Cara Paling Mudah dan Efisien Mengganti Background Pas Foto

Microsoft Paint adalah salah satu software edit foto yang sering digunakan oleh para pemula. Hasilnya juga tidak kalah bagus dalam hal mengedit background foto. Lalu bagaimana caranya mengganti background foto menggunakan Microsoft Paint?

0

Kini kamu bisa mengganti background foto dengan mudah dengan cara memanfaatkan aplikasi editor foto. Ada banyak sekali aplikasi editor foto saat ini, misalnya saja Adobe Photoshop, Microsoft Paint dan sebagainya. Penggantian background foto bisa kamu lakukan secara online maupun offline. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Adobe Photoshop dan juga Microsoft Paint jika kamu ingin menghemat kuota guys. Adobe Photoshop terkenal dengan tingkat kesulitas saat menggunakannya.

Pas foto adalah salah satu hal yang seringkali dibutuhkan untuk keperluan administrasi. Namun tentu saja sangat ribet jika kamu harus pergi ke studio untuk membuat pas foto. Belum lagi tarif yang dikenakan akan cukup mahal dan menguras kantong. Kini kamu bisa mengganti background foto dengan mudah dengan cara memanfaatkan aplikasi editor foto. Ada banyak sekali aplikasi editor foto saat ini, misalnya saja Adobe Photoshop, Microsoft Paint dan sebagainya.

Penggantian background foto bisa kamu lakukan secara online maupun offline. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Adobe Photoshop dan juga Microsoft Paint jika kamu ingin menghemat kuota guys. Adobe Photoshop terkenal dengan tingkat kesulitas saat menggunakannya. Hal tersebut membuat jarang pengguna yang menggunakan software yang satu ini. Namun kamu tak perlu khawatir jika masih pemula karena kamu bisa menggunakan Microsoft Paint guys. 

Microsoft Paint adalah salah satu software edit foto yang sering digunakan oleh para pemula. Hasilnya juga tidak kalah bagus dalam hal mengedit background foto. Lalu bagaimana caranya mengganti background foto menggunakan Microsoft Paint? Berikut adalah langkah – langkah mengubah background foto menggunakan Microsoft Paint:

  • Memasukkan foto yang akan diubah background

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka software Microsoft Paint yang ada di laptopmu. Setelah itu, masukkan foto yang akan kamu ubah backgroundnya dengan cara membuka menu File, pilihlah opsi Open dan pilih foto. 

  • Menyeleksi foto

Jika foto yang kamu pilih sudah terbuka, lakukanlah seleksi pada foto tersebut dengan menggunakan Polyginal Lasso Tool atau tekan shortcut dengan tombol L pada keyboard. Lakukan proses seleksi ini dengan hati – hati dengan cara menyesuaikan bagian tepi dari foto sampai kembali ke titik semula.

  • Memperhalus hasil seleksi

Langkah selanjutnya yag perlu kamu lakukan adalah dengan memperhalus proses seleksi tadi. Caranya adalah dengan membuka menu Select, lalu memilih opsi Modify dan menekan Smooth. Microsoft Paint akan memberikan jendela baru, yaitu Smooth Selection. Masukkanlah nilai sebanyak 2 pixels dan tekanlah tombol OK untuk mengaplikasikannya.

  • Menambahkan efek Feather

Kamu juga bisa menambahkan efek feather  pada foto tersebut guys. Caranya adalah dengan membuka menu Select, pilihlah Modify dan tekan Feather. Masukkanlah nilai sebesar 1.5 pixels dan tekanlah tombol OK.

  • Merapikan pinggiran foto

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memastikan pinggiran foto tersebut sudah rapi. Pastikan tidak ada bagian yang salah yaa guys. 

  • Menduplikasi layer

Kamu perlu melakukan duplikasi bagian yang sudah terseleksi pada layer baru dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl + J. Hasilnya layer 1 akan menjadi foto kamu dengan background yang transparan dan layer background adalah foto awal yang belum kamu edit.

  • Mengubah background foto

Pilihlah warna background sesuai yang kamu perlukan. Setelah itu, beralihlah ke layer background dengan cara menekan pada bagian layer tersebut. Tekanlah tombol Ctrl +Del untuk memberikan warna pada layer tersebut. Ohya sebaiknya tekan menu Layer dan pilihlah opsi Flatten Image untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Selesai deh! simpanlah foto tersebut dengan menekan save.

Nah, begitulah cara mengganti background foto menggunakan Microsoft Paint yaa guys. Semoga berguna yaa. Kamu bisa menggunakan software yang satu ini ya. Semoga berguna! Nah, untuk kalian yang ingin menggubah suatu gambar yang backgroundnya menjadi transparan. Kalian dapat membacanya pada tutorialnya di Cara Menghapus Background Menjadi Transparan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.