Cara Pindah Bookmark dari Satu Browser ke Browser Lain di PC atau Laptop

0

Sudah banyak sekali jenis browser yang bisa kita pakai untuk menjelajah di internet. Seperti Chrome, Firefox, Edge, Safari atau Opera. Tetaoi ada satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna. Yaitu tidak bisa memindahkan bookmark di browser lama ke browser lain.

Mungkin masalah tersebut banyak dikeluhkan oleh pengguna PC/laptop saat ini. Bookmark yang sudah tersimpan data bertahun-tahun di browser sebelumnya hilang saat ingin menggantikan peramban lain.

Nah kali ini saya ingin bagikan cara memindahkan bookmark dari satu browser ke browser yang baru. Cara transfer bookmark dari satu browser ke browser lain ini mudah kok.

Cara Memindahkan Bookmark dari Satu Browser ke Browser yang Baru

Cara Memindahkan bookmark dari satu browser ke browser kali ini bisa kalian terapkan di browser Google Chrome dan Firefox. Bisa melalui laptop ataupun komputer.

Cara Menyimpan Boorkmark dari Browser Lama

Time needed: 3 minutes.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyimpan dulu segala data bookmark di media penyimpanan PC/laptop. Cara menyimpan bookmark di Google Chrome bisa kalian ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Pertama, Kalian buka browser Google Chrome di lapotp atau PC kalian. Lalu masuk ke menu Bookmarks dengan cara klik pada ikon titik tiga di bagian atas sebelah kanan. Pilih Bookmarks dan pilih Bookmark manager sebelah kirinya.

Langkah selanjutnya lakukan Export bookmarks sebelum memindahkan ke browser lain. Caranya klik pada ikon titik tiga di sebelah kanan atas dan pilih Export bookmarks.

Langkah terakhir adalah menyimpan bookmark. Beri nama terlebih dahulu dan klik Save jika sudah.

Itulah cara cara menyimpan bookmark di Google Chrome sebelum memindahkan bookmark tersebut ke browser baru. Kemudian, di bawah ini  saya jelaskan cara menyimpan bookmark yang bisa kalian terapkan di browser Firefox.

Cara Menyimpan Bookmark di Browser Firefox

Pertamanya, kalian klik di tombol Libray atau ikon yang mirip susunan buku di sebelah kanan layar browser Kemudian klik Bookmarks , tap opsi Show all bookmarks. Berikutnya Import dan Backup, klik tombol Export Bookmarks to HTML Terakhir kalian dimana folder bookmark tersebut kalian simpan di PC atau laptop, klik Tombol Save jika sudah. Selesai.

Cara Import Bookmarks ke Browser Google Chrome

Setelah kalian melakukan export tadi di atas, selanjutnya untuk menerapkan kembali bookmark lama di browser baru kalian bisa nuka browser Google Chrome, lalu masuk ke menu Bookmarks, tap opsi  Bookmark manager. Kemudian klik Import bookmarks. Lalu pilih file HTML bookmark yang sudah kalian simpan sebelumnya

Cara Import Bookmarks ke Browser Firefox

Tidak bebeda halnya di saat kalian melakukan export di Firefox. Kalian bisa import bookmarks yang disimpan dengan mudah

Caranya kalian pilih file Import and Backup kemudian klik opsi Impor Bookmarks to HTML Terakhir, cari file HTML bookmark yang sudah kalian simpan sebelumnya.

Itulah di atas cara memindahkan bookmark di browser lama ke browser baru. Kalau kalian ada kendala saat melakukan cara di atas, langsung saja ditanyakan melalui kolom komentar.

Terus ikuti update berita dan info terkini di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Kalian juga akan melihat banyak tips-tips yang bisa jadi ada yang sesuai dengan masalah yang kalian alami saat ini.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.