Cara Praktis Memperbaiki Baterai HP yang Sudah Drop

Jadi sangat perlu mengetahui bagaimana caranya memperbaiki baterai ponsel yang sudah ngedrop guys. Supaya kamu tidak panik atau bingung ketika baterai pada ponselmu sudah tidak prima dan sehat lagi. Apakah kamu sudah mengetahui cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut!

0

Salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di ponsel ini adalah baterai. Tentu saja baterai ponsel yang cepat habis akan sangat menyebalkan dan membuat berbagai kegiatan di ponsel tidak dapat berjalan dengan efektif. Apalagi jika kamu termasuk orang dengan mobilitas tinggi. Hampir semua smartphone sekarang menggunakan baterai tanam. Baterai jenis ini lebih susah diperbaiki jika sudah cepat habis atau nge-drop dibandingkan bentuk sebelumnya.

Penggunaan ponsel kini sudah tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari – hari. Apalagi di kondisi pandemi yang membuat hampir semua aktivitas kita dilakukan secara daring. Salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di ponsel ini adalah baterai.

Tentu saja baterai ponsel yang cepat habis akan sangat menyebalkan dan membuat berbagai kegiatan di ponsel tidak dapat berjalan dengan efektif. Apalagi jika kamu termasuk orang dengan mobilitas tinggi. Hampir semua smartphone sekarang menggunakan baterai tanam. Baterai jenis ini lebih susah diperbaiki jika sudah cepat habis atau nge-drop dibandingkan bentuk sebelumnya.

Jadi sangat perlu mengetahui bagaimana caranya memperbaiki baterai ponsel yang sudah ngedrop guys. Supaya kamu tidak panik atau bingung ketika baterai pada ponselmu sudah tidak prima dan sehat lagi. Apakah kamu sudah mengetahui cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut!

Menyalakan mode power saving

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan ketika baterai ponselmu nge-drop adalah dengan mengaktifkan mode power saving pada ponselmu guys. Kamu tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Soalnya mode power saving ini sudah banyak disematkan pada ponsel zaman sekarang guys. Yap! Mode ini sudah disediakan sebagai salah satu fitur yang memungkinkan kamu untuk menghemat daya pada ponselmu. Kmau bisa menyalakan melalui notifikasi.

Mengatur kecerahan layar ponsel

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai drop adalah dengan mengatur kecerahan layar ponselmu. Pengurangan kecerahan layar ponsel akan membantu baterai ponselmu yang cepat drop lebih sedikit digunakan. Soalnya tingkat kecerahan layar ponsel ini sangat berkaitan dengan konsumsi baterai pada ponsel guys. Sebaiknya kamu menurunkan kecerahan layar ponsel supaya tidak terlalu banyak mengonsumsi energi, jadi baterai tidak cepat habis.

Tidak mengoperasikan ponsel ketika sedang dicharge

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel adalah menggunakannya saat baterai sedang diisi. Kebiasaan ini akan membuat baterai cepat rusak dan pada akhirnya merasa menyesal karena kebingungan sendiri bagaimana cara memperbaiki baterai yang sudah terlanjur soak ini. Jadi sebaiknya kamu tidak menggunakan ponsel saat sedang diisi baterainya guys. Melakukannya secara rutin akan memberikan pengaruh besar pada baterai ponselmu.

Mengatur aplikasi yang digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan juga membuat baterai ponsel cepat drop guys. Bukan hanya aplikasi yang sedang digunakan saja, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memakan baterai. Sebaiknya aplikasi bawaan Google dimatikan saja jika memang tidak digunakan. Rajin juga update aplikasi supaya lebih optimal.

Melakukan kalibrasi baterai

Cara terbaik memperbaiki baterai yang terlanjur suka nge-drop adalah dengan melakukan kalibrasi. Caranya ada dua bisa dengan melakukan root atau secara manual. Caranya manual adalah dengan mengisi daya baterai sampai 100% dalam kondisi menyala. Setelah penuh, matikan ponsel dan charge lagi sekitar 1 – 2 jam. Nyalakan ketika charger masih terpasang dan hidupkan ketika sudah penuh. Gunakan sampai mati dan ulangi langkah diatas.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi baterai ponsel yang suka nge-drop yaa guys. Jangan panik dan langsung main ganti ponsel dulu yaa. Kamu bisa kok mencoba memperbaikinya dulu supaya bisa optimal lagi penggunaan baterai tersebut. Semoga berhasil yaa guys.

READ  OVO PayLater, Hutang Cara Canggih. Bagaimana Cara Membayar Tagihannya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.