Cara Mudah Merekam Video Call WhatsApp di Android

0

Hello guys!

WhatsApp sudah menjadi aplikasi social media yang banyak digunakan saat ini. Tidak hanya anak muda, aplikasi sosmed ini digunakan oleh berbagai usia karena cara penggunaannya yang mudah dan aplikasi yang ringan. Salah satu fitur yang disediakan WhatsApp adalah video call. Aplikasinya yang ringan membuat video call tetap dapat dilakukan dalam keadaan sinyal sedang dan terbatas. 

Video call sangat berguna untuk melepas kerinduan bersama teman – teman dan keluarga yang terpisahkan oleh jarak. Tentu saja ada momen dimana kita ingin melihat aktivitas video call ini sekali lagi. Salah satu caranya adalah dengan merekam selama kita video call. Yuk simak cara merekam video call di WhatsApp berikut!

Merekam video umumnya dapat menggunakan fitur perekam layar yang biasanya sudah tersedia di smartphone. Fitur screen recording ini dapat digunakan untuk merekam layar dan suara yang dikeluarkan selama video call di WhatsApp. Jika ponselmu tidak memiliki fitur ini, kamu dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah AZ Recorder. Unduh aplikasi tersebut di Play Store, lalu install di Androidmu. Buka aplikasinya dan berikan akses yang diminta supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan normal. Setelah dibuka, masuk ke dalam menu Video Configuration. Kamu bisa mengatur video yang akan direkam. Pengaturan yang bisa dilakukan meliputi frame rate, resolusi, bit-rate, orientasi dan time-lapse. Lalu centang bagian Record Audio supaya suara saat video call terekam dengan baik.

Sekarang kamu sudah bisa merekam layarnya. Cara memulainya adalah dengan membuka jendela notifikasi dan menekan tombol record. Kamu juga bisa mengakhiri rekaman dengan menekan tombol stop yang terdapat di notifikasi. Hasil rekaman bisa kamu lihat secara langsung atau dibuka melalui galeri. 

Itulah cara mudah untuk merekam video selama video call di WhatsApp. Perekaman ini bisa dilakukan di semua smartphone Android. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainnya. Aplikasi yang bisa kamu gunakan selain AZ recorder adalah Mobizen SCR atau VideoShow SCR. Nah, simple banget kan caranya? Selamat mencoba ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.