pindahkanlah saluran TV ke opsi HDMI guys.
  4. Aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone yang kamu gunakan dengan cara memberi tanda centang di opsi tersebut.
  5. Selesai! Sekarang tampilan yang ada di layar TV milikmu akan sama dengan tampilan di layar HP. Artinya keduanya sudah terhubung guys.

Cara menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel

Kamu juga bisa menghubungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel sama sekali loh guys alias metode wireless. Cara yang satu ini tentu lebih praktis untuk dilakukan. Cuma kamu harus mempunyai smartphone dan TV dengan spesifikasi khusus agar bisa melakukan hal ini. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan yaitu dengan menggunakan Chromecast atau menggunakan fitur bawaan yaitu Miracast. Kita akan bahas cara menggunakan Chromecast yang memungkinkan digunakan di smartphone tanpa aplikasi bawaan ya. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Install aplikasi Google Home di Androidmu yang memungkinkan kamu untuk mengontrol Chromecast. 
  2. Aktifkan WiFi yang ada di smartphone milikmu guys.
  3. Pindahkah saluran TV yang kamu gunakan ke saluran HDMI menggunakan remote TV.
  4. Lakukan proses sinkronisasi dengan cara memasukkan kode yang muncul di layar TV ke ponselmu guys. 
  5. Selesai! Sekarang keduanya sudah terhubung.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menyambungkan HP ke TV yaa guys. Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Sekarang kamu bisa main game mobile dengan layar yang lebih besar deh. Pasti seru sekali kan. Kamu bisa menggunakan cara yang paling memungkinkan untuk kamu lakukan. Semoga berhasil ya dan selamat menikmati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.