Cara Praktis Kalibrasi Sensor di Smartphone Android

0

Yoyoyoyo, Hello temen – temen. Balik lagi sama gua di website TechJak, Mr WaD sekarang, gua akan kasih ilmu nih Jo, Mengenai sensor smartphone.

Oke Jo, langsung aja kita ke artikelnya, selamat membaca.

Sensor merupakan salah satu bagian yang penting dari smartphone yang kamu gunakan. Terlihat biasa aja, tapi kamu tidak boleh mengabaikannya agar smartphone kamu tetap cerdas saat digunakan. Komponen kecil ini seringkali diabaikan oleh penggunanya, padahal fungsinya sangatlah penting. Androit Pit menyebutkan bahwa kondisi sensor ini dapat dijaga dengan melakukan kalibrasi.

Bagaimana cara mengkalibrasi sensor di smartphone berbasis Android? Yuk simak ulasan berikut!

Sebelum melakukan kalibrasi, kamu perlu menguji sensor serta melakukan diagnosis untuk menemukan masalahnya. Diagnosis sensor ini memerlukan aplikasi lain, seperti Sensor Multitool. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu untuk memeriksa kinerja masing-masing sensor secara terpisah. Bahkan kamu juga dapat melakukan tes diagnostik dengan lengkap. 

Baca Juga : Cara Menerjemahkan Kata Dalam Gambar Dengan Google Translate

Pengujian kinerja sensor juga dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan kode rahasia Android. Misalnya kode *#*#4636#*#* digunakan untuk mengakses informasi terkait status tentang statistik penggunaan perangkat serta jumlah komponen di dalamnya. 

Setelah menguji kinerja dan diagnosis dilakukan, kamu dapat melakukan kalibrasi sensor. Beberapa Android menyediakan opsi bawaan untuk melakukan kalibrasi sensor ini. Salah satu contohnya adalah pada smartphone LG, kalibrasi sensor dapat dilakukan dengan masuk ke menu settings, pilih General tab, lalu pilih opsi Motion.

Baca Juga : Yuk Mengenal Beberapa Macam dan Kegunaan Filter Pada Kamera

Smartphone Android tidak memiliki opsi kalibrasi bawaan seperti LG. Oleh karena itu, penggunanya memerlukan aplikasi yang didapat dari pihak lain untuk mengkalibrasi sensor tertentu. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah Quick TuneUp-Phone Callibration, Accelerometer Callibration Free, Compass Direction Optimizer serta Proximity Sensor Reset.

Tidak semua aplikasi kalibrasi sensor tidak dapat ditemukan di Google Play Store, sehingga perlu didownload dari sumber lain. Tentu saja tidak semua sumber ini aman karena bisa saja memasukkan virus atau malware ke smartphone yang kamu gunakan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menginstall aplikasi kalibrasi Android dari sumber yang tidak dikenal.

Pengguna juga dapat menyetel ulang smartphone menjadi versi pabrik dengan cara melakukan factory reset, jika tidak dapat menemukan aplikasi tersebut di Google Play Store. Semua sensor akan dikalibrasi secara otomatis jika kamu smartphone Android disetel ulang ke pengaturan pabrik biasanya. Jadi kamu tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi baru dari sumber lainnya. 

Nah, itulah cara praktis untuk mengkalibrasi sensor yang terdapat di smartphone Androidmu. Smartphone yang kamu gunakan akan menjadi pintar jika kamu menggunakannya dengan cerdas.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.