Cara Praktis Membuat Kartu Keluarga secara Online, Dari Rumah Aja!

Apalagi di kondisi pandemi yang membuat keluar rumah harus dipertimbangkan dan kalau bisa dihindari. Kartu Keluarga sangat penting dimiliki oleh seluruh keluarga yang ada di Indonesia. Soalnya dokumen yang satu ini diperlukan untuk berbagai keperluan dalam mengurus dokumen penting lainnya, seperti akta kelahiran dan juga dijadikan syarat untuk mendaftarkan anak ke sekolah. Kini KK bisa dibuat secara online guys. Tak harus pergi ke kantor dukcapil yang mengharuskan kamu mengantri selama berjam – jam. Cukup dari rumah saja, KK sudah bisa kamu urus dan dapatkan dengan praktis. Yuk simak cara mengurus KK secara online dari rumah!

0

Bahkan kini kamu bisa membuat Kartu Keluarga dengan mudah, cepat dan praktis karena bisa kamu lakukan secara online guys. Jadi mengurus Kartu Keluarga (KK) ini kini tak pelru repot lagi harus mengantrik berjam- jam. Apalagi di kondisi pandemi yang membuat keluar rumah harus dipertimbangkan dan kalau bisa dihindari. Kartu Keluarga sangat penting dimiliki oleh seluruh keluarga yang ada di Indonesia. Soalnya dokumen yang satu ini diperlukan untuk berbagai keperluan dalam mengurus dokumen penting lainnya, seperti akta kelahiran dan juga dijadikan syarat untuk mendaftarkan anak ke sekolah.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat di era digital ini membuat berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan kini kamu bisa membuat Kartu Keluarga dengan mudah, cepat dan praktis karena bisa kamu lakukan secara online guys. Jadi mengurus Kartu Keluarga (KK) ini kini tak pelru repot lagi harus mengantrik berjam- jam.

Apalagi di kondisi pandemi yang membuat keluar rumah harus dipertimbangkan dan kalau bisa dihindari. Kartu Keluarga sangat penting dimiliki oleh seluruh keluarga yang ada di Indonesia. Soalnya dokumen yang satu ini diperlukan untuk berbagai keperluan dalam mengurus dokumen penting lainnya, seperti akta kelahiran dan juga dijadikan syarat untuk mendaftarkan anak ke sekolah.

Kini KK bisa dibuat secara online guys. Tak harus pergi ke kantor dukcapil yang mengharuskan kamu mengantri selama berjam – jam. Cukup dari rumah saja, KK sudah bisa kamu urus dan dapatkan dengan praktis. Yuk simak cara mengurus KK secara online dari rumah!

Syarat membuat Kartu Keluarga baru 2020

Ada beberapa syarat yang perlu kamu lengkapi untuk membuat KK secara online. Pastikan kamu memahami dan menyimak persyaratannya supaya kamu bisa membuat KK secara online dengan mudah. Syarat yang diperlukan sesuai dengan kondisi dari KK yang akan kamu buat. Apakah kamu ingin membuat KK baru karena baru menikah, menambahkan anggota keluarga ke dalam KK dan juga menambahkan anggota keluarga yang menumpang. 

Berikut syarat membuat KK baru bagi pasangan yang baru menikah:

  1. Surat pengantar dari RT yang sudah diberikan stempel oleh RW
  2. Fotokopi KK lama yang sebelumnya bergabung dengan orangtua
  3. Fotokopi buku nikah atau akta perkawinan
  4. Fotokopi KTP kepala keluarga dan anggota yang akan dimasukkan
  5. Surat keterangan pindah. Dokumen ini khusus untuk anggota keluarga pendatang

Cara membuat Kartu Keluarga secara Online

Kamu bisa langsung membuat KK begitu semua dokumen yang ada di persyaratan sudah tersedia. Pastikan kamu sudak mempunyai semua dokumen – dokumen tersebut dengan lengkap yaa. Cara membuat KK secara online ini sangat mudah dan cepat. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja loh. Apalagi kamu bisa membuat darimana saja. Bahkan kamu bisa membuatnya dari rumah. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Alpukat Betawi, aplikasi kartu keluarga online yang resmi dari cukcapil Jakarta. Kamu bisa juga menggunakannya untuk membuat e-KTP online dan berbagai layanan lainnya.
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi informasi yang diminta, meliputi NIK, nama lengkap, tempat, tanggal, bulan lahir dan sebagainya
  3. Klik tombol permohonan KK pada laman aplikasi tersebut
  4. Isilah ceklis persyaratan yang diminta
  5. Upload semua dokumen persyaratan yang diminta. Pastikan semua dokumen tersebut jelas dan bisa dibaca
  6. Pilihlah service point dan tanggal pengambilan KK tersebut
  7. Klik tombol Kirim permohonan jadwal
  8. Selesai! Tunggu sampai proses pembuatan berhasil. Kamu bisa mengambil KK tersebut ke service point yang sudah kamu pilih tadi.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya membuat KK secara online yaa guys. Aplikasi Alpukat Betawi tersebut juga bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan lainnya, misalnya cek kartu keluarga online, update kartu keluarga online dan berbagai keperluan administrasi lainnya. Semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.