Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Proses Root

Nah, sekarang ada banyak sekali cara emnyembunyikan aplikasi di Android yang banyak dicari dengan alasan keamanan ini. Kamu mungkin merasa terganggu jika orang lain melihat aplikasi tertentu yang kamu pasang di ponselmu guys. Kamu bisa niih mencoba cara menyembunyikan aplikasi di Android. Lalu bagaimana sih caranya menyembunyikan aplikasi di Android ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Tidak heran jika banyak hal – hal yang bersifat pribadi dan harus dilindungi privasi di dalam smartphone ini. Ada banyak sekali data – data penting yang tidak boleh dilihat sembarang orang di dalam smartphone. Data penting ini bisa menyebabkan kerugian bagi penggunanya jika disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Data penting ini tidak hanya berupa foto dan video saja. Ada beberapa aplikasi yang mungkin saja tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Smartphone kini sudah menjadi salah satu barang kebutuhan bagi setiap orang agar bisa melakukan aktivitas sehari – hari dengan optimal. Tidak heran jika banyak hal – hal yang bersifat pribadi dan harus dilindungi privasi di dalam smartphone ini.

Ada banyak sekali data – data penting yang tidak boleh dilihat sembarang orang di dalam smartphone. Data penting ini bisa menyebabkan kerugian bagi penggunanya jika disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Data penting ini tidak hanya berupa foto dan video saja. Ada beberapa aplikasi yang mungkin saja tidak boleh dilihat oleh orang lain. Nah, sekarang ada banyak sekali cara emnyembunyikan aplikasi di Android yang banyak dicari dengan alasan keamanan ini.

Kamu mungkin merasa terganggu jika orang lain melihat aplikasi tertentu yang kamu pasang di ponselmu guys. Kamu bisa niih mencoba cara menyembunyikan aplikasi di Android. Lalu bagaimana sih caranya menyembunyikan aplikasi di Android ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara menyembunyikan aplikasi bawaan di semua Android

Keberadaan aplikasi bawaan atau disebut juga dengan bloatware menyebabkan gangguan pada beberapa pengguna Android. Namun jika di-uninstall takutnya ada beberapa sistem yang bermasalah. Nah, kamu bisa menyembunyikan aplikasi tersebut jika merasa tidak nyaman jika harus sering melihatnya guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Play Store. Setelah itu, pilihlah ikon hamburger yang terdapat pada bagian kiri atas layar. Setelah itu, scroll ke arah bawah dan pilihlah opsi Help & Feedback
  2. Kamu akan dibawa ke laman khusus. Pilihlah opsi Tap to go to application settings supaya kamu  dibawa ke laman manajemen aplikasi Android. Pilihlah aplikasi bawaan yang ingin kamu sembunyikan. Misalnya saja Google Duo.
  3. Setelah muncul laman baru, pilihlah opsi Disable. Klik tombol OK jika ada kotak peringatan yang muncul. Metode menyembunyikan aplikasi ini akan menghapus semua versi update yang pernah kamu unduh guys.
  4. Kamu bisa mengembalikan aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol Enable dengan cara melakukan langkah yang sama dari awal. Aplikasi tersebut akan muncul kembali. Namun kamu harus melakukan update lagi agar bisa menggunakannya lagi guys.

Cara menyembunyikan aplikasi dengan Microsoft Launcher

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan jika Androidmu belum memiliki aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi launcher Android. Salah satu aplikasi launcher yang bisa kamu gunakan untuk Android adalah Microsoft Launcher. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Download aplikasi Microsoft Launcher melalui Google Play Store. Setelah itu, pasanglah aplikasi tersebut sesuai dengan langkah – langkah biasanya. Tampilan antar muka Androidmu akan berubah jika sudah memasang aplikasi launcher ini guys, jadi jangan kaget ya hehe.
  2. Bukalah App Drawer Microsoft Launcher tersebut. Setelah itu, pilihlah ikon app drawer pada bagian bawah untuk memunculkan daftar aplikasi yang terpasang di Androidmu.
  3. Langkah selanjutnya adalah menekan ikon titik tiga yang terdapat pada bagian atas app drawer, setelah itu pilihlah opsi hidden Apps untuk menyebunyikan aplikasi. Tekan tombol Hidden Apps  pada jendela Hidden Apps yang ada di layar ponselmu guys.
  4. Pilih aplikasi yang akan kamu sembunyikan dan selesai deh!

Salam Teknologi! Nah, begitulah caranya menyembunyikan aplikasi di Android yaa guys. Sekarang kamu tak perlu khawatir orang lain akan melihat aplikasi yang bersifat pribadi. Semoga berguna yaa. Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui cara mengatasi Aplikasi yang tidak bisa diinstall, kalian dapat membacanya pada artikel. Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Install.

READ  Cara Efektif Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Biar Selalu Eksis!

Leave A Reply

Your email address will not be published.